Bacaterus / Resep Kue Bolu / Resep Cheese Cake Tanpa Oven yang Sangat Praktis

Resep Cheese Cake Tanpa Oven yang Sangat Praktis

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Pernahkah Anda mencicipi kelezatan rasa dari cheese cake? Jika belum, maka Anda bisa membuatnya sendiri dan mencicipinya sekarang juga. Cheese cake merupakan sebuah camilan yang sudah sangat populer sekali di Indonesia.

Pada awalnya camilan satu ini disajikan di restoran-restoran terkenal di pusat kota besar sebagai salah satu menu penutup. Namun kini cheese cake mulai banyak dijajakan oleh para penjual kue di pinggir jalan karena rasanya yang memang sangat menggoda selera.

Dalam sejarahnya, cheese cake memiliki kaitan yang sangat erat dengan orang-orang Yahudi. Konon, kue ini menjadi salah satu menu hidangan pada hari raya Shavout, yaitu perayaan untuk memperingati diturunkannya kitab Taurat kepada Nabi Musa.

Pada saat menerima Taurat tersebut, orang-orang Yahudi belum dibolehkan untuk memakan daging sehingga mereka hanya memakan susu dan hasil olahannya. Salah satu olahan susu yang paling disukai adalah keju yang kemudian dibuat menjadi cheese cake ini.

Jenis keju yang biasanya digunakan untuk adonan cheese cake adalah cream cheese alias keju yang berbentuk krim. Namun beberapa jenis keju lainnya seperti mascarpone, neufchâtel, cottage cheese, ricotta, dan quark juga bisa digunakan.

Bagian bawah atau daar dari cheese cake biasanya dibuat dengan biskuit, kacang yang dihancurkan, atau bahan-bahan makanan yang rapuh lainnya. Sedangkan di bagian atasnya biasanya diberi hiasan dari buah-buahan segar dan juga krim.

resep cheese cake tanpa oven

Mungkin banyak yang mengenal cheese cake dibuat dengan menggunakan oven agar kuenya bisa mengembang secara sempurna. Ya, sama seperti kue lainnya, kebanyakan orang memang membuat kue ini dengan cara dipanggang menggunakan oven.

Tetapi sebenarnya tidak selamanya cheese cake dibuat dengan menggunakan oven. Pasalnya, tanpa oven dan tanpa kukus pun sebenarnya Anda bisa membuat camilan lezat yang satu ini. Anda yang tidak memiliki oven atau tinggal di rumah kost dapat membuatnya secara mudah dan praktis.

Wah, bagaimana bisa tanpa oven? Nah bagi Anda yang penasaran dengan resep cheese cake tanpa oven, kali ini bacaterus.com akan membagikan caranya untuk Anda. Dengan begitu Anda dapat langsung mempraktekannya di rumah sekarang juga.

Bahan-Bahan Cheese Cake Tanpa Oven

cara membuat cheese cake tanpa oven

Dalam resep cheese cake tanpa oven kali ini kita akan membuat versi yang sederhananya saja. Kita juga akan menggunakan buah stroberi sebagai hiasannya. Nah berikut adalah bahan-bahan yang harus Anda persiapkan:

  • Cream cheese sebanyak 300 gram
  • Mentega cukup dengan 50 gram
  • Biskuit sekitar 125 gram
  • Sour cream sebanyak 150 gram
  • Gula halus cukup sebanyak 35 gram
  • Vanili sekiranya 1/8 sdt
  • Strawberry untuk hiasan sesuai selera.

Catatan:

Sour cream merupakan sebuah krim yang dibuat dengan menggunakan bantuan bakteri tertentu, sehingga menghasilkan bentuk gumpalan dan memiliki rasa sangat asam. Bahan satu ini bisa dengan mudah kita temukan di swalayan-swalayan terdekat.

Sour cream biasanya dikemas dalam sebuah mangkuk kecil. Akan tetapi apabila Anda tidak menemukannya, Anda bisa mengganti sour cream tersebut dengan menggunakan bahan susu segar yang diberi perasan air jeruk nipis.

Cara Membuat Cheese Cake Tanpa Oven

Setelah semua bahan terkumpul, sekarang kita bisa mulai membuatnya. Pertama kalinya hancurkan terlebih dahulu biskuit dengan menggunakan rolling pin ataupun blender. Setelah hancur tuang biskuit tersebut ke dalam sebuah wadah yang kosong.

Selanjutnya lelehkan mentega hingga mencair secara sempurna, kemudian masukan lelehan mentega tersebut ke dalam wadah yang berisi biskuit hancur tadi. Tambahkan pula 1 sendok makan krim cheese, aduk sampai tercampur merata.

Siapkan sebuah loyang terlebih dahulu, lalu olesi dengan mentega dan letakan kertas roti di atasnya. Tuang adonan yang telah dibuat ke dalamnya sambil ditekan dan padatkan. Pastikan ketebalan satu sisi dengan sisi adonan lain sudah sama.

Selanjutnya, haluskan gula bersama dengan krim cheese yang masih tersisa. Agar hasil campuran maksimal, bisa menggunakan bantuan mixer. Sambil diaduk, tambahkan sour cream ke dalam campuran tersebut dan pastikan semuanya tercampur secara merata.

Tuang adonan cream cheese tadi ke dalam loyang yang telah berisi adonan pertama, ratakan ke bagian-bagian sisi dan tekan dengan menggunakan punggung sendok. Tutup adonan cake dalam loyang tersebut dengan plastik wrapped, lalu masukan ke dalam lemari es selama satu malam.

Keesokan harinya silahkan keluarkan dari kulkas dan cheese cake tanpa oven pun siap untuk disantap. Sajikan camilan khas tersebut dengan hiasan buah strawberry di atasnya. Cheese cake ini sangat pas untuk Anda nikmati di saat bersantai di rumah.

Seperti itulah cara membuat cheese cake tanpa oven dengan mudah dan praktis. Apakah sulit? saya rasa resep diatas tidak terlalu sulit. Asalkan Anda mengikutinya dengan baik dan benar, olahan cheese cake Anda akan memiliki tekstur lembut dan nikmat di lidah.

Selain menggunakan stroberi, Anda juga dapat menambahkan bahan pelengkap lainnya ke dalam cheese cake tersebut seperti blueberry, coklat, dan butter cream. Anda juga dapat menambahkan biskuit oreo agar rasa yang dihasilkan semakin bervariasi.

Demikian sajian informasi singkat seputar resep cheese cake tanpa oven yang dapat kami sampaikan. Kini Anda dapat menikmati kue yang sangat lezat ini secara mudah dan praktis tanpa memerlukan peralatan memasak yang banyak. Selamat mencoba!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *