Bacaterus / Resep Masakan Indonesia / Resep Kepiting Saus Padang Pedas Ala Resto

Resep Kepiting Saus Padang Pedas Ala Resto

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Resep olahan seafood sekarang ini ada banyak sekali variannya. Mulai dari olahan seafood daging cumi, ikan, dan bahkan hingga kepiting. Salah satu olahan seafood dari kepiting yang sudah sangat populer di Indonesia adalah kepiting saus padang.

Kepiting saus padang menawarkan sensasi rasa kenikmatan yang berbeda dari kuliner seafood lainnya. Rasa yang menonjol dari olahan satu ini adalah rasa pedas, bahkan pedasnya bisa dikatakan sangat HOT. Tak ayal kuliner satu ini sangat digemari oleh para pecinta makanan pedas.

Namun bagi Anda yang tidak menyukai rasa pedas, Anda tetap bisa menikmatinya dengan mengurangi takaran sausnya. Nah, jika Anda penasaran dengan rasa nikmat dari kuliner satu ini, kali ini bacaterus.com akan mengulas resep kepiting saus padang yang mudah dan praktis berikut ini.

Bahan-Bahan Kepiting Saus Padang

Sebelum mengolah resep kepiting saus padang ini, pertama-tama mari kita persiapkan terlebih dahulu bahan-bahannya. Dalam resep kali ini kita akan menggunakan kepiting sebanyak 3 ekor. Berikut adalah daftar lengkap bahan-bahannya:

  • Kepiting segar/hidup sebanyak 3 ekor @300 gram
  • Minyak goreng seperlunya saja (untuk menggoreng kepiting)
  • Minyak sayur sekitar 3 sdm
  • Bawang merah cukup dengan 6 siung, cincang halus
  • Bawang putih 2 siung, cincang halus
  • Jahe berukuran 1 cm, cincang halus
  • Saus cabai pedas botolan sebanyak 4 sdm
  • Merica bubuk cukup sekiranya ½ sdt
  • Garam halus sekitar 1 sdt
  • Air putih matang sebanyak 75 ml.

Cara Membuat Kepiting Saus Padang

cara membuat kepiting saus padang

Setelah semua bahan di atas terkumpul, sekarang mari kita langsung mulai proses pengolahannya. Pertama matikan semua kepiting yang masih hidup tersebut, kemudian ambil kakinya dan memarkan pada bagian capitnya.

Setelah itu siapkan sebuah wajan penggorengan dengan minyak secukupnya saja, lalu goreng kepiting tersebut hingga matang. Jika semua kepitingnya sudah matang dan kering, silahkan angkat dan tiriskan terlebih dahulu.

Langkah selanjutnya kita akan mengolah bumbu saus padang untuk kepiting tersebut. Caranya tumis terlebih dahulu bawang merah dan putih hingga mengeluarkan aroma harum atau wangi. Dalam tumisan tersebut tambahkan jahe, saus cabai, cabai giling, saus tomat, merica, garam, dan air. Masak bahan-bahan tersebut hingga mendidih secara sempurna.

Ambil kepiting yang telah kita goreng tadi, lalu masukan ke dalam tumisan bumbu-bumbu tersebut. Masak sampai semua bumbu yang ada meresap sempurna ke dalam kepiting. Hal ini ditandai dengan bumbu semakin menyusut dari semula.

Terakhir tuang olahan tersebut ke piring atau mangkuk saji, dan sajikan selagi masih hangat-hangatnya. Kepiting saus padang buatan sendiri sekarang siap untuk disantap bersama dengan keluarga tercinta.

Bagi Anda yang menyukai rasa pedas atau pecinta kuliner pedas, maka jangan lewatkan kuliner satu ini. Pasalnya, rasa pedas yang dihasilkan kepiting saus padang akan mampu menggoyang lidah Anda, dijamin Anda tidak akan kecewa membuat kuliner satu ini di rumah.

Untuk meningkatkan level pedas, Anda bisa menambahkan bahan cabe rawit dengan jumlah sesuai selera masing-masing. Namun apabila Anda tidak menyukai rasa pedas, maka silahkan untuk tidak menambah cabe rawit tersebut, malahan Anda bisa mengurangi jumlahnya.

Manfaat Kepiting

Kepiting saus padang tidak hanya nikmat dan menggoda saja, tetapi kuliner satu ini juga mengandung beragam nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Nah, berikut adalah beberapa nutrisi yang bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsi kepiting ini:

  • Vitamin B12

Kepiting memiliki kandungan vitamin B12 yang cukup banyak sehingga dapat membantu proses produksi sel darah merah di dalam tubuh. Selain itu, vitamin tersebut juga dapat membantu fungsi kerja otak sehingga sangat baik untuk dikonsumsi oleh anak-anak dalam masa pertumbuhan.

  • Protein

Protein yang terdapat dalam daging kepiting dapat membantu pertumbuhan jaringan otot di dalam tubuh. Protein juga berperan penting dalam mengatur metabolisme sekaligus membentuk imun atau sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terkena penyakit.

  • Mencerdaskan janin

resep kepiting saus padang

Kepiting juga merupakan makanan yang sangat direkomendasikan bagi para ibu hamil. Pasalnya, protein dan kalsium yang dikandungnya dapat merangsang pertumbuhan otak bayi menjadi lebih cerdas. Nutrisi tersebut juga semakin sempurna dengan adanya Omega-3 yang terkenal dapat mencerdaskan otak di masa pertumbuhan.

Oleh karena itu, para ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi kepiting sebanyak satu atau dua kali dalam seminggu semenjak awal kehamilan. Dengan begitu, sang buah hati yang sedang dikandung akan terjamin pertumbuhan otaknya.

Namun ingat, jangan mengkonsumsi kepiting secara berlebihan karena dapat meningkatkan jumlah kolesterol di dalam tubuh Anda. Meskipun kadarnya lebih kecil dibandingkan kebanyakan makanan laut yang lainnya, namun Anda tetap disarankan untuk mengkonsumsinya dalam kadar yang wajar saja.

Selain itu, kepiting juga memiliki kandungan basa purin yang cukup banyak. Kandungan tersebut dapat meningkatkan asam urat dalam tubuh Anda. Maka dari itu, kepiting sangat tidak cocok dikonsumsi oleh para penderita penyakit asam urat.

Demikianlah resep kepiting saus padang serta manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsinya. Selain nikmat, kepiting juga memiliki kandungan mineral yang sangat baik dan penting untuk memacu pertumbuhan di masa anak-anak. Oleh sebab itu, sajikan juga kuliner seafood satu ini untuk si kecil agar dia bisa tumbuh dan berkembang secara maksimal.

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *