Bacaterus / Masakan Sunda / Resep Karedok Sunda Khas Bandung Yang Enak

Resep Karedok Sunda Khas Bandung Yang Enak

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Karedok merupakan salah satu kuliner khas Bandung yang sudah sangat terkenal sekali di kalangan masyarakat Indonesia. Karedok terbuat dari berbagai macam sayuran segar yang dipadukan dengan rempah-rempah pilihan.

Berbeda dengan kuliner lainnya, sayuran yang digunakan dalam menu keredok ini berasal dari sayuran mentah. Beberapa sayuran tersebut di antaranya adalah kacang panjang, kol, terong bulat, tauge, mentimun, leunca, dan masih banyak lagi.

Sayuran tersebut memang sengaja tidak diolah, hal ini bertujuan agar rasanya semakin nikmat dan segar. Selain itu, sayuran yang tidak diolah juga akan memiliki nutrisi yang utuh dan alami karena belum mengalami proses apapun.

Karedok ini sangat mirip dengan makanan khas Sunda lainnya yaitu lotek karena keduanya sama-sama menggunakan bumbu sambal kacang. Bedanya, lotek lebih banyak menggunakan sayuran yang sudah direbus meskipun terkadang ada juga sayuran mentah yang digunakan.

Untuk bisa mencicipi lotek, Anda bisa berkunjung langsung ke Bandung atau daerah Jawa Barat lainnya karena di sana hampir setiap warung makan pasti menyajikan menu kuliner satu ini. Akan tetapi apabila Anda tidak ingin ke sana, Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah.

Cara membuat karedok khas Bandung tersebut sangatlah mudah sekali. Nah berikut bacaterus.com akan memberikan panduan resep karedok Sunda yang bisa Anda coba langsung olah di rumah.

Bahan-Bahan Karedok

cara membuat karedok bandung

Untuk membuat resep karedok ini kita tidak memerlukan bahan-bahan yang terlalu banyak. Yang kita perlukan hanyalah sayuran segar beserta bahan untuk membuat bumbu kacangnya. Nah, berikut adalah beberapa sayuran yang harus Anda siapkan:

  • Kemangi cukup sebanyak 5 tangkai, dipetiki
  • Kacang panjang sekitar 5 lonjor, diiris 1/2 cm
  • Kol cukup 3 lembar, diiris kasar
  • Terong bulat cukup dengan 3 buah, diiris tipis
  • Taoge mentah sebanyak 25 gram
  • Ketimun 1 buah, dipotong-potong

Bahan bumbu saus kacang:

  • Kacang tanah sebanyak 100 gram, goreng dan dihaluskan
  • Bawang putih cukup 2 siung
  • Cabai rawit merah sebanyak 2 buah
  • Kencur berukuran 2 cm
  • Terasi sekitar 1/2 sendok teh
  • Garam cukup sekiranya 3/4 sendok teh
  • Gula merah sebanyak 25 gram
  • Air putih matang sebanyak 100 ml
  • Air jeruk limau sekitar 1/2 sendok teh

Cara Membuat Karedok

resep karedok sunda

Setelah semua bahannya siap, langkah pertama kita bisa membuat saus kacang karedok terlebih dahulu. Caranya ulek bawang putih, kencur, cabai rawit, dan juga terasi hingga halus serta pastikan pula bahan-bahan tersebut tercampur secara merata.

Selanjutnya, apabila bahan-bahan tersebut sudah halus masukan garam, gula merah, dan kacang tanah ke dalam campuran bahan-bahan tersebut. Ulek-ulek lagi agar semua bahan tercampur secara merata.

Ambil air putih matang, kemudian tambahkan ke campuran bahan-bahan tersebut sedikit demi sedikit sambil diaduk agar tercampur secara merata. Lalu masukan jeruk limau dan ulek lagi agar semua bahan tersebut hingga merata.

Kini kita tinggal memasukan sayur-sayuran segarnya. Caranya tinggal memasukan bahan seperti kacang panjang, kol, kemangi, terong bulat, mentimun, dan tauge. Pastikan Anda mengirisnya terlebih dahulu sesuai dengan ukuran yang diinginkan.

Aduk-aduk sayuran segar tersebut agar tercampur merata dengan saus kacang yang telah kita buat pada langkah pertama tadi. Terakhir, siapkan 4 buah piring ataupun wadah saji. Bagi hasil olahan tersebut menjadi 4 porsi dan sajikan sebagai menu makan sehat keluarga tercinta.

Dengan taburan bumbu atau saus kacang, menu karedok ini sangatlah nikmat apabila disajikan sebagai menu sarapan pagi ataupun menu makan keluarga tercinta setiap harinya. Agar lebih nikmat Anda dapat mengonsumsi kuliner satu ini bersama dengan es teh manis.

Anda juga dapat menambah atau mengurangi sayuran yang digunakan dalam resep di atas sesuai dengan keinginan Anda. Jika ingin karedok dengan rasa yang lebih pedas, maka Anda juga dapat menambah cabe yang digunakan untuk membuat bumbu kacangnya.

Silahkan sajikan karedok ini bersama dengan taburan bawang goreng dan juga kerupuk di atasnya. Kerupuk tersebut berfungsi untuk menawar rasa pedas dari bumbu karedok. Beberapa gorengan seperti bala-bala (bakwan), gehu, dan tempe goreng juga cocok untuk dimakan bersama dengan karedok.

Karedok ini bisa dimakan secara langsung seperti halnya salad sayur yang biasa dikonsumsi di negara barat sana. Cara mengolahnya juga tidak jauh berbeda hanya saja salad sayur tidak menggunakan bumbu kacang. Jika ingin mencoba membuat salad sayur juga, silahkan simak artikel ini.

Karena budaya Indonesia yang tidak bisa lepas dari nasi, maka Anda juga dapat memakannya bersama dengan sepiring nasi putih hangat. Selain itu Anda juga bisa mencampurkannya dengan lontong agar bisa mengenyangkan perut.

Itulah resep karedok Sunda khas Bandung yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Tidak hanya nikmat saja, tetapi karena adanya sayur dalam karedok ini, maka akan membuat tubuh kita lebih sehat dan bugar. Terutama jika sayuran-sayuran tersebut memiliki kualitas terbaik. Selamat mencoba!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *