Bacaterus / Makanan Barat / Resep Chicken Nugget Keju Spesial Untuk Keluarga

Resep Chicken Nugget Keju Spesial Untuk Keluarga

Ditulis oleh - Diperbaharui 28 Januari 2019

Chicken nugget merupakan olahan daging ayam yang sudah sangat populer sekali di Indonesia. Biasanya nugget dijual di swalayan-swalayan sekitar rumah kita. Akan tetapi terkadang orang tua merasa khawatir jika memberikan nugget kepada si kecil, terutama khawatir terhadap kandungan pengawet berbahaya yang ada di dalam nugget tersebut.

Solusi yang tepat untuk menghindari pengawet tersebut adalah dengan membuat chicken nugget sendiri di rumah. Karena dengan membuatnya sendiri di rumah, maka Anda bisa menentukan sendiri mana bahan yang bermanfaat dan mana bahan yang berbahaya.

Sebenarnya untuk membuat chicken nugget di rumah itu sangatlah mudah sekali, tetapi banyak yang belum mengetahui caranya. Selain membuat sendiri dapat menghindari pengawet berbahaya, kita juga bisa menambahkan sayuran ke dalam nugget tersebut sehingga makanan satu ini menjadi sangat bermanfaat bagi si kecil yang masih dalam proses pertumbuhan.

Nah agar Anda tidak salah dalam membuat makanan yang satu ini, kali ini bacaterus.com akan mengulas resep chicken nugget spesial untuk keluarga. Namun sebelumnya, yuk simak terlebih dahulu asal usul dari chicken nugget ini.

Asal Usul Chicken Nugget

resep chicken nugget keju

Chicken nugget merupakan salah satu olahan daging ayam yang cukup digemari. Nugget umunya dibuat dari daging ayam cincang yang dicampur dengan tepung roti dan kemudian digoreng atau dipanggang. Proses penggorengan tersebut akan menghasilkan nugget yang renyah dan crispy.

Chicken nugget pertama kali dibuat pada tahun 1950 oleh Robert C. Baker. Baker sendiri merupakan seorang professor ilmu makanan di Cornell University. Resep nugget yang ia buat ini kemudian dipublikasikan secara cuma-cuma sebagai bagian dari tugas akademiknya.

Saat ini chicken nugget banyak dijual oleh restoran fastfood sebagai menu unggulan mereka. Nugget mentah juga banyak dijual di supermarket dalam bentuk kemasan sehingga pembeli hanya tinggal menggorengnya saja jika ingin memakannya.

cara membuat chicken nugget sendiri

Dengan semakin berkembangnya resep masakan, nugget yang dulu hanya dibuat dari daging ayam kini juga bisa dibuat dari daging sapi, daging kambing, ikan, dan sayuran. Tidak hanya itu saja, nugget kini juga dapat dikombinasikan dengan keju agar rasanya semakin nikmat.

Chicken nugget juga menjadi salah satu makanan yang pernah masuk dalam buku rekor dunia. Pada tanggal 29 Oktober 2013, sebuah chicken nugget terbesar di dunia berhasil dibuat dengan panjang 0,99 meter, lebar 0,61 meter, dan berat 23,2 kg.

Bahan-Bahan Chicken Nugget

Sebelum membuatnya, mari kita siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang dibutuhkan untuk resep chicken nugget ini. Bahan-bahan untuk pembuatannya tersebut tidak terlalu banyak dan mudah untuk didapatkan, yakni:

  • Daging ayam sebanyak 400 gram, cincang
  • Tepung roti cukup sebanyak, 200 gram
  • Keju parmesan sekitar 75 gram
  • Garam sekiranya 1 sdt
  • Terigu serbaguna sebanyak 150 gram
  • Telur ayam cukup dengan 3 butir, kocok lepas
  • Minyak untuk menggoreng seperlunya saja.

Cara Membuat Chicken Nugget

Setelah semua bahan di atas terkumpul, mari kita langsung membuatnya. Pertama kalinya siapkan sebuah wadah untuk mencampur bahan-bahan nantinya. Selanjutnya campurkan bahan seperti daging ayam cincang, keju permesan, garam, dan juga tepung terigu.

Aduk-aduk bahan tersebut hingga tercampur secara merata. Pastikan garam juga terlarut agar rasa gurih dapat merata. Apabila sudah merata dan terbentuk semacam adonan, bentuk adonan tersebut sesuai selera masing-masing.

Anda dapat membentuk adonan tersebut menjadi persegi panjang atau bulat seperti kebanyakan nugget yang dijual di pasaran. Namun Anda juga dapat membuat bentuk yang lebih unik seperti bintang, huruf, dan lain sebagainya agar dapat menarik perhatian anak-anak.

Selanjutnya siapkan sebuah kukusan, lalu kukus semua adonan yang telah dibentuk tadi selama kurang lebih 10 menitan. Kukuslah hingga adonan tersebut sudah terasa sedikit empuk. Silahkan angkat dan sisihkan terlebih dahulu.

Setelah itu kita dapat mengocok telur ayam hingga mengembang atau mengeluarkan busa. Kemudian ambil adonan yang telah dikukus tadi dan celupkan ke dalam kocokan telur ayam ini. Usahakan seluruh bagian adonan terkena. Tiriskan terlebih dahulu.

Ambil tepung panir, kemudian gulingkan adonan yang telah diolesi dengan kocokan telur tadi hingga merata secara sempurna ke seluruh bagian. Siapkan sebuah wajan penggorengan dengan minyak secukupnya saja. Akan lebih baik apabila minyak lebih banyak agar seluruh bagian nugget bisa matang secara sempurna.

Panaskan minyak dalam wajan tersebut lalu masukan adonan nugget satu persatu ke dalamnya. Goreng nugget dengan api sedang sampai matang yang ditandai dengan warna kekuning-kuningan. Apabila sudah matang silahkan angkat dan tiriskan.

Kini chicken nugget keju spesial keluarga bisa Anda sajikan. Jangan lupa tambahkan sayur-sayuran ketika menyajikan chicken nugget tersebut, agar si kecil mendapatkan asupan nutrisi secara optimal. Selain itu, Anda juga bisa menjadikan nugget ayam ini sebagai bekal si kecil ketika sekolah.

Seperti disinggung di atas, agar lebih menarik dan membuat nafsu makan si kecil meningkat, Anda dapat membentuk nugget sesuai kesukaannya. Misalkan bentuk bintang, bulan sabit, ikan, karakter kartun kesukaannya, dan masih banyak lagi.

Chicken nugget ini dapat dimakan secara langsung ataupun dijadikan lauk untuk dimakan bersama sepiring nasi putih hangat. Bagi Anda yang menyukai rasa pedas, maka chicken nugget sangat pas disajikan dengan saus tomat dan juga kentang goreng.

Sekian informasi singkat seputar resep chicken nugget keju spesial yang dapat Anda buat sendiri di rumah. Kini Anda dapat menyajikan makanan yang sehat untuk keluarga tercinta tanpa perlu khawatir dengan bahan-bahan yang berbahaya. Selamat mencoba!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar