Bacaterus / Resep Kue Kering / Resep Kue Akar Kelapa yang Renyah dan Gurih

Resep Kue Akar Kelapa yang Renyah dan Gurih

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Indonesia merupakan negara yang sangat spesial sekali. Negara kita ini tidak hanya memiliki budaya dan adat yang beragam, namun kuliner pun juga cukup lengkap sekali. Sayangnya, beberapa camilan khas Indonesia mengalami pergeseran akibat datangnya camilan khas dari luar negeri.

Dulu camilan tradisional banyak dijajakan oleh para pedagang kaki lima berkeliling kompleks. Akan tetapi sekarang ini, beberapa camilan seperti rengginang, kacang goreng, dan akar kelapa sudah sangat sulit ditemukan. Sehingga jika ingin menikmatinya, kita harus membuat sendiri di rumah.

Apa Itu Kue Akar Kelapa?

Kue akar kelapa merupakan salah satu jenis kue kering yang berasal dari daerah Betawi dan sekitarnya. Biasanya kue berbentuk unik ini disajikan bersama dengan rengginang dan kacang goreng saat acara-acara spesial seperti lebaran atau hajatan.

Jaman dahulu, Bekasi merupakan pusat dari kue akar kelapa. Di sana ada banyak sekali para produsen kue kering yang membuat akar kelapa ini. Namun seiring dengan perkembangan jaman, kue satu ini sekarang tidak diproduksi lagi secara masal.

resep kue akar kelapa

Nama ‘Akar kelapa’ sendiri diambil akibat dari bentuknya yang cukup unik mirip dengan akar kelapa. Keunikan ini terkombinasi secara sempurna dengan gurih dan manisnya rasa kue tersebut. Sehingga peminatnya sendiri sangatlah banyak, terutama kalangan orang dewasa.

Bagi masyarakat Betawi dan sekitarnya, kue akar kelapa menjadi salah satu camilan yang wajib saat lebaran tiba. Menurut Pendiri Badan Kekeluargaan Masyarakat Bekasi (BKMB) Bhagasasi, “Kue satu ini nampaknya harus selalu ada bersama dengan kacang goreng”.

Bahan-Bahan Kue Akar Kelapa

cara membuat kue akar kelapa

Mulai populer di Betawi, kue akar kelapa sekarang ini telah dikenal luas oleh masyarakat tanah air. Meskipun belum go internasional namun kue satu ini bisa menjadi camilan favorit yang bisa Anda cicipi di saat waktu luang.

Apabila Anda penasaran dengan rasa gurihnya namun tidak ada yang menjualnya di sekitar rumah Anda, berikut bacaterus.com akan mengulas resep kue akar kelapa ini untuk Anda. Namun sebelumnya silahkan siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu antara lain:

  • Garam cukup dengan ½ sdt
  • Santan kelapa sekiranya 500 ml
  • Telur ayam kampung sebanyak 2 butir, kocok lepas
  • Gula putih sekiranya ¼ kg
  • Tepung ketan cukup dengan ½ kg
  • Minyak untuk menggoreng
  • Margarin sebanyak 150 gram, cairkan
  • Vanili cukup dengan ¼ sdt

Cara Membuat Kue Akar Kelapa

Sekarang, mari kita mulai mengolah resep kue akar kelapa ini. Tahap pertama, rebuslah santan kelapa dengan menggunakan api kecil sampai mendidih. Usahakan ketika merebus santan, beri adukan-adukan lembut agar teksturnya tidak pecah.

Apabila santan kelapa sudah benar-benar mendidih, segera masukan gula yang telah dipersiapkan. Aduk-aduk kembali dan tunggu hingga gula tersebut seluruhnya larut secara sempurna. Sisihkan terlebih dahulu.

Dalam wadah yang berbeda, campurkan tepung ketan, vanilli, garam, dan telur. Aduk-aduk semua bahan tersebut sampai tercampur secara merata. Jika sudah masukan margarin yang sudah dicairkan, lalu aduk kembali.

Sekarang tuang santan yang telah dididihkan tadi kedalam wadah yang berisi adonan. Aduk-aduk kembali hingga semua bahan menjadi adonan yang kalis. Diamkan sejenak agar adonannya memadat dan lembab.

Sementara itu, panaskan minyak dalam jumlah banyak di dalam wajan. Hindari menggunakan minyak yang sudah dipakai dua kali, karena akan sangat berpengaruh terhadap kelezatan dari kue akar kelapa ini nantinya.

Ambil adonan yang telah dibuat, lalu masukan kedalam masing-masing cetakan kue akar kelapa. Jika tidak ada cetakan, Anda bisa menggunakan plastik segitiga untuk membentuk adonan yang mirip dengan akar kelapa.

Apabila sudah panas, masukan cetakan tadi ke dalamnya. Goreng hingga adonan putih berubah warna menjadi kuning kecoklatan. Tiriskan agar minyak berkurang lalu simpan ke dalam toples kedap udara sampai nanti disajikan. Silahkan sajikan kue akar kelapa ini bersama dengan kacang goreng, kacang telur, atau olahan kacang lainnya.

Agar rasanya lebih spesial, Anda juga dapat menambahkan wijen dan keju ke dalam adonan kue akar kelapa tersebut. Apabila Anda kurang menyukai rasa manis, maka silahkan kurangi gulanya agar rasa asin pada kue tersebut lebih mendominasi.

https://www.youtube.com/watch?v=35I4zv7TV10

Tips Agar Kue Akar Kelapa Tahan Lama dan Tetap Renyah

Akar kelapa bisa dibilang merupakan kue yang tidak tahan lama. Kue kering ini sangatlah mudah sekali terkena kelembaban udara yang pada akhirnya mengakibatkan melembek atau melempem. Berikut ada beberapa tips menyimpan kue akar kelapa agar awet dan tahan lama:

  • Utamakan menggunakan toples kaca

Toples dari bahan kaca tergolong dapat menjaga kue akar kelapa tetap kering dan tidak lembab dari pada toples dari plastik. Oleh sebab itu, jika ingin menyajikan kue akar kelapa beberapa hari kedepan simpanlah di dalam toples kaca saja.

  • Pastikan toples dalam keadaan kering

Apabila toples baru dicuci, lebih baik lap terlebih dahulu sampai kering atau jemur di bawah terik matahari. Hal ini bertujuan agar di dalam toples tidak mengalami kelembaban yang tinggi. Sebab kelembaban akan mengakibatkan kue cepat melempem.

  • Jangan masukan kue dalam keadaan panas

Setelah meniriskan, cobalah untuk mendiamkan kue akar kelapa selama 30  menitan agar dingin. Menyimpan kue dalam toples saat keadaan panas juga bisa mengakibatkannya cepat melempem.

  • Kontrol kelembaban dalam toples

Anda bisa menjaga kue akar kelapa tetap renyah dan nikmat dengan mengontrol kelembaban di dalam toples. Gunakan silica gel untuk menjaga kelembaban didalamnya. Namun, apabila tidak ada Anda bisa membungkus garam dengan kain bersih kemudian memasukannya kedalam toples.

  • Simpan di tempat kering dan sejuk

Hindari menyimpan kue akar kelapa di tempat yang lembab, basah, dan mudah terkena sinar matahari. Tetapi simpanlah kue tersebut ditempat yang kering dan sejuk. Sehingga kue akan selalu terjaga kerenyahannya.

Itulah sajian informasi singkat mengenai resep kue akar kelapa yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Langsung saja coba resep di atas apabila Anda penasaran dengan rasa unik dari kue ini. Selamat mencoba!

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *