Bacaterus / Resep Kue / Resep Cronut Instant Yang Lezat dan Mudah Dibuat

Resep Cronut Instant Yang Lezat dan Mudah Dibuat

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 Januari 2019

Menyajikan camilan buatan sendiri kepada keluarga tercinta, tentunya bisa menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi kita, terutama jika camilan tersebut memiliki rasa yang nikmat. Hingga sekarang ini ada banyak sekali resep camilan-camilan lezat yang bisa Anda coba sendiri di rumah.

Beberapa camilan tersebut di antaranya adalah kue bolu kukus, lapis, dan masih banyak lagi. Nah, pada kesempatan kali ini bacaterus.com akan berbagi salah satu resep camilan unik yakni cronut. Sebelum mengulas resep cronut tersebut, ada baiknya kita kenali lebih dalam mengenai asal-usul dan sejarahnya.

Apa itu Cronut?

Mungkin sebagian besar dari kita mendengar nama makanan satu ini sudah sangat asing sekali, padahal sebenarnya makanan ini sudah banyak dijual di Indonesia. Cronut sendiri merupakan camilan lezat yang berasal dari gabungan croissant dan donat.

Cronut ini memiliki tekstur yang garing sama seperti croissant, tetapi untuk masalah bentuk cronut ini sama dengan donat. Cronut sebenarnya bukan camilan khas Indonesia karena kue ini diketahui berasal dari Amerika Serikat.

Cronut merupakan makanan yang tergolong baru karena baru diciptakan pada tahun 2013. Pembuatnya adalah seorang chef terkemuka di Amerika yakni Chef Dominique Ansel. Kue ini kemudian didaftarkan merk dagangnya atas nama toko rotinya yang terletak di New York.

resep cronut

Semenjak kemunculannya, kue yang satu ini bahkan sempat merajai olahan bakery sampai beberapa bulan di New York. Tidak hanya itu saja, majalah Time juga menobatkan cronut sebagai salah satu dari 25 penemuan terbaik di tahun 2013.

Karena merek dagangnya sudah dimiliki oleh toko roti miliki Chef Dominique Ansel, tidak sembarangan orang dapat menjualnya. Maka dari itu, di Amerika sendiri cronut banyak dijual di Black Market agar tidak diketahui oleh pihak yang berwajib.

Dalam resep aslinya, cronut ini dibuat dengan cara digoreng menggunakan minyak biji anggur lalu ditaburi gula dan aneka topping lainnya. Akan tetapi, kini resep cronut sudah berkembang dan memiliki beragam variasi di setiap negara.

cara membuat cronut

Beberapa merek dagang terkemuka di luar Amerika juga banyak yang menjual camilan sejenis cronut ini dengan nama yang berbeda. Sebagai contoh, toko retail Migros di Swiss menjualnya dengan nama “Big O”, sedangkan toko Mister Donut di Jepang menjualnya dengan nama “Mister Croissant Donut”.

Di Indonesia sendiri cronut saat ini sudah mulai banyak dijual di toko-toko kue atau roti. Bentuknya yang mirip dengan donat membuatnya mudah dikenali oleh masyarakat Indonesia. Aneka macam topping di atasnya juga semakin membuat orang tertarik untuk mencobanya.

Bahan-Bahan Cronut

Jika Anda tidak menemukan penjual cronut, maka Anda juga dapat mencoba untuk membuatnya sendiri. Cara membuat cronut sangatlah mudah sekali, karena di toko swlayan sudah banyak yang menjual bahan-bahan untuk membuat camilan satu ini.

Untuk bahan isian sebenarnya sangatlah fleksibel, Anda bisa menentukan sendiri bahan isian sesuai selera bisa menggunakan selai, coklat, keju, dan lain sebagainya. Nah, berikut adalah daftar bahan yang harus Anda siapkan untuk membuat cronut:

  • Pastry sheet cukup 1 bungkus ukuran besar
  • Telur ayam 1 butir  saja
  • Minyak goreng seperlunya
  • Selai cokelat sesuai selera
  • Selai stroberi sesukanya
  • Selai vanilla sesuai selera masing-masing
  • Gula halus sesuai kebutuhan.

Cara Membuat Cronut

Apabila semua bahannya sudah siap, sekarang kita bisa langsung menuju ke proses pembuatannya. Pertama kalinya ambil telur ayam dan pisahkan antara kuning dengan putihnya. Gunakan putih telur tersebut untuk merekatkan semua pastry sheet yang telah kita persiapkan.

Lipat pastry sheet tersebut menjadi 4 bagian dengan cara menumpuk menjadi 4. Lakukan hingga semua bahan pastry habis atau tidak tersisa. Ambilah cetakan donat, kemudian cetak pada pastry sheet hingga berbentuk seperti donat asli. lakukan sampai semuanya berbentuk seperti donat.

Apabila semua adonan sudah terbentuk seperti donat, diamkan adonan tersebut kurang lebih 30 menitan. Selanjutnya siapkan sebuah wajan dan isi dengan minyak goreng secukupnya. Panaskan minyak goreng tersebut lalu goreng adonan cronut sampai mengembang secara sempurna. Angkat dan tiriskan

Langkah selanjutnya adalah memanggang adonan cronut tersebut dengan menggunakan oven bersuhu 200 derajat celcius. Hal ini berguna agar cronut lebih mengembang dan mengurangi minyak goreng di dalam adonan tersebut. panggang cronut tersebut sektar 15-20 menit.

Keluarkan dari oven, kemudian beri filling dan juga selai di atasnya sesuai dengan selera masing-masing. Sekarang cronut siap untuk disantap. Silahkan sajikan cronut spesial buatan Anda sendiri sebagai camilan santai minum teh bersama dengan keluarga tercinta.

Selain sebagai camilan, Anda juga bisa menggunakan cronut sebagai jamuan tamu, suguhan acara penting, bekal piknik, dan masih banyak lagi. Rasanya yang sangat enak tentu akan membuat siapapun ketagihan untuk mencobanya kembali.

Disarankan untuk memakan cronut dalam keadaan yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Pasalnya jika terlalu panas, krim di dalamnya akan cair ketika digigit. Sedangkan jika terlalu dingin, maka teksturnya akan sedikit keras.

Seperti disinggung di atas, Anda juga dapat mengganti selai yang digunakan sesuai dengan selera masing-masing. Agar rasanya lebih mantap, Anda juga bisa menambahkan aneka macam topping di atasnya mulai dari keju, stroberi, dan lainnya.

Dalam resep ini kita juga menggunakan minyak goreng sebagai media untuk penggorengannya. Hal ini dimaksudkan agar Anda lebih mudah mendapatkannya. Namun jika ingin cronut yang mirip dengan versi aslinya, maka Anda dapat menggantinya dengan minyak biji anggur.

Demikian informasi seputar resep cronut enak yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. semoga resep tersebut dapat menjadi sumber referensi bermanfaat bagi Anda. selamat mencoba sendiri di rumah dan selamat menikmati!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar