Bacaterus / Resep Masakan Indonesia / Resep Gado-Gado Siram Khas Jawa yang Nikmat

Resep Gado-Gado Siram Khas Jawa yang Nikmat

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Oktober 2019

Siapa yang tak kenal dengan gado-gado? Semua orang sudah pasti tahu makanan khas Indonesia satu ini. Gado-gado merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari tanah Jawa, terutama di daerah Betawi atau Jakarta.

Makanan satu ini dibuat dari sayuran rebus, lalu disiram dengan sambal kacang yang nikmat dan ditambahkan telur agar cita rasanya semakin spesial. Biasanya gado-gado disajikan bersama dengan nasi ataupun lontong.

Sekilas Tentang Gado-Gado

Sekilas gado-gado ini memiliki penampilan yang hampir mirip dengan kuliner seperti Lotek (Jawa Barat), Pecel (Jawa Timur), dan karedok. Namun bedanya, sambal kacang yang digunakan untuk gado-gado tidak memakai kencur seperti layaknya Lotek dan Pecel.

Selain itu tidak seperti Lotek dan Pecel yang hanya menggunakan sayuran saja, gado-gado juga menggunakan tambahan telur, tahu, tempe, dan bahkan lontong. Beragamnya bahan tersebut membuat gado-gado juga banyak diburu untuk sarapan di pagi hari.

Meskipun sampai sekarang belum diketahui dari mana asal usul nama ‘Gado-Gado’, tetapi masyarakat yakin kuliner satu ini berasal dari tanah Jawa dan sekitarnya. Bahkan beberapa orang mengklaim gado-gado berasal dari tanah Betawi. Hal tersebut didasarkan pada penemuan warung makan gado-gado yang sudah berdiri sejak masa penjajahan.

resep gado-gado siram surabaya

Gado-gado memang terdapat banyak di pelosok kota Jakarta. Rasanya yang gurih dengan bumbu kacang khasnya membuat kuliner satu ini menjadi favorit di kalangan masyarakat. Tak heran, gado-gado sekarang ini telah menyebar ke seluruh wilayah di Indonesia.

Menariknya lagi, ada banyak turis asing yang menjadikan gado-gado sebagai carte du juor atau makanan yang wajib dikonsumsi ketika berkunjung ke Indonesia. Hal ini membuktikan jika kuliner Indonesia tidak kalah nikmat dengan kuliner luar negeri.

Meski sekarang ini banyak sekali warung makan yang menyajikan menu kuliner gado-gado, namun setiap orang memiliki warung terfavoritnya sendiri. Apabila Anda ingin menikmati gado-gado dengan rasa yang unik dan berbeda, cobalah untuk datang ke kawasan Boplo (bahasa Belanda ‘Bouw-Ploeg) yang terletak di dekat Stasiun Gondangdia.

cara membuat gado-gado siram

Di sana ada dua tempat makan gado-gado yang cukup populer, yakni ‘Gado-Gado Boplo’ dan ‘Gado-Gado Cemara’. Keistimewaan gado-gado yang ada di Boplo (di Melawai Jakarta Selatan) adalah bumbu kacang tanahnya yang dikombinasikan dengan kacang mede. Sedangkan untuk gado-gado Cemara (berlokasi di Tanah Abang) sendiri memiliki ciri khas sayurannya yang sangat menyegarkan.

Bahan-Bahan Gado-Gado Siram

Bagi Anda yang sulit menemukan menu gado-gado, tidak perlu cemas. Karena pada kesempatan yang baik kali ini kami akan mencoba berbagai resep gado-gado siram bumbu spesial dengan mudah. Sebelum membuatnya, siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang diperlukan antara lain:

  • Ketimun segar cukup dengan 2 buah, dipotong-potong
  • Kol sebanyak 200 gram, diiris kasar dan rebus sebentar
  • Tahu goreng cukup 1 buah, sesuaikan
  • Bawang merah goreng sekiranya 1 sendok makan, sesuaikan selera
  • Tempe sebanyak 200 gram, digoreng
  • Kacang panjang cukup dengan 150 gram, dipotong 2 cm
  • Kerupuk kanji goreng sebanyak 50 gram
  • Taoge sekiranya 75 gram, diseduh
  • Labu siam cukup 1 buah, dikukus

Bahan saus/sambal:

  • Jeruk limau sebanyak 2 buah, diperas airnya
  • Bawang putih cukup dengan 3 siung, digoreng
  • Air asam sekiranya 2 sendok teh (campuran dari 2 sendok makan air dan 1 sendok teh)
  • Garam kurang lebih 1/2 sendok teh
  • Gula merah sisir sebanyak 4 sendok teh
  • Air cukup dengan 125 ml
  • Kacang tanah goreng sebanyak 175 gram
  • Cabai merah rawit sekiranya 5 buah, direbus

Cara Membuat Gado-Gado Siram

Mengolah resep gado-gado siram ini sebenarnya sangat mudah sekali dan bisa dilakukan dalam waktu yang cukup singkat. Langkah pertama Anda bisa membuat sambal atau saus kacangnya terlebih dahulu.

Caranya ulek semua  bahan sambal dengan menggunakan cobek. Kemudian tambahkan air sedikit demi sedikit sampai membentuk adonan sambal kacang. Agar sambal semakin segar dan mantap, jangan lupa tambahkan perasan air jeruk limau dan air asam.

Selanjutnya siapkan piring saji. Lalu tata bahan-bahan dan sayuran yang telah Anda persiapkan sebelumnya. Baik itu kol, tahu, tempe, labu siam, taoge, dan masih banyak lagi. Tata sesuai dengan selera Anda masing-masing.

Jika sudah siram sayuran yang telah tertata tadi dengan menggunakan sambal kacang. Tambahkan kerupuk kanji dan taburi dengan bawang goreng agar semakin nikmat sesuai dengan selera masing-masing. Jangan lupa nikmati gado-gado bersama dengan telur rebus dan lontong supaya lebih spesial. Selamat menikmati!

Gado-gado tidak hanya nikmat dikonsumsi saja, tetapi kuliner satu ini juga diperkaya dengan kandungan gizi di dalamnya khususnya kandungan gizi yang didapatkan dari sayur dan telur. Sayuran yang digunakan sangat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan tubuh, meningkatkan sistem imun, dan mengoptimalkan metabolisme.

Sedangkan telur, terkenal sebagai sumber protein yang cukup tinggi. Kandungan protein pada telur menurut para ahli sangatlah baik untuk mempercepat regenerasi sel, membangun masa otot, memberikan energi, meningkatkan stamina pria, dan masih banyak lagi.

Agar manfaatnya semakin lengkap, Anda dapat menambahkan sayuran atau bahan lain sesuai selera masing-masing. Gado-gado siram ini dapat dinikmati di berbagai waktu, baik untuk sarapan pagi, makan siang, ataupun makan malam.

Itulah sajian informasi mengenai resep gado-gado siram yang merupakan kuliner khas Indonesia tercinta. Resep di atas kami dapatkan dari warung makan ternama di Jakarta, jadi jangan ragu-ragu untuk mencobanya langsung di rumah nanti.

Sekian informasi resep pada kesempatan kali ini, apabila ada yang kurang jelas sampaikan melalui kolom komentar. Semoga artikel di atas bermanfaat dan bisa menjadi sumber referensi menu makan bagi Anda. Selamat mencoba!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *