Bacaterus / Resep Kue / Resep Egg Tart atau Kue Pie Susu Asli Bali Yang Enak

Resep Egg Tart atau Kue Pie Susu Asli Bali Yang Enak

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Egg tart merupakan makanan sejenis tart pastry yang dikombinasikan dengan custard. Custard-nya biasanya terbuat dari campuran susu, krim, gula, dan kuning telur. Maka dari itu, makanan ini juga sering disebut sebagai egg custard.

Egg tart ini merupakan makanan yang cukup populer di Hong Kong. Karena rasanya yang lezat, makanan ini kemudian menjadi populer juga di beberapa negara Asia termasuk Indonesia. Di Indonesia, egg tart terkenal di wilayah Bali dan sering disebut sebagai kue pie susu bali.

Konon, egg tart merupakan salah satu 50 makanan terlezat di dunia pada tahun 2011 versi CNN Go. Menurut sejarahnya, makanan ini pertama kali muncul di Hong Kong pada tahun 1940-an. Pada saat itu, makanan ini banyak dijual di kedai-kedai teh yang cukup menjamur ketika itu.

Beberapa saat kemudian egg tart juga mulai masuk ke café dan bakery ala barat. Masuknya egg tart ini bertujuan agar café dan bakery mereka bisa bersaing dengan dim sum yang saat itu sangat populer dan lebih digemari di Hong Kong.

Pada tahun 1950an, ekonomi Hong Kong mengalami kemajuan pesat sehingga daya beli masyarakat cukup tinggi. Pada saat itu, salah satu kedai teh yang cukup ternama adalah kedai milik Lu Yu yang terkenal dengan egg tart mini buatannya.

Seiring dengan berjalannya waktu, egg tart mini juga mulai diperjualbelikan di dim sum. Menariknya, egg tart mini yang dijual di dimsum ternyata memiliki rasa lebih enak sehingga sekarang orang-orang lebih suka membelinya di dim sum daripada di bakery.

Nah kali ini bacaterus.com akan mengulas resep egg tart mini yang populer dan nikmat tersebut. Di Indonesia sendiri makanan ini lebih populer dengan sebutan pie susu bali. Bagaimanakah cara membuatnya? Berikut langkah-langkahnya.

Bahan-Bahan Egg Tart

Resep egg tart yang akan kita buat ini terdiri dari dua komponen yang berbeda, yakni kulit pie dan isiannya. Maka dari itu, kita harus menyiapkan terlebih dahulu bahan-bahan untuk membuat keduanya, yakni:

Bahan kulit tart:

  • 125 gram mentega
  • 60 gram gula bubuk
  • 1 butir kuning telur
  • ½ butir putih telur
  • 1 sdt ekstrak vanilla
  • 210 gram tepung terigu

Bahan isian (custard):

  • 3 butir telur
  • 160 gram gula bubuk
  • 280 gram susu cair
  • 1 sdt ekstrak vanila
  • 1 sdt ekstrak rum

Cara Membuat Kulit Pie

resep egg tart kue pie susu

Bahan pertama yang akan kita buat adalah kulitnya. Kulitnya ini berfungsi sebagai tatakan dari isian yang akan kita buat nantinya. Berikut langkah-langkah untuk membuat kulit pie ini:

  1. Masukan mentega dan gula bubuk ke dalam wadah lalu aduk-aduk hingga semuanya tercampur dengan merata.
  2. Tambahkan kuning telur, putih telur, dan ekstrak vanilla lalu aduk-aduk kembali dengan cepat hingga merata.
  3. Tambahkan tepung terigu ke dalam campuran tersebut lalu aduk kembali hingga menjadi adonan yang halus.
  4. Tuangkan adonan tersebut ke atas plastik wrap lalu bentuk menjadi bulat dan pipihkan.
  5. Bungkus adonan tersebut dengan plastik wrap lalu simpan di dalam lemari es selama 30 menit hingga agak mengeras.
  6. Selanjutnya masukan adonan tersebut cetakan pie yang kecil-kecil hingga habis. Tekan-tekan adonan di dalam cetakan tersebut hingga menjadi tipis.

Cara Membuat Egg Tart

Setelah kulitnya siap, sekarang saatnya kita membuas isiannya. Pertama-tama silahkan masukan telur dan gula bubuk ke dalam wadah lalu aduk-aduk hingga tercampur merata. Selanjutnya masukan susu cair dan ekstrak vanila lalu aduk kembali hingga rata.

Setelah merata, silahkan saring adonan tersebut agar tidak ada ampas yang tersisa karena ampas tersebut dapat merusak rasanya. Selanjutnya diamkan selama kurang lebih 90 menit hingga gelembung udara yang ada di dalamnya menghilang. Setelah itu, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Tuangkan isian pie ke atas kulit hingga hampir menyentuh tepian kulitnya.
  2. Panggang pie di dalam oven selama 45 menit dengan suhu 175 derajat celcius atau sesuaikan dengan oven masing-masing.
  3. Jika warnanya sudah mulai menguning dan isinya sudah agak mengeras, maka egg tart tersebut sudah matang dan siap untuk disajikan.
  4. Ingat, jangan memanggang hingga isinya mengembung bahkan pecah karena tampilannya menjadi keriput dan tidak mulus ketika sudah dingin.

Nah itulah langkah-langkah cara membuat resep egg tart yang praktis dan juga lezat. Egg tart tersebut dapat dijadikan cemilan untuk menemani waktu luang Anda. Egg tart juga dapat dinikmati bersama dengan susu, kopi, teh, wedang jahe, dan lainnya.

Agar rasanya menjadi semakin bervariasi, Anda dapat menambah egg tart ini dengan berbagai topping seperti keju, stroberi, coklat, dan lainnya. Silahkan kreasikan semuanya sesuai dengan yang Anda inginkan. Selamat mencoba!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *