Bacaterus / Makanan Jepang / Resep dan Cara Membuat Onigiri Sederhana Khas Jepang

Resep dan Cara Membuat Onigiri Sederhana Khas Jepang

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Oktober 2019

Salah satu makanan khas Jepang yang cukup digemari di Indonesia adalah onigiri. Onigiri sejenis nasi kepal yang dipadatkan menjadi berbentuk segitiga lalu dibungkus dengan nori atau rumput laut. Onigiri sendiri dapat diisi dengan berbagai macam makanan seperti ikan, daging, telur, sayuran, dan lainnya.

Di Indonesia, onigiri bisa didapatkan dengan mudah di kedai-kedai makanan Jepang. Namun jika di sekitar rumah Anda tidak ada yang menjualnya, Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah dengan mengikuti resep dan cara membuat onigiri yang akan dibahas oleh bacaterus.com berikut ini.

Apa Itu Onigiri?

cara membuat onigiri sederhana

Seperti disinggung di atas, onigiri merupakan makanan sejenis nasi kepal yang berasal dari Jepang. Konon, onigiri sudah ada semenjak abad ke-11 dan saat itu disebut dengan nama tonjiki. Selain itu, para wanita yang tinggal di istana kerajaan juga sering menyebut onigiri ini sebagai omusubi. Di beberapa daerah onigiri juga sering disebut sebagai nigiri-han, nigirimama, dan onin’ko.

Tidak seperti kebanyakan makanan Jepang lainnya yang dimakan dengan menggunakan sumpit, onigiri ini biasanya dimakan secara langsung dengan tangan kosong. Agar nasinya tidak menempel di tangan, maka onigiri biasanya dilapisi dengan lembaran nori.

Pembuatan onigiri juga dilakukan dengan tangan kosong tanpa perlu menggunakan cetakan khusus. Agar nasinya menempel dengan baik, maka onigiri ini biasanya dibuat dengan beras jepang yang cukup lengket dan agak mirip dengan nasi ketan.

Onigiri yang paling sering ditemukan biasanya dibuat dengan bentuk segitiga sama sisi. Namun ada juga yang membuatnya dengan bentuk yang lain seperti bulat, bulat agak gepeng, silinder, hingga berbentuk segi empat.

Onigiri tradisional biasanya hanya menggunakan isian berupa daging ikan salmon panggang atau umeboshi. Namun saat ini sudah banyak variasi bahan yang dijadikan. Berikut adalah beberapa bahan yang sering dijadikan isian dari onigiri:

  • Ikan-ikanan seperti salmon, tuna, dan ikura.
  • Gorengan seperti kroket, menchikatsu, dan hamkatsu.
  • Acar-acaran seperti umeboshi, kimchi, acar timun, dan acar wasabi.
  • Tumis-tumisan, sayuran, tsukudani, dan lainnya.

Di Jepang sendiri onigiri merupakan salah satu makanan yang wajib dibawa ketika piknik atau bepergian. Onigiri juga biasanya dimasukan ke dalam bento dan dijadikan bekal untuk makan siang para anak sekolah.

Tidak hanya di Jepang, onigiri juga banyak digemari di berbagai negara Asia lainnya seperti Tiongkok, Korea, Hong Kong, hingga Indonesia. Di Korea, onigiri sering disebut sebagai “jumeok bap” atau atau “samgak gimbap” yang berarti nasi kepal atau nasi segi tiga rumput laut.

Bahan-Bahan Onigiri

Onigiri Resep

Sekarang mari kita mengumpulkan terlebih dahulu bahan-bahan untuk pembuatannya. Onigiri yang akan kita buat ini hanya akan menggunakan isian yang sederhana saja yakni telur dadar. Anda dapat menggantinya dengan isian lain yang Anda sukai. Berikut adalah bahan-bahannya:

  • Nasi yang dicampur dengan ketan atau nasi khusus seperti yang digunakan untuk membuat sushi
  • Telur dadar yang sudah dipotong kecil-kecil
  • Nori (rumput laut)
  • Garam

Cara Membuat Onigiri

Setelah semua bahan pembuatannya siap, sekarang mari kita mulai langkah-langkah cara membuat onigiri sederhana khas Jepang ini. Pertama-tama silahkan masak nasi hingga matang kemudian diamkan sesaat hingga menjadi hangat.

Selanjutnya cuci tangan Anda hingga bersih karena semua proses pembuatannya akan menggunakan tangan kosong. Setelah itu basahi kedua telapak tangan Anda dengan air matang agar nasi tidak mudah menempel di tangan Anda ketika membentuknya.

Dengan keadaan tangan masih basah kemudian, ambil garam secukupnya lalu oleskan di sekitar telapak tangan. Agar garamnya merata, Anda dapat mengosok-gosokan kedua telapak tangan Anda seperti gerakan mencuci tangan. Garam ini berfungsi untuk memberikan rasa asin pada onigirinya.

Ambil satu kepal nasi yang masih hangat lalu isi bagian tengahnya dengan telur dadar yang telah dipotong-potong. Selanjutnya bentuklah nasi tersebut hingga menjadi berbentuk segitiga. Jika belum bisa membentuknya, maka Anda dapat menggunakan cetakan atau membuatnya menjadi berbentuk bulat dan bentuk lainnya yang Anda kehendaki.

Jika sudah terbentuk silahkan tempelkan lembaran nori pada onigiri tersebut. Tekan-tekan sedikit nori tersebut agar menempel pada nasi dan tidak mudah terlepas. Sekarang, onigiri sederhana ala Jepang sudah siap untuk disajikan.

Nah itulah langkah-langkah cara membuat onigiri yang bisa Anda praktekan sendiri di rumah. Anda dapat mengkreasikan sendiri isiannya dengan bahan lainnya yang sesuai dengan keinginan Anda seperti daging, ikan, sayuran, dan lainnya.

Onigiri yang sudah dibuat tersebut dapat dimakan langsung, dijadikan perbekalan piknik ataupun perbekalan untuk si buah hati di sekolah. Agar bentuknya lebih menarik dan lucu, maka Anda juga dapat menghiasnya sesuai dengan kreativitas Anda. Selamat mencoba!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

2 Responses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *