Bacaterus / Resep Kue Kering / Resep Egg Roll Renyah ala Serena Monde yang Lezat

Resep Egg Roll Renyah ala Serena Monde yang Lezat

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Egg roll merupakan salah satu jajanan khas Nusantara yang memiliki banyak sekali penggemar. Penggemar dari kue kering satu ini terdiri mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Kue ini biasanya banyak dijajakan pada saat hari lebaran tiba.

Kue egg roll memiliki tekstur yang lembut dan renyah sehingga sangat diminati oleh kalangan masyarakat Indonesia. Untuk bisa menikmati jajanan tersebut sebenarnya sangatlah mudah, karena hampir disetiap toko roti atau kue pasti menjual jajanan yang satu ini.

Akan tetapi apabila Anda ingin memasak dan berkreasi sendiri di rumah, berikut ini bacaterus.com akan menyajikan resep egg roll renyah dan spesial yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Namun sebelumnya, mari kita berkenalan terlebih dahulu dengan kue yang satu ini.

Apa Itu Kue Egg Roll?

resep egg roll serena monde

Egg roll merupakan kue kering yang berbentuk bulan memanjang seperti sebuah cerutu. Kue ini berasal dari negeri Tiongkok dan bisanya dibuat dengan bahan-bahan seperti terigu, mentega, gula, dan tentu saja telur ayam.

Terdapat banyak nama yang merujuk kepada kue yang sangat renyah ini, mulai dari biscuit roll, cookie roll, hingga crispy roll. Selain itu ada juga yang menyebutnya sebagai love letter karena bentuknya seperti gulungan surat cinta pada jaman dahulu kala.

Di negara Filipina, egg roll terkenal dengan nama barquillos dan banyak dijual di toko suvenir dan oleh-oleh. Sedangkan di Spanyol, masyarakat juga menyebut kue ini sebagai barquillos namun dipadukan dengan chulapo.

Sekilas melihat kue egg roll kita akan mengira bahwa itu kue sepit atau semprong. Memang tampilan ketiga kue kering ini hampir sama persis, tetapi sebenarnya cara membuat dan bahan yang digunakan oleh masing-masing kue tersebut sangatlah berbeda.

Bahan yang digunakan untuk kue egg roll ini menggunakan telur yang lebih banyak atau dominan. Sedangkan untuk kue sepit dan semprong biasanya lebih dominan sagu dan untuk semprong biasanya lebih banyak menggunakan kelapa.

Egg roll yang kita bahan di sini juga bukanlah makanan dengan nama serupa yang populer di negara-negara Barat. Pasalnya, egg roll di negara barat merupakan sejenis telur dadar yang digulung dengan berbagai isi daging dan sayuran di dalamnya.

Di Indonesia saat ini sudah terdapat banyak varian kue egg roll yang dijual, seperti egg roll keju dan egg roll wijen. Selain itu, ada juga yang membuat egg roll ini dengan waluh atau dengan ubi ungu sehingga rasa dan tampilannya menjadi lebih menarik.

Bahan-Bahan Egg Roll

cara membuat egg roll renyah

Setelah mengetahui asal usul dari kue kering yang satu ini, sekarang mari kita mulai mengumpulkan bahan-bahan untuk membuatnya. Bahan=bahan untuk resep egg roll ini dapat Anda dapatkan dengan mudah di toko bahan kue yakni:

  • Cake emulsifier sekitar 1 sendok teh;
  • Gula pasir halus cukup sebanyak 150 gram;
  • Telur ayam baru sekitar 4 butir;
  • Tepung terigu sekiranya 150 gram;
  • Tepung sagu sekitar 2 sendok makan;
  • Susu bubuk cukup dengan 1 sendok makan;
  • Baking powder kira-kira 1 sendok teh;
  • Margarin cair sebanyak 100 gram.

Cara Membuat Egg Roll

Apabila semua bahan telah siap, mari kita langsung mengolahnya. Pertama campurkan antara cake emulsifier, gula pasir halus, dan telur ayam dalam sebuah wadah kosong. Agar semua bahan tersebut dapat tercampur secara merata, gunakan saja bantuan alat mixer untuk mengaduknya.

Selain tercampur secara merata, pastikan pula bahan-bahan tersebut juga telah mengembang sempurna. Selanjutnya tambahkan tepung terigu, tepung sagu, susu bubuk, margarin cair, dan baking powder ke dalamnya. Sambil memasukan bahan-bahan tersebut, berikan adukan-adukan sedikit agar tercampur sempurna.

Kini kita tinggal memanggang adonan tersebut. Caranya siapkan cetakan egg roll terlebih dahulu, kemudian ambilah 1 sendok makan adonan dan masukan ke atas cetakan tersebut. Tunggulah sampai adonan menjadi matang sekitar 5 menitan.

Selagi adonan egg roll tersebut masih hangat gunakan lidi untuk menggulung, karena apabila adonan tersebut sudah dingin akan sangat sulit sekali untuk digulung. Silahkan sesuaikan ukuran gulungannya sesuai dengan keinginan Anda.

Terakhir, ambil gulungan egg roll yang sudah dibentuk tersebut dan simpan dalam sebuah toples yang kedap udara atau rapat. Hal ini dimaksudkan agar egg roll nantinya tetap renyah ketika dihidangkan atau dikonsumsi.

Untuk meningkatkan cita rasa dan kerenyahan kue kering tersebut, kami sarankan untuk memasukannya ke dalam sebuah lemari pendingin atau freezer. Hal ini bertujuan agar tekstur egg roll semakin renyah dan kremesnya lebih terasa.

Silahkan sajikan egg roll ini pada saat hari raya agar momen silaturahmi bersama keluarga dapat terasa lebih meriah. Kue egg roll ini juga sangat cocok untuk disajikan di acara hajatan, arisan, atau acara-acara penting lainnya.

Egg roll dapat dimakan secara langsung seperti halnya kue kering yang lainnya. Namun Anda juga dapat meningkatkan kenikmatan camilan satu ini dengan cara mengonsumsinya bersama es cream dingin atau bersama dengan banana split.

Itulah sajian informasi singkat seputar resep egg roll renyah dan spesial yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Dengan mengikuti langkah-langkah diatas secara urut dan teliti, maka kue egg roll ini nantikan akan menjadi camilan yang sangat lezat dan tidak kalah dengan egg roll Serena dan Monde. Selamat mencoba!

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *