Bacaterus / Resep Kue Bolu / Resep Klapertart Panggang Enak Khas Manado

Resep Klapertart Panggang Enak Khas Manado

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Pernahkah Anda mencicipi kuliner bernama klapertart? Jika Anda pernah berkunjung ke Manado, sudah pasti Anda mengenal kuliner satu ini mengingat ibukoa Sulawesi Utara tersebut merupakan pusatnya klapertart di Indonesia.

Klapertart sendiri sudah ada di Manado sejak ratusan tahun lalu, tepatnya sejak jaman penjajahan Belanda dahulu. Klapertart hingga sekarang masih menjadi idola di setiap lidah masyarakat Indonesia, bahkan di beberapa restaurant ternama sekarang ini juga telah banyak menawarkan menu makanan satu ini.

Sebenarnya klapertart ini sama dengan kue pada umumnya yakni terbuat dari bahan tepung terigu, susu, air kelapa, dan margarin atau mentega. Akan tetapi klapertart ini tergolong lebih mudah pembuatannya dari pada kue jenis lain.

Nah pada kesempatan yang baik kali ini, bacaterus.com dengan baik hati akan berbagi informasi mengenai resep klapertart panggang khas Manado tersebut. Namun sebelumnya, mari kita simak terlebih dahulu ulasan singkat mengenai panganan yang satu ini.

Apa Itu Klapertart?

resep klapertart panggang

Klapertart merupakan salah satu kue khas Manado yang terinspirasi dari berbagai kue khas Belanda. Makanan ini mulai muncul di Indonesia pada jaman kolonial. Bagi orang Belanda, kue ini disebut sebagai “klappertaart”, namun orang Indonesia lebih suka melafalkan dan menulisnya dengan sebutan “klapertart”.

Di Indonesia sendiri klapertart banyak dibuat di daerah Manado sehingga tidak salah jika klapertart dijuluki sebagai kue khas Manado. Klapertart yang ada di Indonesia biasanya menggunakan bahan berupa kelapa, susu, tepung terigu, telur, dan mentega.

Klapertart biasanya dimasak dengan cara dipanggang sehingga hasilnya mirip dengan kue tart pada umumnya. Namun saat ini klapertart juga banyak yang dibuat tanpa oven, yakni dengan cara dikukus sehingga teksturnya menjadi lebih lembut.

Klapertart juga jauh lebih nikmat jika disajikan dalam keadaan dingin. Maka dari itu, kue ini biasanya dimasukan ke dalam kulkas terlebih dahulu sebelum disajikan. Selain rasa original, saat ini klapertart sudah berkembang dengan berbagai varian rasa, mulai dari keju, durian, coklat, bluberi, dan lainnya.

Tidak hanya rasanya saja, saat ini terdapat juga varian klapertart yang rendah kalori. Kalpertart rendah kalori ini sangat cocok bagi orang-orang yang sedang menjalani program diet karena klapertart biasa memiliki kandungan kalori yang sangat tinggi.

Jika Anda berkunjung ke Manado, maka sangat mudah sekali bagi Anda untuk menemukan klapertart ini. Namun bagi Anda yang tidak sempat kesana, maka Anda bisa mencoba cara membuat klapertart sendiri berikut ini.

Bahan-Bahan Klapertart

klapertart

Bahan-bahan untuk pembuatan resep klapertart panggang ini sangat mudah didapatkan karena makanan ini asli Indonesia. Bahannya akan kita bagi menjadi tiga jenis, yakni bahan I, bahan II, dan bahan toping. Berikut bahan I yang harus Anda siapkan:

  • Tepung terigu sebanyak 125 gram (protein sedang)
  • Gula pasir sebanyak 175 gram, haluskan
  • Susu bubuk sebanyak 50 gram (merek apapun)
  • Air kelapa sekitar 500 – 600 ml (jika ingin tekstur lembut), dan 300 – 400 ml (bila ingin tekstur kental)
  • Kuning telur sebanyak 4 butir
  • Margarin cukup sebanyak 100 gram, lelehkan
  • Garam sebanyak 1/4 sendok teh
  • Pasta vanilla/vanilli sekitar 1/2 sendok teh

Bahan II:

  • Kismis sebanyak 30 gram
  • Kenari kacang almond panggang 30 gram
  • Kelapa muda (daging lembut) sebanyak 3 butir, kerok dagingnya

Bahan toping:

  • Gula pasir sebanyak 50 gram
  • Putih telur dari 3 butir
  • Garam sekitar 1/4 sendok teh
  • Cream of tartar sebanyak 1/2 sendok teh
  • Kayu manis bubuk (untuk taburan) secukupnya
  • Kismis seperlunya

Cara Membuat Klapertart Panggang

Jika semua bahan telah terkumpul, mari kita langsung membuatnya. Langkah pertama campurkan bahan-bahan I dalam sebuah wadah dan aduk-aduk hingga tercampur secara merata. Apabila sudah tercampur secara merata, saring campuran tersebut.

Setelah itu siapkan panci rebus untuk memasak adonan bahan I tadi. Masak adonan tersebut hingga mengental secara sempurna. Setelah mengental tambahkan air kelapa muda, kenari, dan kismis ke dalamnya. Aduk-aduk kembali hingga tercampur mereta dan kental. Namun jika terlalu kental, Anda bisa mengencerkan dengan menambah sedikit demi sedikit air kelapa.

Dalam wadah yang berbeda, kocoklah putih telur bersama dengan gula, cream of tartar, dan garam hingga kaku. Sisihkan terlebih dahulu.

Tuang adonan yang telah kita buah sebelumnya dalam sebuah cetakan berbahan dasar alumunium foil. Kemudian olesi dengan menggunakan kocokan putih telur. Setelah itu di atasnya beri hiasan kayu manis bubuk agar tampilannya semakin cantik.

Siapkan oven atau pemanggang. Lalu panggang adonan tersebut dalam oven selama 10 menit dengan suhu mencapai 170 derajat celcius. Terakhir apabila sudah matang, angkat kue tersebut dan letakan di atas meja agar panas dan uapnya pergi.

Seperti disinggung di atas, kalpertart merupakan kue yang sangat nikmat jika disajikan dalam keadaan dingin. Maka dari itu sangat disarankan bagi Anda untuk menaruhnya terlebih dahulu di dalam lemari es selama beberapa saat sebelum menyajikannya.

Agar penampilan kue tersebut semakin cantik, Anda bisa juga mengganti hiasan toping dengan bahan-bahan lain mulai dari potongan buah-buahan, kacang, krim, coklat, keju, dan lain sebagainya. Anda juga dapat mencampurkannya dengan roti tawar agar varian rasa kue yang satu ini akan semakin nikmat dan beragam.

Itulah resep klapertart panggang nikmat khas Manado. Kue ini bisa Anda sajikan bersama dengan Oreo milkshake yang pernah kami ulas cara pembuatannya di artikel ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba sendiri di rumah.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

One Response

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *