Bacaterus / Resep Makanan Ringan / Resep dan Cara Membuat Jamur Krispi yang Renyah

Resep dan Cara Membuat Jamur Krispi yang Renyah

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Pada pertengahan tahun 2014 yang lalu, banyak sekali berdiri warung-warung kecil yang menjual camilan jamur crispy. Camilan yang satu ini sangat diminati oleh para masyarakat. Hal ini terjadi karena jamur crispy mampu menyajikan rasa yang renyah dan gurih di lidah. Bahkan hingga sekarang penggemar jamur krispy sendiri juga masih banyak sekali.

Jamur krispi merupakan sebuah camilan yang dibuat dari jamur tiram dan dibalut dengan tepung beras bercampur maizena. Termasuk dalam kelompok camilan yang digoreng, jamur krispi sangat cocok sekali apabila dijadikan sebagai camilan bersantai keluarga, terlebih lagi jika camilan ini digoreng hingga renyah dan gurih.

Tidak hanya nikmat untuk disantap saja, akan tetapi jamur krispi ini menurut para ahli juga memiliki beragam kandungan senyawa organik mulai dari mineral, protein, dan lain sebagainya. Nah kandungan-kandungan organiknya inilah yang jika diserap tubuh akan mampu mengurangi kadar kolesterol dan bahkan bisa mencegah kanker.

Oleh sebab itu, jika Anda mencari camilan sehat dan lezat, jamur crispi ini bisa menjadi pilihan terbaik bagi Anda. Berikut bacaterus.com akan menyajikan resep dan cara membuat jamur krispi yang renyah serta gurih untuk Anda.

Bahan-Bahan Jamur Krispi

cara membuat jamur krispi

Bahan yang digunakan untuk resep jamur krispi ini tidaklah rumit dan mudah untuk didapat. Bahan yang dibutuhkannya terdiri dari bahan utama dan bahan untuk membuat bumbunya. Berikut adalah bahan utama yang dibutuhkan:

Bumbu jamur krispi:

  • Ketumbar sebanyak 1/2 sendok makan
  • Garam cukup dengan 1 sendok makan
  • Bawang putih sebanyak 4 siung

Cara Membuat Jamur Krispi

Apabila semua bahan yang diperlukan telah tersedia, sekarang mari kita menuju ke cara pembuatannya. Langkah pertama cuci bersih terlebih dahulu jamur tiram yang telah dipersiapkan tadi, kemudian peras jamur tersebut hingga airnya keluar secara perlahan-lahan.

Setelah itu suwir jamur tersebut dan cuci kembali hingga benar-benar bersih semua. Selanjutnya siapkan sebuah wadah dan campur antara tepung beras dengan maizena secara  merata. Sisihkan terlebih dahulu.

Haluskan semua bahan bumbu jamur krispi di atas. Kemudian campurkan bumbu-bumbu halusan tersebut bersama dengan kocokan telur ayam. Aduk-aduk secara perlahan-lahan dan pastikan semua bahan tercampur secara merata.

Kemudian ambil adonan tepung yang telah kita buat tadi, tambahkan campuran kocokan telur dan bumbu dalam adonan tepung tersebut. Aduk-aduk kembali hingga tercampur secara merata.

Kini kita tinggal membalurkan adonan tersebut ke jamur tiram putih. Terlebih dahulu ambil suwiran jamur tersebut dan baluri dengan adonan secara merata. Kami sarankan Anda melakukan proses ini satu per satu agar semua adonan merata ke seluruh bagian suwiran jamur tersebut.

Kita akan masuk dalam fase pengorengan. Siapkan wajan dan minyak secukupnya untuk menggoreng jamur tersebut. masukan jamur dan goreng dengan menggunakan api sedang hingga berwarna kekuning-kuningan. Jika sudah tiriskan.

Kini jamur krispi spesial lezat dan renyah siap untuk disajikan. Sebelum menyajikan camilan satu ini, pastikan Anda siapkan juga saus tomat. Karena camilan satu ini akan semakin nikmat apabila disantap bersama sambal ataupun saus tomat agar memberikan sensasi pedas.

Jamur krispi ini juga bisa Anda jadikan sebagai lauk untuk dihidangkan bersama dengan sepiring nasi. Tidak hanya itu saja, camilan ini juga bisa disajikan bersama dengan camilan yang gurih lainnya seperti kentang goreng. Untuk membuat kentang goreng yang renyah, Anda bisa menyimak resepnya di artikel ini.

Manfaat Jamur Krispi

Tidak hanya enak dan renyah, jamur krispi juga memiliki banyak manfaat jika dikonsumsi. Manfaat tersebut berasal dari bahan utama pembuatannya yakni jamur tiram. Nah, berikut adalah beberapa manfaat dan khasiat dari jamur tiram tersebut:

  • Menurunkan kolesterol, karena jamur tiram adalah satu panganan yang rendah kolesterol jahat.
  • Mencegah bakteri berbahaya yang dapat menimbulkan penyakit tumor.
  • Memproduksi enzim hidrolisis dan enzim oksidasi yang akan membantu membentuk energi di dalam tubuh
  • Membunuh cacing parasit alias nematoda yang sering menetap di sistem pencernaan.
  • Mengurangi resiko timbulnya penyakit jantung.
  • Menyembuhkan penyakit hati alias liver.

Nah itulah panduan resep dan cara membuat jamur krispi renyah dan gurih. Sekian informasi pada kesempatan kali ini, atas perhatiannya kami ucapkan banyak-banyak terima kasih. Selamat mencoba sendiri di rumah dan semoga informasi resep di atas bisa membantu Anda.

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *