Bacaterus / Makanan Jepang / Resep Chicken Teriyaki Enak Ala Hoka Hoka Bento

Resep Chicken Teriyaki Enak Ala Hoka Hoka Bento

Ditulis oleh - Diperbaharui 22 Januari 2019

Siapa yang tidak kenal dengan beef teriyaki atau chicken teriyaki? Banyak orang pasti sudah mengenal apa itu teriyaki. Yup, dari namanya saja kita sudah bisa menebak bahwa makanan satu ini berasal dari Negeri Matahari Terbit Jepang.

Pengambilan namanya sendiri memiliki arti, teri berarti bersinar (ada gula dari tare), sedangkan yake memiliki artian dibakar atau dipanggang. Tare sendiri merupakan campuran dari kecap, sake/mirin, dan gula/madu yang telah dipanaskan.

Teriyaki sebenarnya tidak hanya terbuat dari bahan dasar daging sapi saja. di Jepang, kita bisa menemui teriyaki yang terbuat dari bahan lain mulai dari teriyaki ayam, teriyaki daging ikan (salem, marlin, tongkol, dll) sampai dengan teriyaki daging babi.

Namun di Indonesia, kebanyakan menu yang dijual adalah teriyaki daging ayam dan daging sapi saja. Bumbu yang digunakan di Indonesia juga sedikit mengalami perubahan dengan ditambahkannya rempah khas Indonesia seperti jahe, bawang putih, dan lainnya.

Untuk menemukan teriyaki sebenarnya cukup mudah, karena hampir di setiap restoran besar khususnya ala Jepang pasti menyediakan menu kuliner satu ini. Tetapi sayangnya kebanyakan teriyaki di resto tersebut dibandrol dengan harga yang cukup mahal, sehingga membuat kalangan menengah kebawah tidak bisa menikmatinya.

resep chicken teriyaki hoka hoka bento

Jika Anda kebetulan tinggal di jakarta atau sedang berlibur ke kota tersebut, terdapat beberapa rekomendasi restoran untuk menikmat teriyaki dengan kualitas terbaik. Adapun restoran bermenu teriyaki yang bisa Anda kunjungi tersebut antara lain:

Midori Japanese Restaurant
Lokasi: Kompleks Puri Kencana Blok J-1 No. 2R
Jakarta Barat
Telp: 021-5826855

Takemori
Lokasi: Senayan City , Lt.5 No. 27
Atau Jl. Asia Afrika Lot. 19
Area: Senayan City
Jakarta Selatan
Telp: 021-72781177

Kado Japanese Restaurant
Lokasi: Intercontinental Mid Plaza LG floor
Jl. Jendral Sudirman, Jakarta Pusat
021-5732030

Bushido Japanese Restaurant
Lokasi: Sahid Hotel, Jl. Jend. Sudirman
Jakarta Ousat
Phone: 021-5704444, Ext. 1843

Asahi
Alamat: Citos, Lt.1 No. 127
Jl. TB. Simatupang Kav. 17
Jakarta Selatan
Telp: 021-75920265

Takigawa
Alamat lokasi: La Piazza, GF Floor
Jl. Boulevard, Kelapa Gading
Jakarta Utara
Telp: 021-45865010

Masing-masing restoran di atas menawarkan menu teriyaki dengan harga yang bervariasi, ada yang berharga standar dan ada pula yang mahal. Anda bisa menyesuaikan harga  tersebut dengan budget  yang dimiliki masing-masing.

Selain restoran di atas, ada juga restoran khas Jepang yang populer dengan teriyakinya yakni Hoka Hoka Bento alias Hokben. Restoran ini cukup populer karena banyak tersebar di berbagai kota-kota besar di Indonesia. Harga yang ditawarkan juga biasanya lebih terjangkau.

Meskipun kita bisa dengan mudah menemukan menu teriyaki, namun banyak orang Indonesia yang lebih suka membuatnya sendiri di rumah. Selain menghemat biaya, kita juga bisa menyesuaikan rasa dan bahan yang digunakan dalam pembuatannya.

Nah kali ini bacaterus.com akan mengulas resep chicken teriyaki khas Jepang tersebut. Resep yang diulas kali ini tentunya tidak akan kalah enak dengan menu chicken teriyaki yang biasa Anda temukan di restoran terkenal semacam Hoka Hoka bento.

Bahan-Bahan Chicken Teriyaki

Sebelum membuatnya, mari kita persiapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang diperlukan untuk resep chicken teriyaki ini. Bahan-bahannya cukup sederhana dan mudah untuk didapatkan di pasar atau supermarket terdekat, yakni:

  • Paha ayam tanpa tulang sebanyak 400 gram
  • Bawang bombay cukup dengan 1 buah, iris halus
  • Bawang putih cukup 1 siung saja, memarkan
  • Jahe berukuran 2 cm, parut
  • Bumbu teriyaki instant sebanyak 25 ml
  • Minyak sayur sekiranya 2 sdm

Cara Membuat Chicken Teriyaki Enak

cara membuat chicken teriyaki saori jepang

Pertama kalinya cuci bersih daging ayam terlebih dahulu. Kemudian tiriskan daging ayam tersebut sampai tidak ada air bekas cuciannya. Setelah itu iris daging tersebut membentuk ukuran 3 x 3 cm. Selanjutnya taburi daging ayam tersebut dengan menggunakan bumbu teriyaki instan secara merata. Agar meresap, diamkan bumbu tersebut menempel selama kurang lebih 10 – 15 menitan.

Sambil menunggu bumbu meresap, Anda dapat menumis bumbu lainnya. Caranya panaskan terlebih dahulu sedikit minyak sayur. Setelah panas, tumis bawang bombay, bawang putih, dan jahe hingga mengeluarkan aroma harum.

Sekarang, masukan ayam yang telah kita bumbui tadi ke dalam tumisan. Masak daging ayam tersebut sampai matang dan berubah warna. Pastikan Anda tidak menggunakan api besar agar daging ayam tidak mudah gosong.

Setelah matang, tuang daging ayam tersebut dalam sebuah mangkuk dan sajikan bersama dengan nasi putih hangat sebagai lauk. Agar lebih nikmat, silahkan tambahkan beberapa sayuran ke atasnya seperti wortel, tomat, dan juga brokoli.

Manfaat Konsumsi Daging Ayam Untuk Kesehatan

Tahukah Anda sebenarnya daging ayam yang kita olah dengan bumbu teriyaki di atas sangatlah bermanfaat bagi tubuh? Nah bagi Anda yang belum tahu, simak beberapa manfaat konsumsi daging ayam berikut ini.

  • Sumber nutrisi lengkap

Sudah banyak sekali para ahli yang menyarankan kepada para ibu untuk memberikan buah hatinya konsumsi daging ayam. Mengapa? Karena daging ayam sendiri mengandung nutrisi-nutrisi yang cukup lengkap. Mulai dari mineral alami, kalsium, protein, serat, dan vitamin semuanya terdapat dalam daging tersebut.

  • Sumber energi yang baik

Konsumsilah chicken teriyaki ketika pagi hari sebagai sarapan. Kandungan kalori pada kuliner tersebut akan membuat semangat Anda menjadi lebih tinggi dalam menjalani aktivitas harian. Jangan lupa konsumsi secangkir teh manis agar semakin nikmat lagi.

  • Baik untuk kesehatan tubuh

Kandungan nutrisi dalam daging ayam sangatlah baik untuk menjaga sistem imun tubuh kita terutama terhadap serangan-serangan penyakit seperti influenza, batuk, demam, dan lain sebagainya.

  • Mudah dan praktis diolahnya

Inilah keunggulan dan manfaat resep chicken teriyaki di atas. Dengan langkah-langkah pembuatan yang cukup mudah, siapapun Anda bisa mempraktekan langsung cara membuatnya. Sehingga Anda tidak perlu bingung lagi mencari resep masakan di internet lagi setelah menemukan resep satu ini.

Itulah sajian informasi singkat mengenai resep dan cara membuat chicken teriyaki khas Jepang dengan mudah. Langsung saja bagi Anda yang penasaran, coba resep di atas di rumah. Jika Anda juga ingin mencoba membuat beef teriyaki, silahkan simak resepnya di sini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar