Bacaterus / Resep Kue Kering / Resep Kembang Goyang Manis yang Renyah dan Gurih

Resep Kembang Goyang Manis yang Renyah dan Gurih

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kue kembang goyang merupakan camilan yang sudah tidak asing lagi di Indonesia. camilan khas Indonesia satu ini bisa kita temukan dengan mudah saat acara-acara tertentu, mulai saat hari raya hingga hanya sekedar acara syukuran saja.

Akan tetapi sekarang ini kue kembang goyang sudah sangat sulit sekali ditemukan, hal ini terjadi karena hanya sedikit masyarakat yang mau membuat kue satu ini. Padahal rasa dari kue yang satu ini sangatlah nikmat sekali.

Berbentuk seperti bunga, kue kembang goyang tidak hanya unik dan lezat saja. Akan tetapi dalam hal pembuatannya, kue satu ini juga tergolong sangat menarik. Pasalnya saat membuat kue ini, kita diharuskan menggoyang-goyangnya di atas minyak.

Nah, bagi Anda yang ingin membuat kue ini sendiri di rumah, kali ini bacaterus.com akan mengulas resep kembang goyang manis yang renyah dan juga gurih. Namun sebelumnya mari kita simak terlebih dahulu asal muasal dari kue ini.

Asal Usul Kue Kembang Goyang

resep kembang goyang manis

Kue Kembang Goyang merupakan kue tradisional yang berasal dari daerah Betawi. Di daerah asalnya tersebut, kue ini biasanya menjadi sajian wajib di acara hajatan atau hari-hari besar keagamaan seperti Idul Fitri dan Idul Adha.

Kue ini juga cukup populer bagi masyarakat Bali terutama yang memeluk agama Hindu. Kue kembang goyang ini sering dijadikan sebagai salah satu sesaji pada acara-acara keagamanaan seperti hari raya Nyepi dan lainnya.

Penamaan kue kembang goyang terdiri dari dua versi yang berbeda. Versi yang pertama mengatakan jika nama “kembang” diambil dari bentuk kue ini yang mirip dengan kelopak bunga yang sedang mekar. Sedangkan nama “goyang” diambil dari proses pembuatannya yang digoyang-goyang di atas penggorengan hingga terlepas dari cetakan.

Versi yang kedua mengatakan jika nama kembang goyang diambil dari sejenis sanggul konde berbentuk bunga yang sering dipakai oleh pengantin dalam adat Jawa. Sanggul tersebut akan bergoyang-goyang ketika sang pengantin berjalan atau menggerakan tubuhnya.

Selain terkenal dengan nama kembang goyang, kue ini juga dikenal dengan nama kue loyang atau kue kembang loyang di daerah Sumatera. Apa pun asal usul serta namanya, yang jelas kue ini memiliki bentuk serta rasa yang serupa di setiap daerah.

Secara tradisional kue kembang loyang ini biasanya hanya terbagi menjadi dua jenis, yakni manis dan asin. Namun seiring dengan berjalannya waktu, kini kue ini sudah hadir dengan berbagai variasi seperti dengan tambahan wijen dan juga keju.

Warna dari kue ini juga sudah bervariasi, ada hijau, putih, kuning, dan sebagainya. Jika ditata secara baik dalam toples atau wadah penyimpanan, kue ini akan tampak sangat cantik seperti halnya bunga-bunga yang sedang bermekaran.

Bahan-Bahan Kue Kembang Goyang

cara membuat kue kembang goyang renyah

Setelah mengetahui asal-usulnya, sekarang mari kita mengulas cara membuat kembang goyang ini. Dalam resep kembang goyang ini kita akan membuat versi yang manisnya. Nah, berikut adalah beberapa bahan yang harus Anda siapkan:

  • Tepung beras sebanyak 200 gram
  • Gula pasir halus sekitar 65 gram saja
  • Garam sekiranya ½ sdt
  • Telur ayam cukup dengan 2 butir
  • Santan sekitar 250 ml (bisa dari parutan 1/2 butir kelapa)
  • Minyak goreng seperlunya saja
  • Wijen sebanyak 2 sendok makan

Cara Membuat Kembang Goyang

Jika semua bahan sudah terkumpul, sekarang kita dapat langsung membuatnya. Langkah pertama siapkan sebuah wadah terlebih dahulu. Dalam wadah ini kita akan masukan beberapa bahan utama seperti tepung beras, gula pasir, garam, dan wijen. Aduk-aduk bahan tersebut hingga tercampur secara merata.

Tuangkan telur yang sudah dikocok bersama dengan santan sedikit demi sedikit. Pastikan sambil diaduk-aduk agar semua bahan tersebut bisa tercampur secara merata. Sisihkan terlebih dahulu. Selanjutnya kita siapkan cetakan kue kembang goyang tersebut, untuk memanaskan cetakan tersebut pertama kalinya masukan dalam minyak panas.

Di sinilah letak keunikan memasak kue kembang goyang. Setelah memanaskan cetakan tersebut, celupkan cetakannya kedalam adonan kue. Lalu masukan adonan tersebut bersama cetakan ke dalam sebuah wajan penggorengan yang berisi minyak panas. Goyang-goyang cetakan tersebut higga adonan terlepas darinya.

Gorenglah adonan-adonan tersebut dengan cara mengulangi langkah di atas hingga habis. Agar kue tersebut matang, pastikan menggoreng hingga adonan berubah warna menjadi kuning kecoklatan.

Terakhir apabila sudah matang, angat kue tersebut dan tiriskan. Kini kue tersebut siap untuk disantap. Silahkan sajikan kue kembang loyang ini untuk para tamu dan kerabat yang datang berkunjung ke rumah Anda bersama dengan kue kering khas lebaran lainnya.

Tips Agar Kue Kembang Goyang Renyah dan Gurih

Untuk membuat kue kembang loyang agar lebih renyah, Anda bisa membuat adonan yang lebih kalis dan bisa dicetak dengan mudah. Sedangkan jika ingin lebih gurih, maka kami sarankan Anda menambah takaran santan dan garam. Karena kedua bahan inilah yang menjadi rahasia kue kembang goyang menjadi lebih gurih.

Selain dimakan langsung, kue kembang goyang ini juga dapat disimpan untuk jangka waktu yang lama. Namun  agar kue tersebut tidak kehilangan kerenyahannya. Kami sarankan untuk memasukannya ke dalam toples kedap udara.

Dengan membuat sendiri di rumah, maka bukan hanya menghemat perekonomian keluarga saja, akan tetapi Anda juga bisa berlatih menjadi chef profesional sendiri di rumah. Itulah ulasan singkat mengenai resep kembang goyang yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Artikel Terkait

Baca Juga

One Response

  1. jajanan arek Suroboyo berkata:

    Good Article, Sukses ya buat penulis,,, Mantab

    Salam Hangat dan Sukses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *