bacaterus web banner retina
Bacaterus / Dapur / Resep Masakan / Resep Donat Kentang Empuk dan Lembut yang Sederhana

Resep Donat Kentang Empuk dan Lembut yang Sederhana

Ditulis oleh Bacaterus.com - Diperbaharui 29 Mei 2020

Donat merupakan salah satu panganan yang cukup populer di Indonesia. Panganan berbentuk bulat dengan bolong di tengahnya ini sangat digemari oleh berbagai lapisan golongan usia, mulai dari anak-anak hingga kakek-nenek. Panganan ini juga tersedia di berbagai tempat, mulai dari lapak kaki lima di pinggir jalan hingga restoran bintang lima.

Namun tahukah Anda jika donat sebenarnya bukanlah makanan asli Indonesia. Ya, donat merupakan makanan yang berasal dari benua Eropa. Konon, donat ini pertama kali diperkenalkan oleh seorang kapten kapal asal Denmark yang bernama Hanson Gregory.

Hanson Gregory merupakan kapten kapal yang senang memakan kue sambil mengemudikan kapalnya. Agar kuenya tersebut tidak berjatuhan saat terjadi badai, ia biasanya menusukan kue tersebut ke roda kemudi. Karena hal itulah akhirnya kue-kue kesukaan Gregory selalu menjadi bolong pada bagian tengahnya.

Jika pada jaman dahulu donat hanya dibuat dari tepung terigu saja, maka kini sudah banyak variasi bahan dasar untuk membuat donat. Sebut saja donat yang terbuat dari kentang, ubi, singkong, dan lainnya. Berbagai donat tersebut memiliki cita rasa khas yang berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Tidak hanya bahan pembuatannya saja, topping serta bahan isian dari donat juga saat ini sudah beraneka ragam. Beberapa di antaranya yang cukup populer adalah gula bubuk, coklat, keju, blueberry, strawberry, dan masih banyak lagi.

Nah, pada kesempatan kali ini bacaterus.com akan mengulas resep donat kentang empuk dan lembut yang sederhana. Donat kentang sangat digemari karena teksturnya yang lembut dan kandungan gizinya yang tinggi. Yuk simak cara membuatnya berikut ini.

Bahan-Bahan Donat Kentang

Resep Donat Kentang

Sebelum kita mulai membuatnya, pertama-tama mari kita siapkan terlebih dahulu bahan-bahan untuk resep donat kentang empuk dan lembut ini. Bahan-bahan yang dibutuhkan bisa Anda dapatkan dengan mudah di warung atau pasar terdekat.

  • 200 gram kentang
  • 500 gram tepung terigu
  • 100 gram gula pasir
  • 75 gram mentega
  • 100 ml air es
  • 11 gram ragi instan
  • 4 butir kuning telur
  • 50 gram susu bubuk
  • Minyak goreng secukupnya
  • Gula halus secukupnya

Cara Membuat Donat Kentang

Resep Donat Kentang Empuk dan Lembut

Jika semua bahan di atas sudah siap, sekarang mari kita langsung mengulas cara pembuatannya. Pertama-tama silahkan kupas dan cuci semua kentang hingga bersih. Setelah itu kukus kentang tersebut hingga matang lalu tumbuk hingga benar-benar halus agar adonan donat natinya cepat menjadi licin.

Selanjutnya siapkan sebuah wadah yang besar lalu masukan tepung terigu, ragi instan, gula, dan susu bubuk ke dalamnya. Aduk-aduk semua bahan tersebut hingga semuanya tercampur secara merata.

Masukan kentang yang sudah dihaluskan tadi ke dalam wadah. Ingat, pastikan kentang halus tersebut sudah benar-benar dingin karena kentang yang panas dapat membuat raginya tidak dapat mengembang. Aduk-aduk kembali semua bahan tersebut hingga tercampur rata.

Langkah selanjutnya adalah memasukan mentega, air es dan kuning telur ke dalam adonan tersebut lalu aduk-aduk kembali hingga adonannya menjadi kalis dan tidak lengket. Jika masih terasa lengket Anda dapat menambahkan kembali sedikit tepung terigu ke dalamnya.

Jika adonannya sudah rata dan tidak terasa menempel lagi di tangan, maka kini Anda sudah dapat mulai membuat bentuk donatnya. Silahkan bagi adonan tersebut menjadi beberapa potong donat sesuai dengan ukuran yang Anda inginkan.

Jangan lupa untuk membuat lubang di bagian tengahnya sebagai ciri khas dari kue donat. Agar lebih mudah, Anda juga dapat menggunakan cetakan khusus donat yang banyak dijual di pasaran. Setelah itu diamkan adonan ini sekitar 20 menit agar raginya dapat mulai mengembang.

Jika adonan donat tersebut sudah tampak mengembang, maka Anda dapat mulai menggorengnya. Siapkan wajan dan minyak goreng lalu panaskan dengan api kecil agar donatnya tidak cepat gosong. Selanjutnya silahkan masukan donat tersebut ke dalam penggorengan.

Ketika menggorengnya Anda dapat menggunakan sumpit untuk mempertegas lubang pada donat tersebut. Jika salah satu sisi sudah berwarna kuning kecoklatan, silahkan balikan donat tersebut dan tunggu hingga sisi yang lainnya juga berwarna kuning kecoklatan.

Setelah matang silahkan angkat lalu tiriskan. Taburi donat-donat tersebut dengan gula bubuk halus lalu silahkan sajikan. Jika Anda kurang suka dengan gula bubuk, maka Anda bisa menggantinya dengan toping yang lain seperti keju, coklat, selai stroberi, dan sebagainya.

Nah itulah resep donat kentang empuk dan lembut yang dapat Anda coba di rumah. Donat kentang ini dapat Anda jadikan sebagai cemilan di waktu luang, hidangan untuk para tamu, ataupun bekal untuk si kecil ke sekolah. Selamat mencoba!

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram