Bacaterus / Makanan Barat / Resep Chicken Cordon Bleu Enak dan Praktis

Resep Chicken Cordon Bleu Enak dan Praktis

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Apakah Anda penggemar dari steak? Tentunya jika Anda penggemar makanan tersebut sudah tahu apa itu chicken cordon blue. Makanan ini sangat populer di restaurant-restaurant steak Indonesia. saking populernya, Anda bisa dengan sangat mudah menemukan menu chicken cordon blue tersebut.

Sebenarnya steak pada awalnya diolah hanya dengan menggunakan daging sapi saja. Akan tetapi seiring dengan perkembangan jaman, sekarang ini steak tidak hanya berasal dari daging sapi. Sudah ada banyak steak dari olahan daging lain seperti daging ayam, ikan, dan lain sebagainya.

Chicken cordon bleu sendiri merupakan salah satu varian makanan yang dibuat dari berbagai olahan daging. Konon, makanan ini berasal dari negara Swiss dan mulai terkenal serta menyebar ke berbagai penjuru dunia pada tahun 1940an.

Secara umum chicken cordon bleu dibuat dengan menggunakan fillet dada ayam tanpa tulang yang diisi dengan daging asap (ham) serta keju. Olahan ini kemudian dapat dimasak dengan dua cara, bisa digoreng dan bisa juga dipanggang.

Keju yang digunakan sebagai isinya biasanya diambil dari keju berjenis lunak seperti keju mozzarella, keju Swiss, atau bleu cheese. Fillet dada ayamnya juga bisanya dilumuri pada bagian luarnya dengan tepung roti atau tepung panir agar memberikan kesan crunchy ketika dimakan.

Chicken cordon bleu yang banyak beredar saat ini sebenarnya merupakan modifikasi dari versi cordon bleu yang asli. Cordon bleu yang asli biasanya menggunakan daging babi sebagai bahan utamanya dan tidak menggunakan daging sapi.

resep chicken cordon bleu

Namun untuk mengakomodir masayarakat di negara dengan penduduk mayoritas muslim, akhirnya munculah chicken cordon bleu yang mengganti daging babi dengan daging sapi di dalamnya. Versi ini dapat dengan mudah Anda temukan di berbagai negara Asia termasuk Indonesia.

Di indonesia sendiri makanan ini masih tergolong mewah karena biasanya hanya dijual di restoran atau hotel-hotel mewah. Selain itu, harganya juga terbilang cukup mahal mengingat bahan yang digunakan juga bukan bahan yang murah.

Nah bagi Anda yang ingin mencoba makanan ini namun tidak ingin menghabiskan banyak uang, pada kesempatan kali ini bacaterus.com akan mencoba berbagi informasi mengenai resep chicken cordon bleu yang enak dan praktis berikut ini.

Bahan Chicken Cordon Bleu

Untuk membuat resep chicken cordon bleu ini, pertama-tama mari kita persiapkan terlebih dahulu bahan-bahannya. Bahan yang kita siapkan terdiri dari bahan utama dan bahan untuk pembuatan kulitnya. Berikut adalah bahan-bahan utamanya:

  • Dada ayam sebanyak 2 buah, tanpa tulang dan tanpa kulit
  • Irisan daging sapi sebanyak 2 lembar
  • Mustard cukup dengan 2 sdt
  • Garam & merica seperlunya
  • Keju mozzarella secukupnya

Bahan untuk kulit:

Cara Membuat Chicken Cordon Bleu

cara membuat chicken cordon bleu

Jika semua bahan yang diperlukan sudah tersedia, mari kita langsung membuatnya. Pertama-tama ambil dada ayam dan belah secara horisontal atau melebar, tetapi usahakan jangan sampai terpotong. Pada bagian tengah dada ayam tersebut lumuri dengan mustard, garam, dan juga merica. Pastikan semua bahan-bahan tersebut meresap secara merata pada bagian dada ayam.

Kemudian setelah bumbu meresap secara sempurna, pada bagian tengah tersebut masukan irisan daging sapi dan keju mozzarella. Gulung dada ayam tersebut hingga daging sapi dan kejunya tertutup. Bila perlu gunakan tusukan agar daging tersebut tertutup dengan rapat dan bagian dalamnya tidak keluar.

Masukan daging tersebut ke dalam kulkas selama kurang lebih 30 menitan. Jika sudah 30 menit berada dalam lemari pendingin, ambil daging tersebut dan taburi dengan tepung terigu secara merata. Lalu celupkan pada kocokan telur dan lanjutkan dengan menaburi tepung roti setelahnya, pastikan semua taburan bisa merata dan menutupi daging tersebut.

Kini kita masuk kedalam fase penggorengan, siapkan terlebih dahulu wajan penggorengan dan minyak secukupnya untuk melakukan proes deep fried. Lalu nyalakan api sedang dan masukan daging-daging tersebut ke dalam penggorengan.

Apabila sudah ¾ daging tersebut matang, maka besarkan api dan tunggu hingga daging tersebut matang atau berubah warna. Terakhir apabila sudah matang, buang tusuk yang telah digunakan tadi dan silahkan sajikan chicken cordon bleu yang nikmat tersebut.

Sebagai tambahan, Agar daging steak tersebut bisa memberikan kerenyahan yang maksimal, Anda dapat menambah taburan tepung roti dan tepung terigu lebih banyak. Selain itu pastikan saat menggoreng, Anda juga menggunakan minyak yang lebih banyak. Karena jika minyak terlalu sedikit akan membuat daging tersebut menjadi lembek atau kurang renyah.

Silahkan sajikan chicken cordon bleu ini bersama dengan saus tomat atau mayonese. Jangan lupa untuk menambahkan sayuran seperti wortel, brokoli, dan buncis yang sudah dipotong kecil-kecil agar Anda mendapatkan asupan gizi yang seimbang.

Jika dirasa kurang mengenyangkan perut, maka Anda bisa memakannya bersama dengan kentang goreng ataupun kentang tumbuk. Untuk membuat kentang goreng sendiri yang renyah dan empuk, silahkan ikuti langkah-langkahnya di artikel ini.

Itulah pembahasan singkat mengenai cara membuat chicken cordon bleu yang mudah dan nikmat. Sajikan kuliner lezat dan spesial ini kepada keluarga tercinta, dijamin Anda akan mendapatkan banyak pujian dari mereka, terutama jika Anda menyajikan saat hari spesial seperti ulang tahun, hari jadi, pesta, dan lain sebagainya.

Demikian informasi resep chicken cordon bleu spesial dan mudah yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga informasi singkat tersebut bisa menjadi sumber referensi bagi Anda, selamat mencoba di rumah dan selamat menikmati.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *