Bacaterus / Resep Minuman / Resep Es Doger Sederhana Khas Bandung

Resep Es Doger Sederhana Khas Bandung

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Es doger merupakan minuman yang sudah sangat populer di Indonesia. Minuman ini terbuat dari sirup dan susu yang dicampur dengan tape dan santan, serta tidak lupa serutan es yang sangat menyegarkan lidah dan kerongkongan.

Es doger sendiri merupakan yang banyak ditemui di kota Bandung. Namun meskipun populer di Bandung, namun banyak yang menyebut jika minuman yang satu ini sebenarnya berasal dari kota yang berada di ujung timur Jawa barat yakni Cirebon.

Sama halnya seperti makanan di daerah Sunda lainnya, penamaan es doger ini juga berasal dari gabungan dua kata yakni dorong gerobak. Hal tersebut merujuk pada penjual es doger yang selalu berkeling menjajakan jualannya sambil mendorong gerobak.

Pada awalnya, es doger hanya dibuat dari parutan es yang dicampur dengan susu, parutan kelapa, serta tape Bandung alias peuyeum. Namun seiring dengan berjalannya waktu, bahan-bahan yang dicampurkan ke dalamnya semakin bervariasi seperti tape ketan hitam, alpukat, cicau, pacar cina, dan masih banyak lagi.

Untuk bisa menemukan es doger sangatlah mudah sekali, pasalnya banyak pedagang kaki lima di tepian jalan yang menjual minuman menyegarkan satu ini. Terutama saat-saat musim panas telah tiba, banyak sekali pedagang yang menjual es ini. Tidak hanya hari-hari biasa saja, mengonsumsi es doger untuk berbuka puasa juga merupakan kenikmatan tersendiri.

cara membuat es doger

Nah bagi Anda yang ingin menikmati kelezatan es satu ini, Anda tidak perlu membelinya lagi karena pada kesempatan kali ini, bacaterus.com akan mencoba berbagi cara membuat es doger yang segar. Langsung saja untuk mengetahuinya, simak panduan resep es doger berikut ini.

Bahan-Bahan Es Doger

Sebelum mengolah resep es doger, mari kita siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang dibutuhkan. Bahan-bahannya ini terbagi menjadi dua macam, yakni bahan utama dan bahan pelengkapnya. Berikut adalah bahan utama yang harus disiapkan:

  • Es serut sebanyak 1 kg, diserut hingga agak halus
  • Gula pasir sebanyak 200 gram (usahakan yang halus)
  • Santan kental sebanyak 150 ml
  • Kelapa muda sebanyak 300 gram, serut

Bahan pelengkap:

  • Tape singkong (peuyeum) sebanyak 100 gram, potong kecil kecil
  • Ketan hitam sekiranya 100 gram, kukus
  • Pacar cina sebanyak 50 gram, direbus matang
  • Sirup warna merah sesuai selera
  • Susu kental manis seperlunya saja.

Cara Membuat Es Doger

resep es doger

Apabila semua bahan yang dibutuhkan sudah siap, mari kita langsung membuatnya. Langkah pertama masak terlebih dahulu gula pasir, santan kelapa, kelapa muda, dan garam sedikit dalam sebuah panci rebus. Pastikah semua bahan-bahan tersebut mengental dan terlarut secara sempurna.

Jika sudah mengental, campurkan bahan tersebut dengan es serut dalam sebuah wadah. Masukan wadah tersebut dalam sebuah lemari pendingin atau kulkas sampai membeku cairannya. Pastikan sebelum memasukan ke lemari pendingin, aduk-aduk cairan dan es serut tersebut hingga merata agar tidak mengumpal pada satu bagian saja.

Selanjutnya siapkan sebuah gelas saji yang akan digunakan untuk menyajikan es doger ini nantinya. Dalam gelas tersebut tata bahan-bahan seperti tape, ketan hitam, dan pacar cina secara rapi. Selanjutnya masukan es doger dingin tersebut dalam wadah saji yang telah terdapat tape tersebut.

Jika es dogernya mengeras, maka Anda dapat mengocoknya terlebih dahulu sebelum menuangkannya ke gelas saji. Pastikan es doger ini tercampur merata ke seluruh gelas saji yang Anda persiapkan. Silahkan taburkan kembali bahan-bahan pelengkapnya ke atas es doger ini.

Kini es doger siap untuk disantap. Sajikan es doger saat bersantai bersama keluarga tercinta. Sangat disarankan untuk segara meminum es doger ini sebelum es serutnya mencair. Pasalnya jika sudah mencair, maka rasanya sudah tidak mantap lagi.

Meminumnya di saat udara panas terik juga akan menambah kenikmatannya. Di saat bulan puasa, minuman ini juga bisa dijadikan sebagai menu buka puasa yang sangat menyegarkan. Haus dan dahaga yang Anda rasakan dijamin akan langsung hilang dengan es doger ini.

Tips Agar Es Doger Semakin Nikmat

Resep di atas akan menghasilkan es doger yang semakin nikmat apabila Anda pandai dan bisa mengkreasikan bahan-bahan pelengkap nya. Dalam contoh di atas kita hanya menggunakan bahan sederhana berupa susu, sirup, tape, ketan, dan pacar cina.

Nah, Anda bisa mengganti bahan-bahan tersebut sesuai selera dan kreasi sendiri, seperti mengganti dengan buah-buahan segar, jelly, dan berbagai bahan-bahan lainnya. Dengan begitu, kenikmatan mengonsumsi es doger akan semakin bervariasi.

Selain itu Anda juga dapat memperbanyak tape ketan hitam yang dijadikan campurannya. Agar hemat, Anda bisa membuat sendiri tape ketan hitam tersebut di rumah. Silahkan simak artikel ini untuk langkah-langkah pembuatannya.

Selain memberikan kenikmatan dan kesegaran, es doger ini juga mengandung nilai gizi yang sangat tinggi. Kandungan gizi tersebut didapatkan dari bahan-bahan yang digunakan seperti susu, kelapa, dan juga tape. Oleh sebab itu, minuman ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Itulah sajian informasi seputar resep es doger sederhana khas yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Resep tersebut sangat mudah untuk diikuti, tanpa memerlukan keahlian atau skill khusus sehingga Anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

Maka dari itu ikuti setiap langkah di atas secara teliti dan benar agar menghasilkan es doger yang nikmat dan segar. Selamat mencoba dan selamat menikmati!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *