Bacaterus / Resep Minuman / Resep Es Oyen Spesial dan Istimewa Khas Bandung

Resep Es Oyen Spesial dan Istimewa Khas Bandung

Ditulis oleh - Diperbaharui 2 April 2020

Bandung merupakan salah satu kota besar yang terkenal dalam segala bidang, mulai dari bidang industri sampai dengan pariwisatanya yang mendunia. Sehingga hal ini membuat Bandung berpredikat sebagai salah satu kota yang sukses di Indonesia.

Selain unggul dalam hal pariwisata, Bandung juga terbilang memiliki kuliner-kuliner lezat khas Nusantara. Salah satu minuman khas dari Bandung adalah Es Oyen. Mungkin mendengar namanya saja masih cukup asing di telinga kita. Nah berikut penjelasan singkat mengenai Es Oyen.

Apa Itu Es Oyen?

resep es oyem spesial

Es Oyen sebenarnya termasuk ke dalam es campur, hanya saja es satu ini dibuat oleh salah satu rumah makan terkenal dari Bandung, yakni Warung Pak Oyen 18. Tampilannya juga tidak jauh berbeda dengan es campur ataupun es teler yang banyak dijual saat ini.

Berlokasi di Jalan Sukajadi Bandung, rumah makan Pak Oyen tidak pernah sepi dengan pengunjung. Sebenarnya menu disini tidak hanya es Oyen, Anda pun bisa menikmati menu es lain, mulai dari es doger, es teller, es dawet, dan masih banyak lagi.

Pada tahun 1954 Pak Oyen (pemilik warung) pertama kalinya menjual minuman satu ini secara berkeliling menggunakan gerobak. Dari rumah ke rumah beliau menjual minuman segar satu ini sambil berkeliling ke pelosok Kota Bandung.

Hingga pada tahun 1962, es Oyen mulai dikenal luas oleh masyarakat kota Bandung. Kemudian Pak Oyen berencana mendirikan sebuah rumah makan yang mana di dalamnya menyediakan berbagai menu olahan es, termasuk salah satunya adalah es Oyen ini.

Es Oyen tergolong sebagai minuman yang memiliki rasa unik dan khas, berbeda dengan es campur pada umumnya. Minuman satu ini memiliki rasa manis dan segar yang pas. Rasa nikmat tersebut didapatkan dari potongan nangka, alpukat, kolang-kaling, pacar cina, kelapa muda, susu kental manis, es serut, dan masih banyak lagi.

Bagi Anda yang penasaran dengan rasa manis es Oyen ini, maka silahkan langsung saja datang ke Rumah Makan Pak Oyen 18. Tidak perlu khawatir masalah harga, karena Anda bisa mencicipi es ini dengan merogoh kocek sebesar Rp. 8 ribu saja untuk satu porsi.

Sebagai menu utama, Anda bisa minum es tersebut bersama dengan bakso yang cukup nikmat dan gurih. Dengan begitu, rasa pedas dari bakso yang Anda makan bisa langsung dinetralisir oleh manisnya es oyen ini.

Rasa dahaga memang datang kapan saja dan di mana saja. Nah bagi Anda yang kebetulan sekarang sedang haus, Anda tidak perlu datang jauh-jauh ke Bandung hanya untuk membeli minuman satu ini. Karena kali ini bacaterus.com akan membagikan resep es Oyen spesial tersebut untuk Anda.

Bahan-Bahan Es Oyen

Sebelum mengolah resep es oyen tersebut, pertama-tama mari kita siapkan buah-buahan serta bahan lainnya yang akan digunakan dalam proses pembuatannya. Adapun bahan-bahan yang Anda perlukan antara lain:

  • Air putih matang secukupnya
  • Es batu sesuai dengan kebutuhan, serut
  • Buah nangka sebanyak ¼ kg, potong sesuai dengan selera
  • Kelapa muda cukup dengan 1 buah, kerok sesuai dengan selera
  • Kelapa sebanyak ½  buah saja, ambil santannya
  • Alpukat sebanyak 2 buah, kerok sesuai dengan selera
  • Pacar cina cukup dengan 1 bungkus
  • Gula pasir sekiranya ¼ kg
  • Susu kental manis sesuai selera masing-masing.

Cara Membuat Es Oyen Istimewa

Langkah pertama, rebuslah air bersama dengan gula pasir sampai mendidih. Setelah gula larut dan mendidih, masukan santan sedikit demi sedikit sambil diaduk. Pastikan memasak santan menggunakan api kecil sambil diaduk, hal ini bertujuan agar santan tidak pecah-pecah. Sisihkan terlebih dahulu.

Dalam wadah yang berbeda, rebuslah pacar cina yang telah dipersiapkan. Ketika merebus pacar cina gunakan api kecil sampai sedang saja, agar mutiara bisa matang secara merata. Setelah sekiranya sudah matang, sisihkan.

Selanjutnya siapkan sebuah mangkuk saji dan tata buah-buahan dengan rapi pada mangkuk tersebut. Lalu letakan es batu serut pada bagian atasnya, siram buah-buahan dan es batu tersebut dengan pacar cina. Kemudian susul dengan menyiram air santan secara merata.

Sekarang, berikan susu kental manis diatasnya sebagai toping/pelengkap. Anda juga bisa menggunakan pelengkap lain sesuai selera agar lebih nikmat seperti sirup, parutan keju, coklat, dan masih banyak lagi.

Tips Membuat Es Oyen Lebih Nikmat dan Segar

cara membuat es oyen istimewa

Membaca cara membuat es Oyen di atas sekilas memang terlihat cukup mudah sekali, namun jangan salah, ada banyak juga yang gagal dalam membuatnya, sehingga rasa kurang nikmat dan segar. Kegagalan dalam membuat biasanya terjadi pada saat memasak, untuk mengatasinya berikut ada beberapa tips yang bisa Anda coba:

  • Gunakan santan yang masih segar dan berkualitas

Santan memang terlihat cukup sepele dalam resep di atas. Namun sebenarnya santan berperan penting dalam hal rasa. Santan akan memberikan rasa segar sekaligus gurih pada es tersebut. Oleh sebab itu, pilihlah kelapa yang berkualitas baik (tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua).

  • Hindari memanaskan santan terlalu lama

Meskipun Anda menggunakan api kecil ketika merebus santan, tetapi jika hal tersebut dilakukan dalam waktu yang lama juga akan membuat santan menjadi hancur, baik dari segi tekstur ataupun rasanya. Usahakan ketika sudah terlihat mendidih, hentikan pemasakan santan tersebut.

  • Variasikan buah-buahan segar

Selain nangka dan alpukat, Anda juga bisa menambahkan buah-buahan lain kedalam minuman satu ini agar semakin segar. Mulai dari buah nanas, buah strawberry, buah berry, mangga, manggis, dan masih banyak lagi. Sesuaikan dengan selera Anda masing-masing.

Bagaimana, mudah sekali bukan? Nah seperti itulah resep es Oyen khas Bandung yang dapat kami sajikan pada kesempatan kali ini. Selain nikmat diminum saat siang hari yang terik, es oyen juga dapat menjadi pilihan menu berbuka puasa yang menyegarkan bagi Anda. Selamat mencoba!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

2 Responses

  1. Resepnya bikin lidah bergoyang,,,, makasih

    1. Sama-sama. Terima kasih sudah mengunjungi Bacaterus.com. 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *