Bacaterus / Resep Minuman / Resep Es Teler 77 Spesial Dengan Aneka Buah-Buahan

Resep Es Teler 77 Spesial Dengan Aneka Buah-Buahan

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Ketika cuaca sedang panas, pastinya kita menginginkan sebuah minuman yang bisa memuaskan dahaga. Terutama minuman-minuman yang dingin dan ada es di dalamnya. Ada banyak sekali olahan es yang bisa kita konsumsi saat sedang panas.

Salah satu olahan es tersebut adalah es teler. Mendengar namanya saja mungkin sudah terkesan lucu. Akan tetapi percayalah es teler ini mampu memuaskan rasa haus dan dahaga Anda namun tidak akan membuat Anda teler seperti orang mabuk.

Es teler sendiri merupakan jajanan khas Indonesia yang banyak dijual oleh pedagang kaki lima di tepian-tepian jalan. Minuman satu ini berasal dari potongan buah-buahan yang dicampur dengan susu, santan, sirup cocopandan, dan es segar.

Konon, es teler ini sering disebut sebagai koktail buah-nya Indonesia karena isinya didominasi oleh buah-buahan yang segar. Beberapa buah yang sering digunakan untuk es teler di antaranya adalah alpukat, nangka, dan kelapa muda.

Dengan adanya bahan-bahan tersebut, tentunya es teler akan membuat siapa saja tergoda untuk mencobanya. Terlebih es teler ini juga menggunakan tambahan sirup cocopandan sehingga mambuatnya  semakin nikmat dan spesial untuk dikonsumsi saat cuaca panas.

Di indonesia sendiri terdapat salah satu gerai es teler yang cukup terkenal yaitu Es Teler 77. Gerai tersebut sudah berdiri semenjak tahun 1982 dan kini sudah memiliki lebih dari 100 cabang yang tersebar di Indonesia, Singapura, Malaysia, dan Australia.

Untuk mencicipi kenikmatan dari es teler tersebut, Anda bisa membelinya gerai-gerai terdekat. Namun Anda juga tetap dapat merasakan nikmatnya es teler dengan membelinya di pedagang kaki lima karena biasanya mereka menjajakan es yang satu ini di tepian jalan saat siang hari.

Akan tetapi jika Anda ingin membuat es teler sendiri di rumah, maka kali ini bacaterus.com akan mengulas resep es teler 77 yang segar dan spesial. Resep ini bisa Anda coba sendiri di rumah karena langkah-langkah pembuatannya sangatlah mudah.

Bahan-Bahan Es Teler 77

resep es teler 77

Untuk membuat es teler 77 ini, mari kita persiapkan terlebih dahulu bahan-bahannya. Dalam resep kali ini kita akan menggunakan buah alpukat, melon, nangka, dan juga kelapa muda. Anda dapat mengganti atau menambah buah lainnya sesuai dengan keinginan.

  • Kelapa muda serut sebanyak 300 gram
  • Es batu secukupnya
  • Melon 1 buah, kerok dan bentuk bulat
  • Nangka 1 buah, iris tipis-tipis
  • Alpukat 1 buah, kerok dengan bantuan sendok
  • Agar-agar merah 1 bungkus, lalu masak sesuai dengan instruksi yang ada dalam kemasannya kemudian potong kecil-kecil sesuai selera
  • Susu kental manis secukupnya sesuai dengan selera masing-masing
  • Air kelapa muda sebanyak 200 ml
  • Sirup cocopandan dan ice cream sesuai dengan selera

Cara Membuat Es Teler 77

Apabila semua bahan-bahan untuk resep es teler 77 di atas sudah siap, sekarang mari kita mulai membuatnya. Pertama-tama siapkan gelas untuk membuat atau menyajikan es teler ini nantinya. Selain menggunakan gelas, Anda juga bisa menggunakan mangkuk dengan ukuran sedang atau besar. Selanjutnya. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

https://www.youtube.com/watch?v=EY5lZzY1W-0

  1. Masukan semua bahan seperti potongan-potongan buah dan agar-agar (jeli) ke wadah yang telah disiapkan tersebut.
  2. Tata dengan baik dan rapi berbagai bahan tersebut agar tampil lebih manis.
  3. Setelah semua bahan tersebut tertata dengan rapi, masukan serutan es batu ke atasnya.
  4. Selanjutnya tuangkan air kelapa muda ke dalam wadah tersebut..
  5. Langkah selanjutnya, ambil susu kental manis, sirup, dan es cream (bila ada) lalu masukan ke wadah tersebut dengan takaran secukupnya sesuai dengan selera masing-masing.
  6. Apabila semua langkah di atas sudah selesai, Anda bisa menyantap es teler ini selagi masih dingin.

Seperti disinggung di atas, selain menggunakan buah nangka, melon, dan alpukat sebenarnya Anda bisa menggantinya dengan buah lain seperti misalnya mangga, pisang, buah berry, kolang-kaling, dan lain sebagainya sesuai dengan selera atau kesukaan masing-masing.

Agar rasa kelapanya semakin terasa, maka Anda juga dapat menambahkan nata de coco yang bisa Anda buat sendiri dengan mengikuti tutorial ini. Agar lebih lengkap, kopyor sintetis juga bisa Anda buat dengan mengikuti tutorialnya di artikel ini.

Demikian pembahasan singkat mengenai cara membuat es teler segar spesial. Hasil olahan es teler di atas bisa Anda sajikan dalam segala moment penting bersama dengan keluarga, baik saat santai, bermain, memberikan jamuan kepada tamu, dan lain sebagainya.

Es teler juga sangat pas disajikan sebagai menu berbuka puasa. Setelah seharian menahan haus dan dahaga, tentu sangat pas bila kita membayarnya dengan semangkuk es teler yang segar. Namun pastikan Anda tidak memakannya secara berlebihan karena dapat menyebabkan sakit perut.

Jika Anda sudah pandai membuat es teler, maka tidak mustahil Anda juga bisa menjual hasil olahan es teler tersebut dan menjadikannya sebagai sebuah peluang bisnis. Selamat mencoba resep es teler 77 spesial di atas dan semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *