Bacaterus / Masakan Cina / Resep Koloke Ayam Saus Asam Manis yang Enak dan Renyah

Resep Koloke Ayam Saus Asam Manis yang Enak dan Renyah

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Koloke merupakan salah satu chinese food yang mulai populer di Indonesia. Makanan ini menjadi populer lantaran mampu menawarkan rasa yang sangat lezat. Berbeda dengan kuliner khas Cina lainnya, untuk koloke ini bisa dibuat dari beragam bahan daging.

Daging yang digunakannya mulai dari daging ayam, daging ikan kakap, udang, dan masih banyak lagi. sedangkan bagi yang sedang diet, biasanya menggunakan jamur yang dibalut dengan tepung sebagai bahan utama pembuatan kuliner lezat satu ini.

Sekilas tampilan koloke terlihat merah dan berani, warna merah dari makanan ini disebabkan karena penggunaan saus atau sambal. Menurut sebagian penggemarnya sendiri, semakin banyak sambal atau saus yang digunakan maka makanan ini semakin nikmat sekali.

Akan tetapi bagi Anda yang tidak suka pedas, Anda juga bisa mengurangi saus tersebut tanpa harus mengurangi kenikmatan kuliner yang satu ini. Saus tersebut biasanya dibuat sendiri dengan menggunakan bahan dasar cabe dan tomat.

Di negara asalnya, makanan ini biasanya disebut sebagai Gou Lao Rou. Sedangkan di Indonesia, masyarakat lebih suka menyebutnya sebagai koloke, keluyuk, atau kuluyuk. Di daerah asalnya tersebut, koloke lebih sering dibuat dengan menggunakan bahan dasar daging babi.

resep koloke ayam

Ketika masuk ke Indonesia yang mayoritas muslim, daging babi tersebut diubah dengan daging ayam. Daging ayam tersebut dipotong kecil-kecil, dilumuri tepung, lalu digoreng. Koloke yang sudah digoreng tersebut kemudian disiram dengan saus asam manis dan disajikan bersama acar timun, tomat, wortel, kembang kol, dan nanas.

Dibandingkan dengan makanan asal Tiongkok lainnya seperti fuyunghai, cakwe, dan kwetiau, koloke memang masih asing di telinga. Maka dari itu cukup sulit menemukan tempat makan yang menjual menu lezat ini, apalagi dengan cita rasa yang mendekati versi aslinya.

Namun bagi Anda yang penasaran dengan rasa lezat dari kolake ini, maka Anda dapat membuatnya sendiri di rumah. Untuk membuat makanan satu ini sebenarnya sangatlah mudah, hanya yang perlu Anda perhatikan adalah takaran bumbu yang pas. Berikut kami sajikan resep koloke ayam asam manis gurih yang bisa Anda coba sendiri di rumah.

Bahan-Bahan Koloke Ayam

cara membuat koloke

Meskipun berasal dari negeri Tiongkok, namun bahan-bahan yang akan kita gunakan dalam resep koloke ini sudah disesuaikan dengan bahan yang ada di sekitar kita. Berikut adalah bahan-bahan utama yang harus Anda siapkan:

  • Daging ayam tanpa tulang 250 gram, dipotong kecil-kecil
  • Bawang bombay cukup 1 buah (ukuran sedang)
  • Wortel cukup dengan 3 buah, dipotong panjang
  • Nanas cukup 1/2 buah, dipotong kotak-kotak
  • Tepung tapioka seperlunya saja

Bahan rendaman:

  • Kecap asin cukup sekiranya 1 sendok teh
  • Merica seperlunya saja
  • Tepung kanji/tapioca cukup sedikit.
  • Garam seperlunya saja.

Bahan untuk saus:

  • Bawang putih cukup sebanyak 1 siung
  • Saos tomat dalam bentuk botolan
  • Saus cabe botolan (untuk yang suka pedas)
  • Cuka seperlunya saja
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya saja
  • Tepung tapioka/maizena seperlunya.

Cara Membuat Koloke Ayam Spesial

Setelah semua bahannya terkumpul, kta dapat langsung menuju ke proses pembuatannya. Langkah pertama campurkan semua bahan rendaman terlebih dahulu secara merata. Lalu ambil daging ayam dan letakan di dalam bahan rendaman tersebut selama lebih kurang 30 menitan.

Selanjutnya, siapkan tepung tapioka secukupnya dalam sebuah wadah. Tepung ini akan kita gunakan sebagai pelapis dari daging ayam. Selanjutnya, angkat dan gulirkan daging ayam yang telah kita rendam tadi di atasnya hingga tepung tercampur secara merata.

Setelah itu, siapkan wajan penggorengan dengan minyak secukupnya. Apabila minyak tersebut sudah panas, maka masukan daging ayam yang telah kita taburi dengan tepung tadi. Goreng hingga berubah warna menjadi agak kecoklatan dan matang. Angkat dan sisihkan terlebih dahulu.

Langkah selanjutnya kita akan membuat saus asam manisnya. Untuk membuatnya cukup dengan mencampurkan semua bahan saus di atas hingga tercampur secara merata dan larut. Silahkan sesuaikan tingkat kepedasannya sesuai dengan yang Anda inginkan.

Nah kini kita sudah masuk dalam fase pemasakan yang sebenarnya. Terlebih dahulu tumis bawang putih, bawang bombai, wortel, dan sedikit minyak hingga mengeluarkan bau harum. Jika sudah harum, masukan saus ke dalam tumisan tersebut.

Aduk-aduk hingga mendidih dan tambahkan gula bersama dengan garam secukupnya saja. Jangan lupa kentalkan dengan menggunakan tambahan sedikit taburan tepung maizena. Terakhir masukan potongan daging ayam goreng dan juga nanas, aduk-aduk lagi hingga merata dan matang.

Silahkan sajikan koloke ayam yang enak ini selagi masih hangat. Koloke ayam ini sangat pas dinikmati bersama dengan sepiring nasi putih hangat untuk menemani makan siang atau makan malam Anda. Anda juga dapat menyajikannya bersama dengan masakan Cina lainnya yakni fuyunghai yang pernah kami ulas resepnya di sini.

Dalam resep di atas kita menggunakan tepung tapioka sebagai bahan pelapis koloke. Anda dapat menggantinya dengan campuran tepung kanji, tepung terigu, tepung beras, atau tepung maizena. Silahkan sesuaikan dengan selera Anda masing-masing.

Sedangkan jika Anda kurang suka dengan saus tomat instan yang digunakan pada resep di atas, Anda juga dapat membuat saus tomatnya sendiri. Bahan untuk membuat saus tomatnya cukup dengan tomat, cabai, dan bumbu penyedap.

Nah, itulah resep koloke ayam dengan sambal asam manis yang gurih dan juga renyah. Kini Anda dapat mencicipi makanan oriental ini tanpa perlu mengeluarkan banyak uang untuk membelinya. Selamat mencoba sendiri di rumah dan semoga bermanfaat.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *