Bacaterus / Makanan Jawa / Resep Krengsengan Daging Sapi Lezat Khas Jawa Timur

Resep Krengsengan Daging Sapi Lezat Khas Jawa Timur

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Krengsengan merupakan kuliner khas Indonesia yang berasal dari olahan daging. Sebenarnya kuliner satu ini hampir mirip dengan semur, tetapi krengsengan memiliki rasa yang lebih keras dan nikmat dari pada semur tersebut.

Maka dari itu, krengsengan sangat cocok apabila dijadikan lauk makanan bersama dengan teman nasi putih hangat. Krengsengan merupakan makanan yang sangat populer di daerah Jawa, mulai dari Jawa Timur, Jawa Tengah, hingga Jogjakarta.

Bahan utama dari krengsengan ini adalah daging, namun tidak ada standar daging apa yang harus digunakan. Kita bisa menggunakan daging kambing, daging sapi, daging ayam, iga sapi, dan bahkan jeroan tergantung dari selera si pembuatnya.

Akan tetapi kebanyakan krengsengan ini dibuat dari daging sapi dan daging kambing, karena kedua daging tersebut memiliki rasa serta aroma yang sangat khas. Daging tersebut akan dimasak dengan berbagai rempah-rempah khas Indonesia.

Krengsengan memiliki warna khas coklat tua yang berasal dari penggunaan kecap manis sebagai salah satu bumbunya. Krengsengan ini biasanya disajikan dengan olahan dari daging lainnya seperti gulai dan tongseng.

Nah bagi Anda yang penasaran dengan rasa nikmat dari krengsengan, pada kesempatan kali ini bacaterus.com akan mencoba berbagi resep krengsengan daging yang mudah dan lezat dari daging sapi. Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut ini.

Bahan-Bahan Krengsengan Daging Sapi

KRENGSENGAN DAGING SAPI KHAS JAWA TIMUR

Sebelum mengulas lebih jauh mengenai resep krengsengan daging sapi ini, mari kita siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang dibutuhkan. Bahannya ini kita bagi menjadi dua jenis yakni bahan utama dan bahan untuk bumbu halusan. Berikut adalah bahan-bahan utamanya:

  • Daging sapi sebanyak ¼ kg
  • Petis udang cukup sebanyak 4 sendok makan
  • Minyak goreng sekiranya 4 sendok makan
  • Air putih matang sebanyak 4 gelas
  • Lada cukup dengan 1 sendok teh saja
  • Kecap manis sebanyak 2 sendok makan (sesuai selera)
  • Garam secukupnya
  • Tomat sebanyak 2 buah, diiris menjadi 8 bagian yang berbeda.

Bahan bumbu halusan:

  • Cabe rawit sebanyak 6 buah (bisa dilebihkan jika Anda ingin cita rasa yang pedas)
  • Bawang merah sebanyak 6 buah
  • Bawang putih cukup dengan 2 siung saja.

Cara Membuat Krengsengan Daging Sapi

cara membuat krengsengan daging

Setelah semua bahannya terkumpul, sekarang kita bisa mulai mengolahnya. Pertama kalinya, ambil daging sapi kemudian potong dengan bentuk sebesar dadu atau dengan ukuran sesuai selera yang anda inginkan. Sisihkan terlebih dahulu.

Selanjutnya panaskan minyak dan tumis bumbu-bumbu halusan hingga mengeluarkan bau yang harum. Pastikan menggunakan api sedang agar tumisan tersebut tidak mudah gosong. Apabila sudah harum, maka masukan potongan tomat ke dalam bumbu tumisan tersebut dan tunggu hingga tomat berubah menjadi layu semuanya.

Masukan potongan-potongan daging sapi yang telah dipersiapkan tadi ke dalamnya. Lalu aduk-aduk agar tercampur merata dan tunggu daging tersebut hingga berubah warna. Lanjutkan dengan memasukan bahan-bahan seperti petis udang, kecap manis, garam, dan lada. Aduk-aduk hingga semua bahan tercampur secara merata.

Langkah selanjutnya masukan air ke dalam rebusan tersebut, kemudian tunggu hingga airnya menyusut secara sempurna. Pastikan pula daging sapi tersebut semuanya sudah empuk. Terakhir angkat dan sajikan bersama dengan nasi putih hangat.

Tips Agar Daging Sapi Lebih Empuk

Mungkin ketika menerapkan resep krengsengan di atas, tekstur daging sapi akan terasa sangat keras atau dengan kata lain alot. Nah agar tekstur daging tersebut lebih empuk, sebenarnya ada banyak sekali tips yang dapat Anda coba.

Tips pertama adalah dengan menggunakan nanas, buah ini sudah dipercaya sejak jaman dahulu mampu mengempukan segala jenis daging, salah satunya sapi. Caranya sebelum memasak, lumuri daging aspi dengan parutan nanas selama 30 menit.

Tips kedua yakni dengan menggunakan batuan freezer, segala macam jenis daging akan lebih empuk dan mudah diolah setelah dimasukan ke freezer. Maka dari itu, setelah membeli daging sapi tersebut masukan saja ke freezer sebelum dimasak atau diolah nantinya.

Manfaat Krengsengan Daging Sapi

Selain memiliki rasa yang sanga lezat, krengsengan juga memiliki manfaat yang berasal dari bahan utama pembuatannya yakni daging sapi. Nah berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsi krengsengan sapi:

  • Mencegah anemia

Anemia atau kurang darah merupakan suatu penyakit akan membuat tubuh si penderitanya lemah dan lesu. Hal tersebut terjadi karena darah kekurangan asupan zat besi. Nah daging sapi dikenal sebagai sumber zat besi yang sangat tinggi sehingga dapat mencegah sekaligus mengobati penyakit anemia tersebut.

  • Mencerdaskan otak

Selain zat besi, daging sapi juga memiliki kandungan protein tinggi yang sangat baik bagi anak-anak. Pasalnya, protein merupakan zat yang berguna dalam menopang perkembangan otak anak. Selain itu, protein juga berguna bagi orang dewasa untuk membentuk jaringan otot di dalam tubuh.

Selain protein, nutrisi lainnya pada daging sapi yang dapat mencerdaskan otak adalah vitamin B kompleks. Vitamin tersebut dapat membantu menjaga konsentrasi sekaligus mempertajam daya ingat agar tidak mudah menjadi lupa atau pikun.

  • Meningkatkan imunitas

Daging sapi juga menjadi sumber makanan yang akan selenium dan zinc. Kedua zat tersebut memiliki perang yang sangat penting dalam meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh pada anak dan orang dewasa. Dengan begitu, tubuh akan tetap kuat dan tidak akan mudah terkena penyakit.

Nah itulah cara membuat resep krengsengan daging sapi dengan mudah dan praktis beserta dengan manfaat yang akan Anda dapatkan setelah mengkonsumsinya. Pastikan Anda mengikuti setiap langkah-langkah yang tertera di atas agar hasil olahan Anda nantinya bisa memiliki rasa yang nikmat. Selamat mencoba!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *