Bacaterus / Resep Masakan Indonesia / Inilah Resep Dadar Gulung Isi Kelapa Gula Merah Lezat

Inilah Resep Dadar Gulung Isi Kelapa Gula Merah Lezat

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 Juni 2019

Dadar gulung merupakan jajanan tradisional khas Indonesia yang memiliki banyak sekali penggemar. Biasanya jajanan satu ini bisa kita temukan di pasar-pasar tradisional sekitar lingkungan kita, bahkan beberapa warung kecil sekarang ini juga telah banyak yang menjual dadar gulung.

Dadar gulung ini biasanya dibuat dari kulit yang berwarna hijau. Bentuk dan tekstur kulitnya sama seperti telur dadar. Hal tersebut mungkin menjadi salah satu alasan mengapa kue ini disebut sebagai dadar gulung, karena mirip telur dadar yang dilipat dan digulung.

Dadar gulung bisanya diisi dengan parutan kelapa yang gurih dan juga nikmat. Ada yang mencampurkan parutan kelapa tersebut dengan gula merah sehingga warnanya menjadi coklat dan ada juga yang tetap membiarkannya berwarna putih.

Sebagai sebuah jajanan yang menggunakan isi, tentunya kita tidak hanya bisa mengisinya dengan parutan kelapa saja. Ya, dadar gulung ini bisa diisi dengan bahan-bahan lain seperti coklat, pisang, vla, abon, keju, dan lain sebagainya sesuai selera masing-masing.

Selain dapat dengan mudah ditemukan di pasar, dadar gulung juga biasanya dijadikan sebagai hidangan di hajatan, arisan, syukuran, dan sejenisnya. Meskipun saat ini sudah banyak hidangan yang lebih modern, namun dadar gulung tetap diminati karena rasanya yang gurih dan juga legit.

Untuk membuat jajanan satu ini sebenarnya sangatlah mudah sekali. Yang perlu kita perhatikan adalah kulit dadar gulung tersebut. Karena kulitnya lumayan tipis, jadi kita harus bisa berhati-hati agar nantinya tidak sobek. Nah langsung saja simak resep dadar gulung isi kelapa berikut ini.

Bahan Dadar Gulung Isi Kelapa

resep dadar gulung

Pada ulasan kali ini kita akan membuat resep dadar gulung isi kelapa yang dicampur dengan gula merah sehingga rasanya lebih legit. Pertama-tama, mari siapkan bahan-bahan untuk membuat kulitnya terlebih dahulu yakni:

  • Tepung terigu sebanyak 250 gr (protein sedang)
  • Tepung kanji cukup 1 sendok makan
  • Santan kental sebanyak 300ml (dari ½ butir kelapa)
  • Air perasan daun suji sekiranya 60ml
  • Pasta pandan cukup dengan ½ sdt
  • Telur ayam kampung sebanyak 3 butir, kocok lepas
  • Garam halus sebanyak ½ sendok teh

Bahan isian dadar gulung:

  • Kelapa setengah tua sebanyak 300 gram, kupas dan parut memanjang
  • Gula pasir cukup 3 sendok makan
  • Gula merah sekiranya 100 gram, iris halus
  • Air putih matang sebanyak 50 ml
  • Daun pandan cukup dengan 1 lembar, potong-potong
  • Garam halus sekitar ½ sdt

Cara Membuat Dadar Gulung Isi Kelapa

Jika semua bahannya sudah siap, pertama-tama mari kita membuat isiannya terlebih dahulu. Caranya campurkan antara parutan kelapa, gula, garam, dan daun pandan dalam sebuah wadah. Aduk-aduk bahan-bahan tersebut hingga tercampur secara merata. Kemudian masak campuran tersebut hingga mengering dan teksturnya sedikit berubah. Kini isian siap digunakan.

Langkah kedua kita akan membuat kulit dadar gulung. Untuk memulainya campurkan terlebih dahulu bahan-bahan seperti tepung terigu, tepung kanji, pasta pandan, dan juga garam. Aduk-aduk bahan tersebut hingga tercampur secara sempurna.

Selanjutnya tuangkan air perasan daun suji secara perlahan-lahan dalam adonan tepung tersebut, lalu saring dengan menggunakan saringan. Peroses penyaringan adonan ini berguna agar hasil kulitnya halus dan tidak bergerindil.

Panaskan sebuah wajan yang sudah diolesi minyak atau margarin, lalu tunggu hingga benar-benar panas. Tuangkan seperlunya saja adonan tepung tadi dalam wajan, dan pastikan dadar yang terbentuk setipis mungkin. Apabila sudah matang sisihkan terlebih dahulu.

Ambil satu lembar kulit dadar tersebut lalu letakan satu sendok makan bahan isian di atas dadaran kulit itu. Nah gulung-gulung kulit dadar tersebut secara perlahan-lahan agar tidak sobek. Lipat pada bagian ujung-ujungnya secara rapi dan indah.

Kini dadar gulung isi kelapa yang lezat siap untuk disantap. Silahkan ulangi langkah-langkah di atas hingga seluruh adonan kulit dan juga isinya habis. Sajikan dadar gulung ini di atas sebuah piring sebagai camilan bersantai keluarga.

Tips Tambahan

Kulit dadar gulung yang baik adalah yang memiliki pori-pori atau bopeng di bagian luarnya. Untuk mendapatkan kulit yang khas tersebut, Anda harus menuangkan adonan ketika wajan sudah benar-benar panas. Dengan begitu, bagian bawahnya akan menggelembung dan membentuk banyak bopengan.

cara membuat dadar gulung isi kelapa

Anda juga disarankan agar memasaknya tidak terlalu lama. Meskipun warnanya tidak berubah, namun kulitnya tersebut akan kering dan tidak empuk. Jangan pula membuat kulit yang terlalu tebal karena akn sulit ketika proses penggulungan.

Jika Anda tidak suka dengan isian kelapa, maka Anda dapat menggantinya sesuai selera masing-masing. Anda juga dapat menggunakan gula pasir saja jika ingin membuat dadar gulung dengan isi kelapa yang masih berwarna putih di dalamnya.

Dadar gulung ini sebaiknya langsung disajikan setelah selesai dibuat. Namun jika Anda ingin menyimpannya terlebih dahulu, maka bungkuslah dengan plastik atau simpan di tempat yang kedap udara agar kulitnya tidak menjadi kering.

Nah, itulah pembahasan singkat mengenai resep dadar gulung isi kelapa dengan gula merah. Dadar gulung ini sangat cocok dinikmati bersama dengan olahan kelapa lainnya seperti kue biji ketapang. Untuk membuat biji ketapang, silahkan simak resepnya di sini. Selamat mencoba!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar