bacaterus web banner retina
Bacaterus / Dapur / Resep Masakan / Resep dan Cara Membuat Urap Sayur Kelapa yang Enak

Resep dan Cara Membuat Urap Sayur Kelapa yang Enak

Ditulis oleh Bacaterus.com - Diperbaharui 29 Mei 2020

Berbicara mengenai makanan khas Nusantara memang tidak akan pernah ada habis-habisnya. Setiap daerah di Indonesia mampu menyajikan kuliner dengan rasa yang bervariasi, terkadang beberapa diantaranya memiliki nama-nama yang unik.

Sebagai warga negara Indonesia asli, kita harus lebih berbangga diri, sebab kuliner-kuliner khas Nusantara sekarang ini telah mulai dikenal luas oleh masyarakat luar negeri. Bahkan beberapa diantaranya sudah dipatenkan sebagai warisan budaya asli tanah air.

Salah satu menu kuliner yang cukup melegenda dan populer di Indonesia adalah urap. Sekilas penampilan dari urap sama dengan trancam dan lawar, namun sebenarnya bahan-bahan yang digunakan berbeda. Sehingga secara otomatis rasanya pun juga berbeda jauh.

Apa itu Urap?

cara membuat urap sayur enak

Mendengar nama “urap” mungkin cukup begitu asing di telinga kita, terlebih apabila kita merupakan orang di luar Jawa. Urap merupakan menu kuliner yang dibuat dari racikan sayur-sayuran yang dicampur dengan sambal parutan kelapa.

Sampai sekarang belum diketahui siapa yang menciptakan menu urap ini. Meskipun demikian, sejarah mencatat urap termasuk warisan menu tradisional Nusantara yang berasal dari daerah Jawa. Sebagai makanan khas Jawa, urap ini memiliki rasa yang cukup nikmat dan pas dengan lidah orang Indonesia.

Orang Jawa biasa menyebut makanan satu ini dengan urap-urapan, sementara orang Sunda menyebutnya dengan urab. Baik urap versi jawa ataupun Sunda, kedunya menggunakan bahan dan cara pengolahan yang serupa.

Urap sama sekali tidak mengandung daging, sebab 100 % bahan yang digunakan berasal dari sayur-sayuran. Karena dari sayur-sayuran inilah urap sering disebut sebagai “salad Jawa”. Sayur-sayuran tersebut sangat cocok bagi Anda yang sedang menjalani diet vegetarian.

Beberapa sayuran yang biasa digunakan dalam urap adalah kangkung, kacang pancang, toge, kubis, bayam, daun singkong, dan daun pepaya muda. Semua sayuran tersebut direbus atau dikukus lalu dicampur dengan parutan kelapa muda yang gurih.

Untuk menemukan urap di Jawa sangatlah mudah sekali, hampir di setiap rumah makan pasti menyediakan menu satu ini. Biasanya menu urap disajikan bersama dengan nasi kuning. Bahkan konon jaman dahulu urap sering digunakan sebagai upacara adat dalam bentuk nasi tumpeng.

Namun jika tidak ada yang menjualnya di sekitar rumah, Anda juga bisa mencoba untuk membuatnya sendiri. Nah, kali ini bacaterus.com akan mengulas resep dan cara membuat urap sayur yang enak tersebut untuk Anda.

Bahan-Bahan Urap Nikmat

Hadir sebagai menu pelengkap, urap tergolong sebagai makanan yang sangat mudah sekali kita buat, mengingat cara membuat urap sendiri sangatlah mudah dan praktis. Sangat cocok bagi Anda yang belum pandai memasak menu makanan. Namun sebelum membuatnya, siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang diperlukan antara lain seperti:

  • Bayam sebanyak 200 gram, petik daun, batang, direbus
  • Daun singkong muda cukup 200 gram, rebus, potong-potong 3 cm
  • Kacang panjang sebanyak 200 gram, dipotong 2 cm, rebus
  • Taoge sekitar 200 gram, buang akarnya, rebus sebentar saja
  • Daun kol cukup 5 lembar, dibuang tulang, iris 1/2 cm, rebus
  • Kelapa agak muda sekiranya 1/2 butir, kupas kulitnya, parut.

Bahan bumbu halusan:

  • Bawang putih sebanyak 3 buah
  • Cabai / cabe merah besar cukup 5 buah, buang bijinya
  • Daun jeruk purut sebanyak 5 lembar
  • Ketumbar sekitar 2 sendok teh, disangrai dulu
  • Gula merah sekiranya 3 sendok teh
  • Kencur cincang sekiranya 2 sendok teh
  • Garam cukup sebanyak 1 1/2 sendok teh

Cara Membuat Urap Sayur

Pertama kalinya isi panci dengan air secukupnya saja. Lalu panaskan panci tersebut. Ketika mendidih masukan  bahan-bahan sayuran yang telah kita persiapkan tadi. Rebuslah sayuran tersebut sampai layu. Jika sudah layu, angkat dan tiriskan sejenak.

Selanjutnya kita dapat membuat sambal kelapanya. Caranya siapkan sebuah wadah, kemudian dalam wadah tersebut campurkan parutan kelapa bersama dengan bumbu halusan. Aduk-aduk sampai kedua bahan tersebut tercampur secara merata.

Setelah bumbu tercampur merata bersama dengan parutan kelapa, siapkan sebuah kukusan dan kukus selama kurang lebih 25 menit. Pengukusan ini bertujuan agar bumbu kepala lebih awet atau tidak mudah basi. Setelah selesai, angkat dan sisihkan.

Siapkan sebuah piring saji, kemudian campurkan antara sayuran yang telah kita rebus tadi bersama dengan sambal kelapa. Aduk-aduk keduanya sampai tercampur secara merata. Setelah itu sajikan bersama dengan nasi kuning ataupun nasi putih hangat sebagai lauknya. Supaya lebih spesial, Anda bisa menikmati urap bersama dengan gorengan atau lauk lainnya.

Kandungan Gizi dan Manfaat Konsumsi Urap

resep urap jawa

Urap tidak hanya menawarkan rasa nikmat dan segar saja, akan tetapi sayur-sayuran yang ada di dalamnya ternyata mengandung beragam nutrisi yang baik untuk tubuh. Kandungan gizi dalam olahan urap di atas antara lain:

  • Kalori

Kalori merupakan kandungan nutrisi yang sangat diperlukan oleh manusia. Tanpa kalori, kita tidak bisa mendapatkan asupan energi secara maksimal. Kandungan kalori dalam olahan urap di atas sekitar 139.5 kcal. Konsumsi urap sebagai menu sarapan pagi, agar Anda mendapatkan asupan energi optimal untuk menjalani aktivitas sepanjang harinya.

  • Lemak

Mungkin banyak yang berfikir lemak itu kurang baik bagi tubuh, anggapan tersebut memang benar sekali. Namun meskipun demikian, lemak juga berperan penting dalam tubuh karena dapat menjadi cadangan makanan. Dengan konsumsi olahan urap di atas Anda akan mendapatkan asupan lemak sebesar 2.7 gram.

  • Protein

Asam amino atau protein dikenal sebagai nutrisi pembangun sel-sel tubuh yang cukup baik. Konsumsi protein akan membantu mempercepat proses metabolisme tubuh. Anda bisa mendapatkan 8 gram asupan protein setelah mengonsumsi urap. Kandungan protein tersebut didapatkan dari protein yang ada di dalamnya.

Bagaimana, menarik bukan? Oleh sebab itu, jika penasaran langsung saja ikuti langkah pembuatan diatas sekarang juga. Sekian informasi seputar resep dan cara membuat urap yang dapat kami sajikan pada kesempatan kali ini. Selamat mencoba!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram