Bacaterus / Resep Minuman / Resep Es Mambo Kacang Hijau yang Enak dan Lembut

Resep Es Mambo Kacang Hijau yang Enak dan Lembut

Ditulis oleh - Diperbaharui 2 April 2020

Saat siang hari tiba, pastinya kita akan merasa kepanasan, terutama ketika musim kemarau. Untuk mengatasi rasa dahaga akibat kepanasan, solusinya Anda dapat mengonsumsi minuman atau olahan yang dingin seperti es.

Ada banyak sekali es yang bisa kita buat ketika cuaca sedang terik, mulai dari es teler, es doger, es jus, dan masih banyak lagi. Salah satu minuman dingin yang sudah cukup populer sejak dahulu sampai sekarang adalah es mambo.

Apa Itu Es Mambo?

resep es mambo

Es mambo merupakan jenis minuman dingin dan beku yang disajikan dalam sebuah plastik kecil. Orang Jawa menyebut es satu ini dengan “es kucir”. Sebutan tersebut mengacu kepada ujung plastik es ini yang diikat alias dikucir.

Es mambo sebenarnya bukan merupakan olahan kuliner yang baru. Menurut catatan sejarahnya, minuman satu ini sudah ada sejak jaman dahulu kala. Bahkan sejak awal Indonesia mendapatkan kemerdekaannya.

Menjadi minuman yang lawas, tidak membuat es mambo tersingkirkan dari hati masyarakat. Malahan, penggemar dari es satu ini semakin hari semakin bertambah banyak. Penggemarnya sendiri tidak hanya berasal dari anak-anak, tetapi para remaja dan orang tua pun juga menyukai.

Sejak awal kemunculannya, es mambo ini dibuat dari satu rasa saja. Tapi seiring dengan perkembangan jaman, sekarang ini es mambo sudah bisa kita nikmati dalam berbagai varian rasa, mulai dari rasa yoghurt, tape singkong, buah, sirup, nanas, strawberry, rujak, coklat, susu, ketan hitam, kacang merah, durian, dan masih banyak lagi.

Kepopuleran dari es mambo tidak akan pernah terlepas dari peran para pedagang kaki lima. Mengingat jaman dahulu para pedagang kaki lima menjajakan minuman satu ini dengan cara berjualan keliling kampung.

Saat ini pun sebenarnya es mambo masih dijajakan oleh pedagang kaki lima, namun sekarang untuk menemukannya cukup sulit, terutama di daerah perkotaan. Hal ini tidak lain karena maraknya minuman es yang lebih modern seperti es krim dan sejenisnya.

Meskipun sekarang sangat sulit menemukan es mambo, tapi Anda tidak usah cemas. Karena pada kesempatan kali ini bacaterus.com akan berbagi informasi seputar cara membuat es mambo yang enak dan juga lembut di lidah.

Bahan-Bahan Es Mambo Kacang Ijo

Seperti disinggung di atas, es mambo itu ada banyak sekali varian rasa, namun kali ini kami akan mencoba berbagi resep es mambo dengan rasa kacang ijo. Sebab selain menyegarkan, minuman ini juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan Anda. Adapun bahan-bahan yang harus dipersiapkan terlebih dahulu antara lain:

  • Kacang hijau sebanyak 50 gr, rendam semalam dalam air, tiriskan
  • Air cukup dengan 300 ml, untuk merebus
  • Garam sekiranya 1/2 sdt
  • Daun pandan cukup dengan 1 lbr
  • Jahe berukuran 2 cm, memarkan
  • Gula pasir sebanyak 250 gr
  • Santan sekiranya 500 ml dari 1/2 btr kelapa (bisa juga susu cair)
  • Tepung kanji sekitar 2 sdm, larutkan dalam sedikit air
  • Plastik es sebanyak 12 kantong ukuran panjang atau 25 ukuran pendek

Cara Membuat Es Mambo Kacang Hijau

Sekarang mari kita mulai mengolah resep es mambo ini. Langkah pertama siapkan sebuah wadah untuk mencampur bahan-bahan. Kemudian masukan kacang ijo yang telah direndam semalam ke dalamnya, lalu campurkan juga air, garam, daun pandan, jahe, dan gula secara merata.

Agar dapat tercampur secara merata, Anda bisa mengaduk bahan-bahan tersebut. Setelah tercampur secara merata, tuang campuran tersebut ke dalam sebuah panci rebus. Masak bahan-bahan tadi sampai menyusut dan airnya tinggal sedikit, sisihkan terlebih dahulu.

Selanjutnya masak santan atau susu cair bersama dengan larutan kanji. Usahakan ketika memasak menggunakan api sedang dan diaduk terus. Hal ini berguna agar tekstur santan tidak pecah-pecah nantinya. Jika sudah mendidih, diamkan sampai dingin.

Apabila telah dingin, campurkan antara bubur kacang ijo tadi bersama dengan larutan santan/susu secara merata. Anda bisa mengaduknya sampai semua bahan dapat tercampur. Sekarang, siapkan kantong plastik es. Kemudian masukan campuran tadi secara merata ke dalam setiap plastik es.

Setelah selesai, kucir atau ikat pada bagian ujung plastik es tersebut. Tata plastik-plastik berisi es tadi secara rapi di dalam freezer atau lemari pendingin dan tunggu hingga es membeku. Jika sudah membeku maka es mambo sudah bisa diambil dan disajikan.

Manfaat Konsumsi Es Mambo Kacang Ijo

cara membuat es mambo enak

Es mambo kacang hijau tidak hanya segar dikonsumsi saat cuaca panas saja, tetapi minuman satu ini ternyata juga cukup berkhasiat besar untuk kesehatan tubuh kita. Manfaat tersebut dapat kita peroleh dari kandungan nutrisi kacang ijo, adapun manfaat kacang hijau antara lain:

  • Kaya serat

Dalam kacang hijau mengandung 9 % serat per 100 gram RDA. Konsumsi kacang ijo sangatlah baik untuk melancarkan sistem pencernaan tubuh, mencegah kanker usus, dan bahkan membuat tubuh tetap langsing.

  • Sumber vitamin A

Seperti kita ketahui bersama, vitamin A merupakan nutrisi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Menurut para ahli, jenis vitamin satu ini mampu mencegah degenerasi makula. Sehingga baik untuk mencegah rabun dekat ataupun rabun jauh.

  • Sumber mineral alami

Mineral alami atau mineral essensial sangatlah diperlukan oleh anak-anak dalam proses pertumbuhan. Kandungan mineral tersebut akan membantu pertumbuhan anak-anak, terutama pertumbuhan tulang dan gigi. Adapun kandungan mineral dalam kacang hijau antara lain seperti kalsium, fosfor, magnesium, folat, dan masih banyak lagi.

  • Rendah kalori

Bagi Anda yang tidak ingin gemuk, diet dengan konsumsi es mambo kacang ijo bisa menjadi pilihan tepat. Sebab kacang hijau sendiri tidak mengandung kalori yang tinggi, sehingga tidak akan membuat berat badan Anda naik. Malahan, kandungan serat akan membantu kita mengikat lemak dalam tubuh.

Itulah sajian informasi singkat seputar resep es mambo yang enak dan juga lembut. Tidak hanya menggunakan kacang hijau, Anda juga bisa menambah atau mengkombinasikannya dengan buah dan bahan-bahan lainnya. Selamat mencoba!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *