Bacaterus / Makanan Barat / Resep Croissant Sederhana khas Perancis yang Enak

Resep Croissant Sederhana khas Perancis yang Enak

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Oktober 2019

Indonesia bisa dibilang merupakan negara yang menjadi pusatnya kuliner-kuliner lezat. Mulai dari camilan tradisional sampai dengan modern semuanya ada di negara kita tercinta ini. Salah satu camilan asal luar negeri yang sudah membudaya di lidah masyarakat Indonesia adalah croissant atau sering disebut dengan roti bulan sabit.

Sekilas croissant terlihat biasa dan tidak menarik sama sekali, namun jangan salah mengenai rasanya. Kue pastry satu ini memiliki rasa yang begitu lezat dan khas, apalagi jika kue tersebut diberi isian empuk. Di negara asalnya sana, kue croissant biasanya digunakan sebagai menu sarapan pagi.

Asal Usul Croissant

resep croissant

Roti bulan sabit atau yang dalam bahasa Inggris disebut croissant merupakan kue kering (pastry) yang berasal dari Perancis. Dinamakan demikian karena bentuk kue satu ini mirip dengan bulan sabit. Ada banyak sekali sumber yang menyebutkan mengenai asal usul ditemukannya croissant.

Pada tahun 732 menurut legenda, roti ini berasal dari kawasan Eropa yang dibuat untuk merayakan kemenangan pasukan Franks atas pasukan Umayyad dalam sebuah peperangan Tours. Mereka membentuk mirip bulan sabit lantaran ingin menunjukan lambang atau ikon pasukan Islam.

Sedangkan legenda dari sumber-sumber asal usul croissant yang lain, menyebutkan bahwa kue satu ini dibuat di Buda atau Vienna pada tahun 1683 untuk merayakan kemenangan pasukan Kristen atas Ottoman memperebutkan sebuah kota. Bentuk dari kue ini terinspirasi dari gambaran bulan sabit pada bendera Ottoman.

Jaman dahulu, roti croissant dibuat dengan memerlukan waktu berhari-hari. Hal tersebut dikarenakan jaman dahulu masyarakat masih menggunakan cara tradisional untuk mengolah bahan-bahan resep croissant. Namun dewasa ini croissant banyak dibuat dengan menggunakan mesin, sehingga lebih cepat dan mudah tanpa harus menunggu lama.

Ketika awal pembuatannya, roti bulan sabit ini dibuat tanpa menggunakan isian dan mentega. Roti tanpa isian inipun masih dipertahankan di Perancis sampai sekarang. Akan tetapi diluar Perancis, roti croissant sudah dibuat dengan menggunakan tambahan isian.

Untuk isiannya sendiri saat ini sudah sangat bervariasi, mulai dari coklat, daging, nanas, selai, keju, dan lain sebagainya. Anda pun bisa menyesuaikan isian yang digunakannya tersebut dengan rasa kesukaan masing-masing.

Bahan-Bahan Roti Croissant

cara membuat croissant

Memang di toko roti sekarang ini banyak sekali yang jual roti croissant dengan berbagai macam pilihan rasa. Akan tetapi roti ini akan semakin lezat apabila kita bisa membuatnya sendiri di rumah karena kita bisa menyesuaikan rasanya.

Cara membuat croissant sendiri sangatlah mudah, karena bahan-bahan yang dibutuhkannya bisa didapatkan di toko bahan kue terdekat. Adapun bahan-bahan yang perlu dipersiapkan sebelum membuatnya antara lain:

  • Tepung terigu protein tinggi cukup dengan 600 gram
  • Gula pasir halus sekiranya 60 gram
  • Ragi instan sekitar 12 gram
  • Susu bubuk cukup dengan 30 gram
  • Garam sebanyak 12 gram
  • Air es sekiranya 325 ml

Bahan lapisan:

  • Pastry margarin cukup dengan 350 gram, giling tipis dengan dua plastik

Bahan olesan (aduk rata):

  • Telur cukup dengan 1 butir
  • Kuning telur 1 butir saja
  • Krim kental sekiranya 1 sendok makan

Cara Membuat Croissant

Langkah pertama siapkan sebuah wadah untuk mencampurkan adonan terlebih dahulu. Kemudian dalam wadah tersebut campurkan tepung terigu, gula pasir halus, ragi instan, dan susu bubuk. Aduk-aduk adonan tersebut sampai tercampur secara merata. Apabila ingin teksturnya lebih lembut, Anda bisa mengayak tepung terigu terlebih dahulu sebelum mencampurkan.

Selanjutnya tambahkan air es sedikit demi sedikit. Agar tercampur rata, uleni adonan tersebut sambil memasukan air esnya. Anda bisa menguleni dengan menggunakan tangan namun pastikan dalam keadaan bersih.

Sekarang masukan garam ke dalamnya. Pastikan garam yang dimasukan sudah halus agar nanti dapat terlarut secara smepurna. Aduk-aduk atau uleni kembali sampai tercampur secara merata. Setelah itu, diamkan dalam lemari es kurang lebih 15 menitan.

Apabila sudah 15 menit, ambil kemudian giling memanjang adonan tadi. Lakukan sampai adonan habis, lalu taburi tepung pada bagian atasnya secara merata tipis-tipis saja. Letakkan pastry margarin tepat di bagian tengah adonan. Lipat adonan tersebut sampai tertutup rapat.

Giling kembali adonan tersebut secara memanjang, lalu lipat bagian atas menuju ke tengah. Lanjutkan dengan melipat bagian bawah ke bagian tengahnya. Giling lagi secara memanjang, lalu lipat single sekali lagi. Istirahatkan di dalam lemari es atau kulkas selama kurang lebih 15 menitan.

Giling lagi memanjang kemudian lipat single. Kemudian diamkan kedalam kulkas selama kurang lebih 15 menitan. Adonan siap digunakan. Giling adonan memanjang dengan ketebalan mencapai kurang lebih 1/2 cm. Potong dan bentuk adonan segitiga dengan tinggi 20 cm dan sisi bawah 10 cm.

Apabila sudah dipotong, biarkan mengembang di dalam proofing cabinet selama kurang lebih 30-40 menitan. Olesi dengan bahan oleskan apabila sudah setengah proof. Selanjutnya masukan ke dalam oven dan panggang dengan suhu mencapai 200o kurang lebih selama 15 menitan. Tanda roti matang berwarna kecoklatan. Sajikan selagi masih hangat.

Agar lebih nikmat dan menggoda lidah, Anda bisa menambahkan bahan isian sesuai selera masing-masing. Mulai dari coklat, selai, isian kacang ijo, dan masih banyak lagi. Jangan lupa nikmati croissant bersama dengan secangkir teh manis atau susu agar semakin nikmat.

Itulah resep croissant yang enak dan mudah untuk dibuat. Kini Anda tidak perlu lagi membelinya di toko roti dengan harga yang mahal karena Anda sudah bisa membuatnya sendiri. Langsung saja pelajari dan coba resep di atas sekarang juga. Selamat mencoba!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *