Bacaterus / Makanan Barat / Resep Garlic Bread dengan Roti Tawar Khas Italia

Resep Garlic Bread dengan Roti Tawar Khas Italia

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Oktober 2019

Roti tawar di era modern seperti sekarang ini menjadi menu sarapan utama bagi para pekerja kantor, khususnya yang sibuk dan tidak bisa menyiapkan menu sarapan pagi. Biasanya roti tawar dikonsumsi sebagai sarapan bersama dengan selai, meises, butter, dan lainnya.

Namun terkadang, banyak sekali masyarakat yang bosan dengan menu roti itu-itu aja. Jika Anda salah satunya, berarti Anda telah beruntung datang ke sini. Mengingat pada kesempatan kali ini Bacaterus akan mencoba mengulas resep Garlic Bread yang pada dasarnya menggunakan roti tawar sebagai bahan baku. Penasaran? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Apa sih Garlic Bread itu?

Garlic Bread merupakan menu sarapan yang diolah dari roti tawar. Menu satu ini diperkenalkan pertama kalinya oleh bangsa Italia. Sekilas penampilan dari Garlic Bread hampir mirip dengan French Toast yang populer di negara Perancis. Akan tetapi, untuk masalah rasa dan cara membuatnya jelas beda.

Biasanya menu Garlic Bread banyak disajikan di restoran-restoran besar bersama dengan Pizza. Di indonesia sendiri menu satu ini bisa kita temukan dengan mudah di restoran khas Italia semacam Pizza Hut, Dominos, dan lainnya.

Masih satu negara dengan Pizza, menu satu ini cukup populer di seluruh penjuru dunia. Hampir setiap pagi, Garlic Bread banyak dikonsumsi oleh masyarakat luar negeri sebagai sarapan. Mengingat selain lezat, menu satu ini juga sangat simpel sekali untuk dibuat sendiri di rumah.

cara membuat garlic bread roti tawar

Garlic Bread tidak hanya bisa menjadi menu sarapan pagi saja. Anda pun bisa memanfaatkannya sebagai bekal anak pergi ke sekolah karena garlic bread ini memiliki kandungan gizi yang baik bagi pertumbuhan bayi dan anak-anak.

Dengan mengkreasikan ide kreatif, dijamin si kecil akan sangat menyukai menu tersebut. Sehingga selain bisa menghemat saku, si kecil juga bisa terhindar dari makanan berpengawet yang biasanya banyak dijajakan di sekolah-sekolah.

Bahan-Bahan Garlic Bread

resep garlic bread pizza hut

Sebelum membahas resep garlic bread, ada baiknya Anda persiapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang diperlukan agar nantinya tidak kerepotan sendiri. Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan berikut ini bisa Anda dapat dengan membelinya di swalayan ataupun pasar tradisional, antara lain:

  • Roti Tawar tebal cukup dengan 8 helai atau lembar
  • Mentega sebanyak 3 sdm (lelehkan)
  • Keju parmesan cukup sebanyak 2 sdm (serut)
  • Daun basil kering sekiranya 1 sdt
  • Daun thyme kering sekitar 1 sdt
  • Daun rosemary kering cukup 1 sdt (bisa di ganti dengan oregano kering)
  • Bawang putih sebanyak 3 siung (haluskan)
  • Garam secukupnya saja

Alat:

  • Oven

Cara Membuat Garlic Bread Enak

Tahap pertama panaskan terlebih dahulu oven hingga mencapai suhu sekitar 150o C. Sambil menunggu oven panas, siapkan sebuah wadah untuk mencampurkan bahan-bahan. Lalu campurkan bahan antara lain seperti mentega, keju parmesan, basil, thyme, rosemary, bawang putih, dan garam secukupnya. Aduk-aduk semua bahan tersebut sampai tercampur secara merata.

Apabila semua bahan telah tercampur secara merata, ambilah roti tawar dan olesi dengan menggunakan campuran tersebut. Pastikan seluruh bagian roti tawar terolesi secara merata, sebab jika tidak, rasa gurih dan nikmatnya akan menjadi kurang maksimal.

Setelah oven cukup panas, masukan roti-roti yang telah diolesi tadi ke dalamnya. Panggang roti tersebut sekitar 10-15 menitan sampai berubah warna menjadi kekuning-kuningan. Keluarkan dari oven dan sajikan selagi masih hangat. Garlic Bread sangat nikmat dikonsumsi saat masih hangat, karena lebih gurih dan empuk.

Selain menggunakan keju parmesan, Anda juga dapat menggunakan jenis keju lainnya untuk toping garlic bread ini seperti keju mozzarella, cheddar, atau feta. Jika tidak ada roti tawar, Anda juga bisa menggantinya dengan jenis roti yang lain.

Manfaat Konsumsi Roti Tawar Bagi Kesehatan

Banyak sekali belakangan ini media yang mengabarkan efek buruk dari konsumsi roti tawar putih bagi kesehatan. Ada yang mengklaim roti jenis tersebut dapat memicu kanker, serangan jantung, dan lain sebagainya.

Meskipun belum ada penelitian yang mampu menjelaskan, ada baiknya Anda tidak menggunakan roti tawar putih tetapi menggantinya dengan roti tawar dari gandum. Roti tawar gandum bisa dibilang lebih menyehatkan dari jenis roti apapun. Apa saja manfaatnya? Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan.

  • Melancarkan sistem pencernaan

Terbuat dari bahan dasar gandum, roti tawar satu ini mengandung serat yang cukup tinggi. Salah satu manfaat serat yang cukup terkenal adalah dapat melancarkan BAB, mengatasi diare, dan sembelit.

  • Baik untuk diet

Nilai kalori dalam roti tawar gandum sangatlah rendah, apalagi untuk kandungan lemaknya. Hal tersebut sangatlah baik untuk mendukung program diet penurunan berat badan. Oleh sebab itu, pastikan setiap pagi Anda konsumsi sarapan roti tawar gandum secara rutin.

  • Meningkatkan kecerdasan anak

Asam lemak dalam roti gandum cukup tinggi. Manfaat asam lemak salah satunya dapat membantu mengoptimalkan perkembangan sistem saraf pusat (otak) anak-anak. Sehingga konsumsi roti tawar secara rutin sangatlah penting untuk meningkatkan kecerdasan si kecil.

  • Memacu pertumbuhan anak

Kalsium, fosfor, dan mineral alami lainnya merupakan kandungan nutrisi yang cukup baik untuk mengoptimalkan pertumbuhan anak. Mulai dari pertumbuhan tulang, gigi, otot, dan lain sebagainya.

  • Mencegah serangan jantung

Sama halnya dengan sereal gandum, roti tawar yang terbuat dari gandum sangatlah baik untuk mencegah penyakit jantung. Kandungan seratnya dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh yang notabenya salah satu penyebab terbesar munculnya penyakit jantung.

Bahkan selain bisa membantu menurunkan kolesterol, kandungan serat tersebut juga cukup efektif untuk mengikat racun dalam tubuh (detoksifikasi) dan membuangnya melalui sistem ekskresi.

Bagaimana, tertarik mencobanya? Seperti itulah resep Garlic Bread lezat khas Italia dan manfaatnya bagi kesehatan. Langsung saja praktekan resep diatas sekarang juga. Selamat mencoba dan semoga hasilnya memuaskan.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *