Bacaterus / Masakan Sunda / Resep Ikan Pesmol Nila Khas Cianjur Yang Nikmat dan Lezat

Resep Ikan Pesmol Nila Khas Cianjur Yang Nikmat dan Lezat

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Mungkin mendengar kuliner “ikan pesmol” sangat asing bagi sebagian besar dari kita. Akan tetapi hal tersebut tidak untuk para masyarakat di Cianjur, Jawa Barat mengingat dari sanalah resep ikan pesmol ini berasal.

Ikan pesmol sendiri sebenarnya berasal dari olahan daging ikan, tetapi ikan pesmol ini menggunakan bumbu yang berbeda dari pada olahan ikan yang lain. Bumbu yang menjadi ciri khas ikan pesmol adalah bumbu kuning, di mana bumbu tersebut didapatkan dari rempah-rempah tradisional seperti kunyit, jahe, kemiri, dan lain sebagainya.

Bumbu pesmol ini cukup populer di kawasan Sunda dan betawi sehingga sering dijadikan bumbu wajib untuk mengolah ikan. Beberapa macam ikan yang biasa diolah dengan pesmol ini di antaranya adalah ikan mas, ikan kembung, ikan gurame, ikan bandeng, ikan nila, dan udang.

Warna kuning yang terdapat pada bumbunya tersebut berasal dari penggunaan kunyit yang cukup banyak. Campuran kunyit tersebut akan memberikan cita rasa yang khas pada daging ikan, sepeti rasa manis, gurih, dan sedikit getir.

Selain mempengaruhi rasa, kunyit juga memiliki kandungan yang sangat bermanfaat untuk menetralisir bau amis pada makanan. Maka dari itu, ikan yang yang dicampur dengan bumbu pesmol ini akan mengeluarkan aroma khas tanpa adanya bau amis.

Untuk bisa mencicipi kelezatan ikan pesmol, Anda tidak perlu kiranya datang ke Cianjur. Pasalnya, pada kesempatan kali ini bacaterus.com akan mencoba berbagi informasi mengenai cara membuat ikan pesmol yang nikmat dan lezat.

Bumbu Ikan Pesmol

RESEP IKAN PESMOL NILA CIANJUR

Pada resep ikan pesmol kali ini kita akan menggunakan ikan nila yang besar dan juga segar. Anda juga dapat menggantinya dengan ikan lain yang Anda sukai. Sebenarnya untuk membuat kuliner yang satu ini sangat mudah, tetapi Anda akan memerlukan banyak sekali bahan dan bumbu. Berikut adalah bahan utamanya:

  • Ikan Nila besar cukup 1 ekor, cuci hingga bersih
  • Garam sebanyak 1 sendok teh
  • Jeruk nipis cukup dengan 1 buah saja
  • Cabai rawit sebanyak 10 buah
  • Cabai merah sebanyak 3 buah, dipotong ukuran 1 cm
  • Tomat cukup 1 buah, dipotong-potong
  • Daun bawang 2 batang, diiris serong ukuran 1 cm
  • Kaldu instan cukup dengan 1 sendok teh
  • Garam sekitar 1/2 sendok teh
  • Gula pasir sebanyak 1/2 sendok teh
  • Air sekitar 350 ml
  • Minyak goreng seperlunya saja

Bumbu halusan pesmol ikan nila:

  • Kemiri sebanyak 3 buah
  • Kunyit ukuran 2 cm
  • Jahe potong ukuran 2 cm
  • Bawang merah sebanyak 5 buah
  • Bawang putih sebanyak 3 buah saja.

Cara Membuat Ikan Pesmol Nila

resep ikan pesmol sunda

Apabila semua bahan di atas telah siap, mari kita membuat bumbu halusannya terlebih dahulu. Caranya mudah, cukup gabungkan dan haluskan semua bahan yang digunakan untuk bumbu halusan ini. Untuk kunyit, Anda dapat membakarnya terlebih dahulu sebelum menghaluskannya. Sisihkan bumbu halusan tersebut lalu ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Ambil ikan nila dan cuci hingga bersih, terutama bagian perutnya. Keluarkan semua kotoran yang ada di perutnya tersebut hingga benar-benar bersih.
  2. Taburi ikan nila yang sudah bersih tersebut dengan garam dan perasan air jeruk nipis agar bau amis sedikit hilang.
  3. Selanjutnya panaskan minyak goreng, dan goreng daging nila tersebut hingga berubah warna menjadi kuning kecoklatan. Lalu angkat dan sisihkan terlebih dahulu.
  4. Sekarang siapkan wajan untuk menumis, olesi sedikit margarin atau minyak ke wajan tersebut lalu tumislah bumbu-bumbu halusan tadi hingga mengeluarkan bau harum atau wangi yang sangat khas.
  5. Setelah itu, tambahkan 250 ml air dan masak kembali hingga bumbu tersebut mengeluarkan bau sedap.
  6. Kemudian masukan bahan-bahan seperti cabe rawit, garam, tomat, gula, kaldu instan, daun bawang, dan juga sisa air. Masak bahan-bahan tersebut hingga terlihat matang.
  7. Apabila sudah matang, masukan ikan nila goreng yang telah kita masak pertama kali tadi.
  8. Tunggulah hingga matang yang ditandai dengan semua bumbunya menyusut, setelah itu angkat dan sajikan.

Kini ikan pesmol nila sudah siap untuk disantap. Silahkan sajikan ikan ini bersama dengan sepiring nasi putih yang hangat dan juga pulen agar Anda semakin lahap untuk memakannya. Jangan lupa untuk menyiapkan segelas es teh manis sebagai penawar dari rasa pedasnya.

Ikan pesmol nila ini juga sangat cocok jika disandingkan dengan nasi liwet khas Sunda yang sangat terkenal dengan kelezatannya. Untuk membuat nasi liwet khas Sunda tersebut, Anda dapat mengikuti langkah-langkahnya di artikel ini.

Selain lezat, kandungan nutrisi pada ikan nila juga sangat besar sehingga baik untuk pertumbuhan si kecil dan kesehatan tubuh kita sendiri. Seperti kita ketahui, ikan nila kaya akan protein yang baik untuk pertumbuhan jaringan otot di dalam tubuh.

Selain itu, ikan nila juga memiliki kandungan vitamin B12 yang dapat membantu pembentukan sel darah merah dan mencegah timbulnya penyakit amnesia. Vitamin tersebut juga dapat meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh sehingga kita tidak mudah terserang penyakit.

Sekian informasi mengenai resep ikan pesmol nila khas Cianjur yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat dan menjadi sumber referensi bagi Anda. selamat mencoba dan selamat menikmati!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

2 Responses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *