Bacaterus / Makanan Korea / Resep dan Cara Membuat Kimbab Khas Korea

Resep dan Cara Membuat Kimbab Khas Korea

Ditulis oleh - Diperbaharui 8 Desember 2018

Kimbab merupakan salah satu makanan khas Korea yang belakangan ini banyak digemari di Indonesia. Makanan yang satu ini memang sangat bersahabat dengan lidah orang Indonesia karena terbuat dari nasi dan bahan-bahan umum lainnya seperti daging ayam, mentimun, dll.

Nah kali ini bacaterus.com akan mengulas resep dan cara membuat kimbab khas Korea tersebut. Cara membuatnya sangatlah mudah karena bahan-bahannya ada di sekitar kita. Namun sebelumnya mari kita kenali terlebih dahulu sejarah dan asal usul makanan ini.

Apa Itu Kimbab?

cara membuat kimbab

Kimbab atau yang biasa disebut juga sebagai gimbap dan kimbap merupakan makanan khas Korea yang terbuat dari rumput laut (kim) dan nasi (bap). Makanan ini sekilas mirip dengan makanan khas Jepang yakni Sushi. Ya, kimbab memang terinspirasi dari futomaki (makizushi) yang dibawa oleh orang Jepang ketika mereka menjajah Korea pada tahun 1910-1945.

Akan tetapi terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara sushi dan kimbab. Sushi biasanya disajikan dengan cuka dan bumbu lainnya sedangkan kimbab nasinya sudah diberi bumbu sehingga lebih terasa gurih. Kimbab juga bisa dimakan secara langsung tanpa perlu cuka dan semacamnya.

Kimbab ini bukanlah makanan mewah karena Anda dapat dengan mudah menemukannya di jalanan Korea. Biasanya kimbab dijadikan sebagai perbekalan untuk sekolah, piknik, dan lainnya. Kimbab juga bisa disajikan dengan makanan lainnya seperti danmuji dan kimchi.

Bahan utama untuk membuat kimbab adalah nasi dan rumput laut. Di dalamnya biasanya ditambahkan aneka macam isian seperti daging ayam, daging sapi, ikan, telur, dan sayuran. Sayuran yang biasanya digunakan ialah mentimun, bayam, wortel, dan danmuji.

Selain berbagai macam bahan tradisional di atas, saat ini kimbab juga banyak menggunakan bahan yang lebih modern seperti keju, gurita, dan tuna. Di Korea juga terdapat beberapa jenis kimbab yang cukup populer seperti:

  • Samgak kimbab, yaitu kimbab berbentuk segitiga yang banyak dijual di supermarket di Korea Selatan.
  • Chungmu kimbab, yaitu kimbab yang hanya dibuat dari nasi saja. Kimbab yang berasal dari kota Chungmu ini bentuknya lebih tipis dan biasanya tidak diberi bumbu pada permukaannya. Chungmu kimbab biasanya dihidangkan bersama dengan kolddugi muchim.
  • Chamchi kimbab, yaitu kimbab yang berisi tuna, wijen, dan mayonese.
  • Mayak kimbab, yaitu kimbab yang biasanya ditemukan di Gwangjang Market di Seoul. Konon, orang yang memakan kimbab ini akan ketagihan karena saking nikmatnya mayak kimbab ini.

Bahan-Bahan

Pertama-tama mari kita persiapkan terlebih dahulu bahan yang akan digunakan. Dalam resep kali ini kita akan menggunakan wortel, timun, dan telur ayam sebagai isiannya. Anda dapat mengganti dan menyesuaikan isiannya sesuai dengan keinginan. Berikut adalah bahan-bahannya:

  • Nasi secukupnya. Pilihlah nasi yang pulen seperti nasi untuk membuat sushi agar mudah untuk dibentuk.
  • Kim atau nori
  • Minyak wijen
  • Gula pasir
  • Garam
  • Wortel
  • Telur dadar yang dipotong memanjang
  • Timun
  • Bamboo mat atau alat penggulung sushi

Cara Membuat Kimbab

Setelah semua bahannya siap, pertama-tama silahkan masak nasi hingga matang dan juga pulen. Goreng telur dadar lalu potong-potong dengan bentuk kecil dan memanjang. Potong-potong juga sayuran lainnya seperti wortel dan mentimun.

Selanjutnya campurkan nasi dengan minyak wijen, gula, dan garam hingga rasanya pas dan sesuai dengan selera. Siapkan penggulung sushi lalu letakan lembaran nori di atasnya. Ingat, letakan bagian nori yang mengkilap menghadap ke bawah.

Selanjutnya tuang nasi yang sudah dicampur bahan-bahan ke atas nori tersebut lalu ratakan. Letakan juga timun, wortel, telur dadar di atasnya. Setelah itu gulung semua bahan tersebut menggunakan alat penggulung sushi hingga bentuknya menjadi lonjong.

Agar lembaran norinya bisa menempel, Anda dapat mengoleskan air pada bagian ujung dari lembaran nori tersebut. Terakhir, silahkan potong-potong menjadi potongan yang lebih kecil agar mudah untuk dimakan. Nah, kimbab sudah bisa disajikan dan siap untuk dimakan.

Nah itulah dia resep dan cara membuat kimbab ala Korea yang bisa Anda coba di rumah. Seperti disinggung di atas, kimbab ini dapat Anda nikmati bersama makanan Korea lainnya seperti danmuji dan kimchi. Untuk membuat kimchi sendiri, Anda dapat mengikuti resep dan tutorialnya di artikel ini. Selamat mencoba!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Satu pemikiran pada “Resep dan Cara Membuat Kimbab Khas Korea”

  1. Share cara bikin danmujinya donk.trims

Tinggalkan komentar