bacaterus web banner retina
Bacaterus / Dapur / Resep Masakan / Resep & Cara Membuat Kolak Pisang Kepok dan Ubi

Resep & Cara Membuat Kolak Pisang Kepok dan Ubi

Ditulis oleh Bacaterus.com - Diperbaharui 29 Mei 2020

Kolak pisang merupakan sajian kuliner yang  biasanya banyak dijual saat bulan puasa atau ramadhan tiba. Kolak sebenarnya tidak hanya kolak pisang saja, tetapi masih ada banyak sekali varian resep kolak yang bisa kita nikmati.

Beberapa macam kolak yang populer di Indonesia di antaranya adalah kolak biji salak, kolak kolang-kaling, kolak ubi, kolak labu, kolak nangka, dan masih banyak lagi. Dengan banyaknya varian rasa kolak ini, tentunya akan membuat lidah kita semakin tergoda.

Berbagai kolak tersebut biasanya disajikan masing-masing sesuai dengan jenisnya. Akan tetapi tidak sedikit pula yang mencampurkan semuanya ke dalam satu wadah karena memang kuah yang digunakan tidak terlalu berbeda.

Identiknya kolak dengan bulan Ramadhan tidak lain karena anjuran Nabi Muhammad SAW untuk berbuka dengan yang manis. Selain manis, kolak juga cukup mengenyangkan sehingga lapar dan dahaga selama seharian akan langsung terbayarkan.

Sebenarnya menikmati kolak pisang, tidaklah selamanya harus menunggu bulan ramadhan tiba. karena di hari-hari biasa pun Anda juga bisa menikmati kolak satu ini dengan cara membuatnya sendiri di rumah. Meskipun memerlukan waktu yang lebih lama dan bahkan merepotkan, tetapi semua itu nanti akan terbayar dengan kelezatan dan kesegaran kolak pisang tersebut.

resep kolak pisang

Resep kolak pisang tidaklah terlalu sulit seperti resep hidangan berbuka puasa lainnya. bahkan tanpa memerlukan skill khusus pun Anda masih bisa membuat kuliner lezat satu ini. Nah bagi Anda yang penasaran, langsung saja simak dan terapkan cara membuat kolak pisang mudah dan praktis berikut ini.

Bahan-Bahan Kolak Pisang

Dalam resep kolak pisang kali ini kita akan menggunakan pisang kepok sebagai bahan utamanya. Tidak hanya itu saja, kita juga akan menambahkan kolang-kaling dan ubi di dalamnya agar rasanya lebih bervariasi. Berikut adalah bahan-bahan yang harus Anda siapkan:

  • Ubi jalar merah sebanyak 250 gram, kupas dan potong dadu 2 cm
  • Kolang-kaling sebanyak 250 gram
  • Pisang kepok kuning cukup 250 gram
  • Daun pandan kiranya 3 lembar
  • Gula pasir sebanyak 200 gram
  • Santan cukup sebanyak 600 ml
  • Garam kira-kira ½ sdt

Cara Membuat Kolak Pisang

cara membuat kolak pisang

Apabila semua bahan yang dibutuhkan telah terkumpul, sekarang mari kita mula proses pembuatannya. Pertama kalinya masak santan, daun pandan, dan garam hingga mendidih. Jangan lupa aduk-aduk perlahan agar santan kelapa teksturnya tidak menjadi pecah-pecah.

Apabila sudah mendidih secara sempurna, silahkan masukan kolang kaling dan ubi jalar yang sudah dipotong-potong ke dalam rebusan tersebut. Masaklah selama beberapa saat hingga bahan-bahan menjadi tampak setengah matang.

Selanjutnya ambil pisang kepok yang telah kita persiapkan tadi, kemudian potong-potong pisang kepok tersebut dengan berbentuk bulatan. Agar lebih mudah ketika dimakan, potonglah pisang tersebut menjadi ukuran yang kecil-kecil.

Selanjutnya masukan potongan pisang kepok tersebut ke dalam rebusan santan. Tunggu beberapa saat hingga santan menjadi agak mengental. Hal ini bertujuan agar semua bahan-bahannya bisa matang secara sempurna.

Terakhir, masukan gula pasir ke rebusan kolak tersebut dan aduk-aduk agar tercampur secara merata. Agar gula dapat terlarut secara sempurna, sebelum memasukan gula tersebut bisa dihaluskan terlebih dahulu.

Jika semua proses di atas sudah selesai, tuang kolak pisang tersebut ke dalam 5 mangkuk saji dengan takaran sama. Sekarang kolak pisang siap untuk disantap untuk menemani buka puasa Anda bersama keluarga tercinta.

Tips Memasak Kolak Pisang


Agar hasil olahan kolak pisang Anda memiliki rasa gurih yang maksimal, usahakan ketika mengolah atau merebus santan kelapa beri adukan-adukan lembut. Adukan-adukan ini bertujuan agar tekstur santan tidak menjadi pecah dan meningkatkan kenikmatan kolak pisang tersebut.

Selain itu, bagi Anda yang ingin menikmati kesegaran kolak dalam keadaan dingin, maka silahkan tambahkan potongan es batu ketika kolak satu ini sudah tidak terlalu panas. Karena kolak ini bisa dinikmati saat dingin dan hangat.

Jika ingin kolak pisang dengan kuah berwarna coklat yang pekat, maka Anda dapat mengganti gula pasir yang digunakan dengan gula merah (jawa). Dengan menggunakan gula merah, rasa manis yang disuguhkannya pun akan menjadi sangat khas.

Sangat disarankan untuk memakan kolak pisang ini segera setelah dibuat dan tidak menyimpannya terlalu lama. Pasalnya kolak pisang ini menggunakan campuran santan yang dapat mempercepat proses pembusukan sehingga rasanya menjadi asam.

Tidak hanya dicampur dengan kolang-kaling dan ubi, kolak pisang ini juga dapat disajikan bersamaan dengan kolak biji salak yang kenyal. Untuk membuat kolak biji salak tersebut, silahkan simak resepnya di artikel ini.

Itulah sajian informasi singkat seputar resep dan cara membuat kolak pisang yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Bagi ibu rumah tangga yang ingin menyajikan hidangan lezat kepada keluarga, silahkan coba resep yang telah kami sampaikan diatas.

Sekian informasi pada kesempatan kali ini, terus ikuti update informasi seputar resep masakan yang akan kami sajikan di kesempatan mendatang. Selamat mencoba resep-resep yang kami sajikan dan semoga hasil masakan Anda bisa memuaskan.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram