Bacaterus / Masakan Sunda / Resep Empal Gepuk yang Enak dan Empuk Khas Sunda

Resep Empal Gepuk yang Enak dan Empuk Khas Sunda

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Sunda sangat terkenal dengan olahan kuliner lezatnya. Ada banyak sekali olahan kuliner khas Sunda yang bisa kita cicipi kelezatannya. Salah satu kuliner khas Sunda yang sudah sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia adalah empal gepuk.

Mungkin mendengar empal gepuk bagi sebagian besar dari kita merasa asing, akan tetapi sebenarnya empal gepuk ini sudah sangat populer di Indonesia, terutama di kalangan orang-orang Sunda atau yang tinggal di sekitar Jawa Barat, termasuk Bandung.

Apa Itu Empal Gepuk?

resep empal gepuk

Empal gepuk merupakan kuliner yang terbuat dari daging sapi. Kuliner ini memiliki rasa  manis dan gurih yang sangat nikmat. Selain itu rasa dagingnya juga sangat enak, mengingat daging sapi yang digunakan sendiri merupakan daging pilihan atau terbaik.

Salah satu ciri khas dari empal gepuk ini adalah daging sapinya yang sangat empuk. Tekstur empuk tersebut didapatkan karena proses perebusan serta penumbukan pada dagingnya. Proses penumbukannya tersebut mirip seperti proses pembuatan abon sapi.

Di dalam Bahasa Sunda, proses pemukulan selama berkali-kali tersebut dikenal dengan istilah digepuk. Maka dari itu, makanan ini kemudian disebut sebagai empal gepuk di mana empal sendiri merujuk kepada daging sapi.

Meskipun bentuk dan rasanya sama, namun penyebutan makanan ini memiliki perbedaan di beberapa daerah Jawa barat. Ada yang menyebutnya sebagai empal gepuk, namun ada juga yang menyebutnya sebagai empal atau gepuk saja.

Empal gepuk juga memiliki kemiripan nama dengan kuliner lain yang berasal dari daerah Cirebon yakni empal gentong. Keduanya memang dibuat dari daging sapi, namun empal gentong memiliki kuah dan lebih mirip dengan gulai.

Empal gepuk ini sangat mudah ditemukan di daerah Jawa Barat atau di rumah makan khas Sunda. Namun jika di sekitar rumah Anda tidak ada yang menjualnya, maka Anda juga dapat mencoba untuk membuatnya sendiri di rumah.

Untuk membuatnya sendiri sebenarnya sangatlah mudah sekali, yang perlu diperhatikan adalah takaran bumbu dan kulitas daging. Nah bagi Anda yang ingin mencoba membuatnya, berikut bacaterus.com akan memberikan panduan resep empal gepuk khas Sunda yang dapat Anda coba praktekan langsung.

Bahan Empal Gepuk

cara membuat empal gepuk

Sama seperti masakan khas Sunda lainnya, bahan untuk resep empal gepuk ini didominasi dengan rempah-rempah yang akan membuat aroma dan rasanya sangat nikmat. Berikut adalah bahan-bahan utama yang harus Anda siapkan:

  • Daging sapi segar cukup sebanyak 1/2 kg
  • Santan kelapa sekiranya 700 ml
  • Daun salam sekitar 2-3 lembar
  • Asam jawa cukup 1 sendok teh, plus 50 ml air
  • Minyak goreng secukupnya saja

Bumbu empal gepuk:

  • Bawang merah sebanyak 10 buah
  • Bawang putih cukup dengan 3 siung
  • Ketumbar sebanyak 2 sendok teh
  • Lengkuas berukuran 2 cm
  • Gula merah sebanyak 2 sendok teh
  • Garam sebanyak 1 1/2 sendok teh
  • Serai cukup 1 batang saja

Cara Membuat Empal Gepuk

Jika bahan-bahan yang dibutuhkan untuk proses pembuatannya sudah terkumpul, sekarang mari kita mulai mengolahnya. Pertama-tama resbuslah daging sapi hingga benar-benar empuk. Semakin empuk daging tersebut maka akan semakin nikmat empal gepuk nantinya.

Selanjutnya apabila sudah sempuk, potong-potong (kerat) daging sapi tersebut dengan ketebalan mencapai sekitar 1 cm. Potonglah dengan mengikuti alur serah dagingnya, lalu pukul-pukul potongan daging tersebut hingga gepeng (pipih). Agar daging yang sudah pipih tersebut mudah diolah, Anda dapat menusuknya dengan lidi agar menjadi lurus dan tidak menggulung.

Setelah itu didihkan air santan kelapa bersama dengan bumbu halusan, daun salam, dan asam jawa sambil terus diaduk-aduk agar santan kelapa tidak menjadi pecah. Sekarang masukan daging sapi yang telah pilih tersebut dalam air didihan santan, dan tunggu hingga mengental atau kering. Pastikan dalam hal ini Anda memasak dengan api sedang hingga kecil

Siapkan wajan penggorengan dan minyak secukupnya. Kemudian ambil daging sapi tersebut dan goreng hingga berubah warna menjadi agar hitam-hitam coklat. Apabila ingin rasa lebih gurih, Anda bisa menggoreng daging tersebut lebih garing lagi.

Kini empal gepuk khas Sunda siap disantap. Sajikan empal gepuk tersebut bersama dengan taburan bawang goreng yang renyah di atasnya. Jangan lupa pula untuk menyiapkan sambal khas Sunda karena gepuk tidak akan nikmat jika dimakan tanpa sambal yang pedas.

Empal gepuk ini juga akan semakin lengkap nikmatnya jika disajikan dengan nasi liwet khas Sunda. Membuat nasi liwet sendiri tidaklah sulit karena Anda dapat mengikuti langkah-langkah pembuatan nasi liwet yang telah kami ulas di artikel ini.

Jika Anda ingin menjadikan empal gepuk ini sebagai persediaan makanan, maka Anda bisa menyimpan gepuk yang belum di goreng ke dalam kulkas. Pastikan Anda membungkusnya dengan plastik yang tertutup rapat.

Itulah sajian informasi mengenai cara membuat empal gepuk khas Sunda yang sangat nikmat dan lezat. Ikuti langkah-langkah di atas secara teliti dan urut, karena jika tidak akan menyebabkan rasa empal gepuk nantinya kurang maksimal.

Kuliner yang satu ini tidak hanya nikmat untuk disantap saja, tetapi empal gepuk juga memiliki kandungan gizi yang sangat berguna untuk manusia, terutama kandungan proteinnya. Setidaknya kandungan protein pada olahan yang satu ini sebesar 27.5 gram.

Sekian sajian informasi pada kesempatan kali ini. semoga dapat selalu bermanfaat dan menjadi sumber referensi terpercaya bagi Anda, terutama bagi Anda yang memang sedang mencari resep empal gepuk khas Sunda tersebut.

Oh iya, jika Anda punya tips atau resep gepuk daging sapi kelapa, gepuk daging sapi serundeng, atau bahkan resep gepuk daging sapi ala nyonya yong, bisa bagikan di kolom komentar, ya! Dan, selain empal gepuk, kami juga punya beberapa resep menarik, salah satunya adalah Resep Bistik Daging Sapi Khas Jawa. Yuk, cobain resepnya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *