Bacaterus / Makanan Barat / Resep Galantin Daging Sapi Khas Solo Yang Enak

Resep Galantin Daging Sapi Khas Solo Yang Enak

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Galantin merupakan olahan daging yang telah digiling. Di beberapa daerah, galantin juga biasa disebut sebagai rolade daging. Galantin ini sangat diminati oleh berbagai kalangan, mulai dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa sangat menyukai makanan satu ini.

Galantin, tidak hanya menawarkan rasa yang nikmat saja, tetapi galantin juga mengandung beragam gizi atau nutrisi di dalamnya. Kandungan nutrisi inilah yang sangat baik untuk tubuh, terutama pertumbuhan anak-anak.

Maka dari itu, sebagai seorang ibu ataupun ayah yang baik Anda bisa memberikan makanan lezat bernutrisi ini kepada si kecil agar pertumbuhannya semakin optimal. Galantin ini dapat juga dijadikan sebagai bekal si buah hati ketika pergi ke sekolah.

Untuk mendapatkan galantin sendiri sebenarnya sangat mudah, karena banyak pedagang kaki lima dan warung yang saat ini menjual galantin. Akan tetapi terkadang banyak ibu yang khawatir higienitas daging yang digunakan untuk membuat olahan tersebut.

Nah bagi Anda yang khawatir akan hal tersebut, pada kesempatan kali ini bacaterus.com akan berbagi informasi mengenai cara membuat galantin sendiri di rumah. Dengan membuatnya sendiri di rumah, maka Anda bisa menjaga kualitas olahan tersebut. Sebelum membahas resep galantin tersebut, mari kita simak terlebih dahulu serba-serbi mengenai makanan yang satu ini.

Apa Itu Galantin?

resep galantin

Galantin atau galantine merupakan makanan yang berasal dari Perancis. Konon makanan ini sudah ada semenjak ratusan tahun yang lalu. Proses pengolahannya cukup sulit sehingga saat itu galantin termasuk ke dalam makanan mewah yang hanya disajikan pada acara-acara khusus saja.

Bahan utama pembuatan galantin adalah ikan dan juga berbagai daging ternak seperti sapi, kambing, ayam, babi, bebek, dan lainnya. Di Indonesia sendiri, galantin yang paling populer biasanya dibuat dari bahan daging sapi dan daging ayam.

cara membuat galantin

Meskipun berasal dari Perancis, namun di Indonesia galantin cukup identik dengan kota Solo. Ya, di Solo galantin biasanya dijadikan sebagai hidangan utama di berbagai acara hajatan seperti pernikahan, sunatan, dan acara besar lainnya.

Galantin biasanya disajikan satu piring dengan bahan pelengkapnya seperti wortel, buncis, kentang, dan sayuran lainnya. Dengan berbagai bahan tersebut, satu porsi galantin sudah dapat mencukupi asupan gizi kita. Memakannya juga tidak perlu nasi karena karbohidrat pada kentang dapat memberikan efek kenyang dengan cepat.

Bahan-Bahan Galantin

Untuk membuat resep galantin ini, diperlukan bahan-bahan yang cukup banyak. Bahannya akan kita bagi menjadi bahan utama, bahan saus, dan bahan pelengkap. Nah, berikut adalah bahan-bahan utama yang perlu disiapkan:

  • Daging sapi sebanyak 200 gram, cincang
  • Susu cair cukup dengan 3 sendok makan
  • Telur ayam baru cukup 1 butir saja
  • Tepung roti sekiranya 2 sendok makan
  • Kecap inggris 1 sendok makan
  • Mentega cukup 1 sendok makan
  • Garam, merica, dan gula seperlunya
  • Daun pisang secukupnya
  • Mentega sebanyak 2 sendok makan
  • Telur puyuh sebanyak 12 butir, rebus dan kupas

Bahan untuk saus (campur semuanya):

  • Mentega cukup sekitar 2 sendok makan
  • Bawang bombay (kecil) 1/2 buah, potong-potong
  • Garam, merica, dan gula seperlunya saja
  • Kecap inggris sekitar 1 sendok makan
  • Kaldu 1 gelas + 1 sendok teh tepung maizena
  • Saus tomat cukup sekitar 2 sendok makan
  • Kecap manis sekitar 2 sendok makan

Bahan pelengkap (rebus semuanya):

  • Wortel seperlunya
  • Buncis secukupnya
  • Brokoli sesuai selera
  • Kentang goreng seperlunya saja

Cara Membuat Galantin

Jika semua bahannya sudah siap, mari kita lanjutkan ke proses pembuatannya. Pertama-tama campurkan bahan-bahan utama seperti daging, telur, tepung roti, susu, kecap inggris, garam, merica, mentega, dan gula. Aduk-aduk bahan-bahan tersebut hingga tercampur secara merata. Pastikan pula semua bahan terlarut dan tidak kasar.

Kemudian ambil adonan daging tersebut dan ratakan di atas daun pisang, lalu beri telur puyuh dan gulung-gulung daging tersebut dengan bentuk memanjang seperti lontong. Sekarang kita akan mengkukus daging tersebut, kukus daging selama lebih kurang 15 menit atau sampai empuk dan matang. Keempukan daging sangat penting dalam hal ini.

Apabila daging sudah benar-benar empuk, maka kita akan masuk ke langkah penggorengan. siapkan terlebih dahulu wajan penggorengan dengan mentega secukupnya. Lalu goreng daging tersebut hingga matang dan berubah menjadi kecoklatan.

Terakhir potong-potong daging tersebut setebal jari tangan, dan sajikan bersama dengan saus serta sayuran. Untuk sausnya sendiri Anda hanya tinggal mencampurkan semua bahan di atas secara langsung lalu masukan ke dalam mangkuk kecil.

Silahkan susun sedemikian rupa galantin dan berbagai sayur pelengkapnya tersebut di piring saji agar tampilannya menjadi cantik. Anda dapat memakannya dengan cara mencelupkannya terlebih dahulu ke dalam sausnya.

Jika kentang yang digunakan kurang mengenyangkan, maka Anda juga bisa menggantinya dengan nasi. Selain membeli kentang goreng instan, Anda juga bisa membuat kentang gorengnya sendiri yang renyah dan nikmat seperti yang pernah kami ulas di artikel ini.

Untuk sayurannya, Anda juga dapat menambah atau menguranginya sesuai dengan selera Anda. Anda juga dapat membentuk galantinnya dengan bentuk yang lainnya dengan cara mencetak adonannya di cetakan khusus.

Nah itulah resep galantin daging sapi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Makanan bernutrisi dan lezat ini sangat cocok disajikan saat bersantai bersama dengan keluarga tercinta, ataupun saat-saat hari spesial keluarga tiba. Selamat mencoba dan menikmati!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *