Bacaterus / Makanan Jawa / Resep Dendeng Ragi Sapi Manis yang Lezat Khas Jawa Timur

Resep Dendeng Ragi Sapi Manis yang Lezat Khas Jawa Timur

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dendeng ragi merupakan kuliner khas Indonesia yang sudah sangat terkenal sekali, bahkan konon katanya dendeng sudah terkenal hingga ke mancanegara. Biasanya kuliner satu ini bisa kita temukan dengan mudah saat-saat acara spesial seperti misalnya pernikahan, arisan, pertemuan, dan masih banyak lagi.

Kuliner satu ini terbuat dari daging sapi yang dipadukan dengan kelapa parut dan bumbu rempah-rempah lainnya, sehingga menghasilkan rasa enak dan gurih yang sangat digemari oleh banyak orang. Penggemar kuliner satu ini tidak hanya orang dewasa saja, tetapi anak muda pun juga sangat menyukai dendeng ragi.

Dendeng ragi sendiri merupakan salah satu masakan yang cukup populer di daerah Jawa Timur. Bahkan, ada juga resep khusus dendeng ragi khas Banyuwangi lho. Di beberapa daerah lainnya makanan ini juga cukup populer, namun namanya saja yang berbeda, yakni serundeng sapi. Apapun sebutannya, kedua masakan tersebut tetap memiliki bahan dan cara pengolahan yang serupa.

Untuk membuat dendeng ragi sebenarnya sangatlah mudah dan praktis sekali. Akan tetapi banyak masyarakat yang malah memilih untuk membelinya di warung makan, padahal dengan membuat sendiri rasanya juga tidak kalah dengan buatan warung makan.

Nah, maka dari itu kali ini Bacaterus akan mengulas resep dendeng ragi dari daging sapi khas Jawa Timur. Resep ini sangat mudah untuk dibuat dan dipraktekan sendiri di rumah. Apakah resepnya mirip dengan dendeng ragi basah? Bisa temukan jawabannya di artikel ini, ya. Namun sebelumnya, mari kita siapkan terlebih dahulu bahan-bahannya.

Bahan-Bahan Dendeng Ragi

resep dendeng ragi sapi

Bahan-bahan yang digunakan untuk resep dendeng ragi ini ada tiga macam, yakni bahan untuk membuat dendeng, bahan untuk membuat ragi, dan bahan untuk bumbunya. Berikut adalah bahan-bahan untuk dendengnya:

  • Daging sapi segar sebanyak 1 kg (tanpa lemak)
  • Garam halus kira-kira 1 sendok teh
  • Gula merah cukup sebanyak 75 gram
  • Ketumbar bubuk sekitar 1 sendok makan
  • Asam jawa juga 1 sendok makan

Bahan untuk membuat ragi:

  • Kelapa parut sebanyak 500 gr, yang tidak terlalu tua
  • Serai cukup dengan 1 batang (dimemarkan)
  • Daun salam sebanyak 3 lembar (dicuci bersih)
  • Daun jeruk purut cukup 3 lembar (dicuci bersih)

Bumbu-bumbu yang dihaluskan:

  • Bawang merah cukup 7 butir
  • Bawang putih sebanyak 4 siung
  • Ketumbar sekitar 1 sendok teh (sangrai)
  • Asam jawa sebanyak 2 sendok makan
  • Gula merah sekitar 125 gram
  • Garam seperlunya saja
  • Penyedap rasa secukupnya.

Cara Membuat Dendeng Ragi

Setelah semua bahan tersedia, sekarang kita bisa mulai membuatnya. Pertama ambil daging sapi segar yang telah dipersiapkan tadi kemudian potong-potong daging tersebut dengan bentuk sesuai selera masing-masing. Setelah dipotong, pukul-pukul daging sapi tersebut hingga menjadi pipih dan melebar.

Selanjutnya, campurkan antara daging yang sudah dipipihkan tadi dengan semua bahan/bumbu dendeng. Agar tercampur secara merata, aduk-aduk semua bahan dan diamkan selama beberapa menit supaya bumbu meresap ke dalam daging.

Jerang daging yang sudah diolesi bumbu tersebut diatas api sedang, lalu tutup hingga rapat dan diamkan hingga daging tersebut berubah warna. Angkat dan sisihkan sejenak terlebih dahulu.

Selanjutnya, campurkan kelapa parut dengan bumbu halusan sampai tercampur secara merata. Diamkan sejenak terlebih dahulu. Sekarang kita masukan daun salam, daun jeruk purut, batang serai, dan daging sapi ke dalam campuran kelapa parut sekaligus bumbu halusan.

Masak semua bahan tersebut dengan api sedang hingga matang dan mengering. Pastikan semuanya benar-benar kering agar dendeng ragi tidak cepat menjadi basi. Apabila sudah mengering dan bumbu meresap dendeng ragi daging sapi siap disajikan.

Sajikan dendeng ragi tersebut bersama dengan sepiring nasi putih yang masih hangat. Kuliner yang satu ini sangat cocok apabila dikonsumsi sebagai lauk pauk baik ketika sarapan pagi, makan siang, ataupun makan malam.

Agar rasanya lebih gurih dan aromanya lebih harus, Anda juga dapat menambahkan bawang goreng ke dalam dendeng ragi tersebut. Silahkan taburkan bawang goreng tersebut di atasnya atau taburkan di atas nasi putihnya.

Dendeng ragi ini sebenarnya lebih nikmat dimakan dalam keadaan hangat. Namun jika Anda ingin memakannya di lain waktu, maka Anda dapat mendiamkannya terlebih dahulu hingga dingin. Setelah itu silahkan masukan ke dalam toples atau wadah kedap udara. Dendeng ragi ini cukup tahan lama karena bisa bertahan selama 4 hingga 5 hari di dalam toples.

Jika Anda kurang suka dengan daging sapi, maka Anda dapat mengganti bahan utama daging sapinya dengan daging ayam. Langkah-langkah cara pembuatannya sendiri tidak jauh berbeda dengan cara membuat dendeng sapi di atas.

Manfaat Dendeng Ragi

cara membuat dendeng ragi jawa timur

Dengan bahan utama yang terbuat dari daging sapi, maka dapat dipastikan jika dendeng ragi ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Salah satunya adalah mencegah anemia atau kurang darah karena daging sapi sangat kaya akan zat besi.

Daging sapi juga memiliki kandungan protein yang melimpah sehingga sangat baik untuk dikonsumsi oleh anak-anak dalam masa pertumbuhan. Selain itu, protein tersebut juga dapat membentuk otot-otot tubuh menjadi lebih atletis apabila dilatih dengan benar.

Sementara itu parutan kelapa yang digunakan juga dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Selain itu, parutan kelapa juga dapat menangkal berbagai mikroba jahat di dalam tubuh seperti virus, bakteri, dan juga jamur.

Demikian informasi singkat mengenai resep dendeng ragi enak dan spesial yang dapat kami sajikan pada kesempatan kali ini. Selain enak, denedeng ragi juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Oh iya, kalau Anda suka dengan makanan yang pedas, mungkin bisa kreasikan resep ini dengan menggunakan cabai.

Semoga informasi-informasi resep masakan yang kami sajikan bisa bermanfaat dan menjadi sumber referensi bagi Anda. Selamat mencoba?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *