Bacaterus / Resep Kue Kering / Cara Membuat Resep Kastengel Keju yang Renyah

Cara Membuat Resep Kastengel Keju yang Renyah

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kastengel merupakan camilan yang biasa kita temukan disaat acara-acara spesial, seperti saat hari raya idul fitri, imlek, natal, dan lain sebagainya. Camilan satu ini termasuk dalam kue yang terbuat dari tepung terigu. Untuk membuatnya sendiri sebenarnya sangat mudah sekali, namun terkadang banyak kalangan masyarakat yang belum mengetahui bagaimana cara membuat kastengel tersebut.

Memang membeli camilan satu ini di toko roti sekarang sangat mudah didapatkan. Akan tetapi jika kita buat sendiri di rumah, maka akan menghemat biaya (ekonomis). Mengingat harga kue satu ini di toko roti juga lumayan mahal, terutama jika mendekati hari raya.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini bacaterus.com akan mencoba berbagi informasi mengenai resep kastengel NCC tersebut. Sebenarnya resep kue satu ini sangat banyak sekali, tetapi pada kesempatan kali ini kami akan mencoba share resep yang renyah dan mudah dibuat. Namun sebelumnya mari kita simak terlebih dahulu asal-usul dari makanan yang satu ini.

Asal Usul Kastengel

Kastengel merupakan salah satu cemilan yang diadaptasi dari Belanda. Orang Belanda biasa menyebutnya sebagai “kaasstengels”. Dalam bahasa Belanda, “kaas” memiliki arti keju sedangkan “stengel” adalah batang. Jadi kaasstengel merupakan kue yang berbentuk batang keju.

Makanan ini masuk ke Indonesia pada jaman kolonial bersama dengan makanan khas Belanda lainnya seperti nastar. Tidak seperti makanan lainnya yang mendapat banyak modifikasi agar sesuai dengan lidah orang Indonesia, rasa serta bentuk kastengel masih serupa seperti aslinya.

Kastengel biasanya berbentuk bulat atau persegi panjang dengan diameter 1 cm dan panjang 4 cm. karena bentuknya seperti jari tangan, makanan ini juga sering disebut sebagai cheese-finger. Bahan utama pembuatannya adalah terigu, keju, telur, dan juga margarin.

resep kastengel ncc

Keju yang digunakan untuk membuatnya sangat bervariasi, tergantung dari selera yang membuatnya. Ada yang menggunakan keju edam, keju guda, dan juga keju cheddar. Agar hasilnya lebih harum, keju permesan juga biasanya digunakan sebagai pelengkap.

Di Indonesia kastengel merupakan salah kue kering yang banyak disajikan ketika lebaran. Berbeda dengan kue kering lainnya yang banyak menyuguhkan rasa manis, kastengel ini didominasi oleh rasa asin dan gurih terutama dari keju sebagai bahan utamanya.

Tidak hanya saat lebaran saja, kue kastengel juga cukup populer untuk hari raya yang lainnya seperti hari Natal dan Imlek. Rasanya yang gurih serta teksturnya yang renyah membuat semua orang betah memakan kue ini sambil bersilaturahmi bersama keluarga dan kerabat.

Bahan-Bahan Kastengel

cara membuat kastengel keju

Setelah mengetahui asal-usul dan sejarahnya, sekarang mari kita mencoba membuatnya sendiri di rumah. Resep kastengel ncc yang akan kita ulas kali ini akan menggunakan keju cheddar sebagai bahan utamanya. Anda dapat menggantinya dengan keju jenis lain jika Anda kurang menyukainya. Berikut adalah bahan-bahan utamanya:

  • Tepung terigu (protein rendah) sebanyak 400 gram
  • Butter cream atau mentega sebanyak 250 gram
  • Keju Kraft Cheddar sekitar 250 gram
  • Margarin sebanyak 50 gram
  • Susu bubuk instan full cream sebanyak 20 gram
  • Kaldu daging sapi sekiranya ¼ blok
  • Maizena cukup dengan 1 sendok makan

Bahan untuk olesan kastengel:

Bahan untuk taburan kastengel:

  • Parutan keju chedar sekitar 50 gram saja.

Cara Membuat Kastengel Keju

Apabila semua bahan yang dibutuhkan telah siap, kini kita bisa langsung membuatnya. Pertama kalinya campurkan bahan-bahan seperti kaldu sapi, butter cream, dan margarin. Kemudian kocok bahan-bahan tersebut hingga mengembang dan tercampur secara merata. Anda bisa menggunakan bantuan mixer ataupun alat yang lainnya.

Apabila sudah tercampur secara merata, tambahkan susu bubuk full cream, maizena, dan setengah bagian dari tepung terigu. Jangan lupa aduk-aduk bahan tersebut kembali agar tercampur secara merata semuanya.

Selanjutnya tambahkan setengah bagian dari keju cheddar tersebut, namun sebelumnya oven dahulu parutan keju cheddar itu selama kurang lebih 5 menitan. Nah setelah itu ambil sisa parutan keju dan tepungnya tadi, lalu aduk-aduk hingga tercampur merata dan kalis.

Kini adonan telah siap untuk dipanggang. Siapkan terlebih dahulu loyang yang telah diolesi dengan menggunakan margarin, kemudian tuang adonan tadi di atas loyang tersebut dengan bentuk sesuai selera masing-masing. Tata adonan dan pastikan tidak berdekatan, hal ini berguna agar nantinya kue tersebut tidak lengket.

Setelah itu, siapkan oven atau pemanggang. Masukan loyang yang telah berisi adonan tersebut selama kurang lebih 20 menitan dengan suhu sedang. Keluarkan adonan kue tersebut dan olesi dengan kuning telur secara merata, serta jangan lupa taburi keju di atasnya. Masukan kembali adonan ke dalam oven selama kurang lebih 30 menitan.

Setelah matang, silahkan keluarkan dari oven. Kini kue kastengel keju spesial yang lezat siap untuk disajikan. Kue kastengel keju ini sangat cocok apabila disajikan saat momen-momen spesial keluarga, mulai saat bersantai hingga momen hari raya.

Karena termasuk ke dalam kue kering, maka kastengel ini juga dapat bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama. Untuk mempertahankan rasa serta teksturnya yang renyah, simpanlah di dalam plastik atau toples yang kedap udara.

Sekian informasi singkat mengenai resep kastengel ncc keju spesial yang renyah dan lezat. Semoga dengan adanya informasi tersebut, bisa menjadi sumber referensi bermanfaat bagi Anda semua. Selamat mencoba resep di atas dan selamat menikmati.

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *