Bacaterus / Makanan Jawa / Resep Garang Asem Kudus Dengan Daging Ayam Kampung

Resep Garang Asem Kudus Dengan Daging Ayam Kampung

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Pernahkah Anda mencicipi garang asem? Kuliner satu ini sudah cukup populer sekali di tanah Jawa, khususnya daerah Jawa Tengah seperti Kudus, Solo, Pekalongan, dan lainnya. Aromanya yang khas terpadu dengan rasa pedas dan gurih, seakan membuat siapa saja terpesona dengan kuliner satu ini.

Untuk menemukan garang asem cukup mudah, mengingat biasanya setiap warung makan di jawa Tengah menyajikan menu spesial satu ini. Mulai dari warung makan kecil sampai dengan warung makan besar. Karena termasuk dalam kuliner tradisional, garang asem dibandrol dengan harga yang cukup murah. Hanya dengan Rp. 10 ribu – 20 ribu Anda bisa menikmati kuliner ini sepuasnya.

Apa Itu Garang Asem?

Mungkin bagi sebagian orang masih makanan satu ini masih terdengar cukup asing di telinga. Menurut catatan sejarahnya sendiri, garang asem berasal dari Jawa Tengah. Masyarakat Jateng, biasanya mengonsumsi garang asem sebagai teman nasi. Rasa dari makanan ini sendiri adalah segar, pedas, dan juga asam.

Hampir setiap warung makan di Jateng, pasti menyediakan menu kuliner satu ini. Apabila Anda jalan-jalan ke Kudus, cobalah mampir ke Warung Makan Sari Rasa. Di sana telah tersedia menu garang asem yang cukup segar dan nikmat.

Pemilik rumah makan itu sendiri juga tidak membandrol dengan harga mahal untuk satu porsi garang asem, Anda hanya perlu menyiapkan kocek sebesar Rp. 20 ribuan saja untuk bisa menyantap kuliner lezat satu ini.

Resep Garang asem kudus

Nama garang asem sendiri sebenarnya merujuk pada cara memasak dan rasa masakan tersebut. Kuliner satu ini dimasak dengan cara dipanaskan atau dalam bahasa Jawa berarti digarang. Karena masakan ini memiliki rasa segar dan sedikit asam, maka dinamakan garang asem (asam). Dibungkus dan dimasak dalam daun pisang, aroma dari kuliner satu ini ketika tercium sangatlah harum sekali.

Garang asem bisa dikatakan sebagai lauk teman makan nasi, lauk yang digunakan sendiri bisa beraneka ragam mulai dari masakan pepes, jeroan ayam, tahu, ikan, jamur, daging sapi, dan masih banyak lagi. Rasa asem (asam) sendiri dapat muncul berasal dari bahan tomat hijau yang digunakan.

cara membuat garang asem kudus

Setiap daerah di Jawa Tengah biasanya memiliki ciri khas garang asemnya masing-masing. Sebagai contoh,  garang asem di daerah pekalongan tidak dibungkus menggunakan daun pisang, melainkan disajikan langsung di atas piring atau mangkuk beserta dengan kuahnya.

Selain pada cara membungkusnya, proses pembuatannya bumbu juga bisa berbeda dari satu daerah dengan yang lainnya. Sebagai contoh, resep garang asem Kudus biasanya menggunakan bumbu dan rempah yang diiris-iris tipis dan tidak dihaluskan.

Bahan-Bahan Garang Asem Kudus

Setelah kami mondar-mandir di Kudus, akhirnya kami mendapatkan resep dan panduan cara membuat garang asem khas Kudus. Resep garang asem Kudus ini kami dapatkan dari salah seorang chef rumah makan terkenal disana. Namun sebelum memasak, siapkan dulu bahan-bahan yang diperlukan antara lain seperti:

  • Siapkan satu ekor ayam kampung yang telah dibersihkan dan dipotong hingga menjadi 15-20 bagian
  • Santan kental sebanyak 90 ml
  • Air matang sebanyak 1 liter

Bahan bumbu irisan:

  • Cabai rawit merah sebanyak 20 butir
  • Bawang merah cukup sebanyak 10 siung
  • Bawang putih sebanyak 8 siung, dicincang halus
  • Serai cukup sebanyak 3 batang, cukup diambil putihnya saja
  • Bonggol lengkuas muda cukup 1 saja, diiris tipis
  • Rimpang jahe sebanyak 2 ruas jari, diiris tipis

Bumbu dan bahan lainnya:

  • Daun salam sebanyak 10 lembar
  • Daun jeruk purut sebanyak 10 lembar
  • Belimbung wuluh sebanyak 20 buah, dipotong
  • Tomat merah sebanyak 3 buah, diiris tipis
  • Sendok makan gula pasir sebanyak 1,5 sendok makan
  • Kaldu instan satu sendok teh dan dua sendok teh garam
  • Daun pisang secukupnya saja, usahakan yang bersih dan lebar
  • Tusuk lidi untuk menyemat daun pisang secukupnya
  • Minyak untuk menumis bumbu secukupnya.

Cara Membuat Garang Asem Kudus

Langkah pertama siapkan sebuah wajan terlebih dahulu, lalu masukan minyak goreng sebanyak 3 sendok makan dan panaskan. Setelah panas tumislah bumbu/bahan yang telah diiris tipis sampai layu. Jika sudah harum, masukan daging ayam kampung tadi, lalu masak sampai bumbu meresap sempurna dan daging ayam berubah warna.

Selanjutnya, tuangkan 500 ml air matang ke dalam panci dan masukan juga bumbu tumisan sekaligus daging ayamnya. Masaklah sampai air tersebut habis atau menyusut. Setelah itu masukan 500 ml air lagi, lalu masak sampai air habis/meresap.

Pastikan pula, daging ayam tadi sudah benar-benar empuk. Selanjutnya tuanglah santan kental ke dalam masakan tersebut, tambahkan gula, kaldu instan dan garam. Masaklah bahan-bahan tersebut sampai meresap sempurna.

Sekarang siapkan daun pisang yang tebal dan lebar, ini bertujuan agar daun pisang nantinya tidak sobek ketika kita kukus. Layukan daun pisang tersebut dengan menggunakan uap panas. Lalu letakan daun salam dan daun jeruk di dasar atau pangkal daun pisang tadi.

Masukan pula potongan tomat, daging ayam, kaldu, dan bahan lainnya. kemudian sematkan lidi pada bagian ujung agar tak mudah sobek. Terakhir, siapkan sebuah kukusan, lalu kukus garang asem tersebut selama kurang lebih 20 menitan. Setelah matang, sajikan kuliner lezat satu ini bersama nasi hangat.

Garang asem akan sangat nikmat apabila kita konsumsi selagi masih hangat, terutama ketika habis diambil dari kukusan. Mengingat aroma daun pisang dan kuah segar dari garang asem, akan membuat selera makan Anda semakin meningkat.

Salah satu langkah paling sulit dalam membuat garang asem kudus di atas adalah ketika membungkusnya. Oleh karena itu, pilihlah daun pisang yang tebal dan juga lebar agar tidak mudah sobek ketika dilipat-lipat.

Jika Anda khawatir kuah yang ada di dalamnya bocor, maka Anda dapat menggunakan dua lapis daun pisang secara sekaligus atau menggunakan lapisan plastik di dalamnya. Jika dirasa masih sulit juga, maka Anda dapat menyajikannya secara langsung di piring tanpa dibungkus daun pisang.

Seperti itulah resep garang asem Kudus yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Langsung saja coba dan ikuti langkah di atas sekarang juga, dan rasakan kesegaran yang ditawarkannya. Selamat mencoba!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *