Bacaterus / Resep Coklat / Cara Membuat Resep Eclair Coklat yang Enak

Cara Membuat Resep Eclair Coklat yang Enak

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Camilan di Indonesia ada banyak sekali jenisnya, mulai dari kue lokal hingga cake internasional semuanya terdapat di tengah-tengah masyarakat. Banyaknya varian camilan tersebut tentunya akan memanjakan lidah orang Indonesia sehingga membuat pecintanya semakin banyak.

Salah satu camilan internasional yang memiliki penggemar cukup banyak adalah eclair. Meskipun masih terdengar asing, namun makanan yang satu ini mulai mendapatkan popularitas di kalangan masyarakat Indonesia beberapa waktu belakangan ini.

Mengenal Eclair

Apa itu eclair? Mungkin sekilas namanya sangat asing di telinga sebagian besar dari kita, tetapi sebenarnya kue satu ini sudah cukup populer di Indonesia. Bentuknya sendiri hampir mirip dengan kue sus, hanya saja bentuk umumnya lebih panjang dan berisi filling yang creamy.

Éclair sendiri pertama kali muncul di Perancis pada abad ke-19 dengan sebutan “pain à la duchesse” atau “petite duchesse”. Konon, makanan ini dibuat oleh seorang chef terkenal di Perancis pada masa itu yakni Antonin Carême.

Memasuki abad ke-20, makanan ini semakin populer dan kemudian masyarakat lebih suka menyebutnya dengan istilah “éclair”. Éclair sendiri memiliki arti sebagai “kilatan petir”, dan kue ini dinamakan éclair karena biasanya dimakan secara singkat secepat kilat.

cara membuat eclair

Di negara-negara Eropa dan Amerika, makanan ini menjadi salah satu hidangan dessert atau makanan penutup yang cukup populer. Saking populernya, Google juga menjadikan makanan ini sebagai nama dari salah satu versi sistem operasi Androidnya.

Hingga sekarang kue eclair tersebut ada banyak sekali jenisnya. Biasanya yang membedakan antara satu jenis dengan jenis yang lain adalah pada bagian toping. Penggunaan toping atau hiasan atas ini bisa disesuaikan dengan selera masing-masing, ada yang menggunakan coklat, keju, kopi, selai, dan masih banyak lagi.

Untuk bisa mencicipi eclair kita bisa datang langsung ke toko roti dan kue, namun tidak semua toko roti dan kue menjual camilan satu ini. Nah bagi Anda yang kebetulan belum merasakan kue satu ini, kali ini bacaterus.com akan mengulas resep éclair coklat yang bisa Anda coba sendiri di rumah.

Bahan-Bahan Éclair Coklat

resep eclair coklat

Meskipun berasal dari Eropa, namun bahan-bahan untuk membuat resep éclair ini cukup mudah didapat di toko bahan kue atau supermarket terdekat. Berikut adalah bahan-bahan utama yang harus Anda persiapkan:

  • Margarin sebanyak 100 gram
  • Air matang sebanyak 175 ml
  • Garam cukup dengan 1/2 sendok teh
  • Tepung terigu sebanyak 125 gram (protein sedang)
  • Telur ayam 4 butir, kocok lepas

Bahan isi eclair:

  • Susu cair sekiranya 450 ml
  • Gula pasir sebanyak 200 gram, haluskan
  • Garam cukup dengan 1/2 sendok teh
  • Maizena sebanyak 60 gram, larutkan dalam 75 ml air
  • Kuning telur 1 butir saja, dikocok lepas
  • Pasta cokelat sebanyak 1/4 sendok teh
  • Margarin cukup dengan 1 sendok teh

Bahan-bahan pencelup:

  • Cokelat masak pekat sebanyak 150 gram, dilelehkan
  • Cokelat masak putih sekitar 25 gram, dilelehkan

Cara Membuat Eclair

Apabila semua bahan yang dibutuhkan sudah siap, sekarang kita dapat mulai membuatnya. Pertama kita bisa membuat adonan eclair tersebut. Caranya campurkan antara air, margarin, dan garam dalam sebuah panci rebus. Rebuslah bahan-bahan tersebut hingga mendidih secara sempurna. Matikan api dan angkat.

Ke dalam campuran tadi masukan tepung terigu dikit demi sedikit dan nyalakan api kecil hingga adonan tercampur merata serta kalis. Tunggu hingga adonan dingin lalu tambahkan telur ayam dan kocok hingga tercampur secara merata. Ingat, jangan memasukan telur ketika adonan masih panas karena akan membuat éclair tidak bisa mengembang.

Semprotkan adonan tersebut pada sebuah loyang yang telah diolesi dengan margarin tipis (agar tidak lengket). Bentuk dengan panjang 4 – 5 cm sesuai selera masing-masing. pastikan adonan kue satu dan yang lain tidak terlalu dekat agar nantinya tidak lengket.

Siapkan oven atau pemanggang, kemudian masukan loyang berisi adonan tersebut dalam oven bersuhu 200 derajat celcius selama 15 menitan. Apabila kue éclair yang ada di dalamnya sudah matang, angkat dan sisihkan terlebih dahulu.

Langkah selanjutnya kita akan membuat isi eclair tersebut, campurkan terlebih dahulu bahan-bahan seperti susu cair, gula pasir, dan garam, lalu aduk-aduk hingga tercampur secara merata. Kentalkan campuran tersebut dengan maizena dan masak di atas api kecil hingga meletup-letup.

Tambahkan kocokan kuning telur, cokelat, dan margarin ke dalamnya sambil tetap terus dimasak hingga meletup-letup. Jika sudah masukan isian tersebut ke dalam plastik segitiga. Terakhir belah adonan eclair tadi dan masukan bahan isian ke dalamnya.

Setelah itu, campurkan coklat pencelup yang sudah dilelehkan ke dalam wadah. Silahkan celupkan éclair ke dalamnya atau Anda juga bisa mengolekan coklat tersebut ke atas éclair. Nah, kini kue eclair tersebut telah siap untuk disajikan dan disantap.

Silahkan sajikan éclair ini di waktu senggang atau di acara keluarga agar saudara-saudara Anda terkesan dengan kenikmatannya. Éclair ini juga dapat dinikmati bersama dengan Oreo Milkshake yang resepnya pernah kami ulas di artikel ini.

Anda juga dapat mengkombinasikan toping dan isi di dalamnya dengan bahan lain seperti keju, selai stroberi, whipped cream, dan masih banyak lagi. Silahkan variasikan keduanya sesuai dengan kreatifitas dan selera Anda.

Nah, itulah panduan cara membuat resep eclair coklat mudah dan praktis yang tentunya sangat nikmat sebagai camilan santai bersama keluarga. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi mengeluarkan uang mahal untuk membelinya di toko kue. Selamat mencoba!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *