Bacaterus / Masakan Cina / Resep dan Cara Membuat Fuyunghai dari Telur & Sayuran

Resep dan Cara Membuat Fuyunghai dari Telur & Sayuran

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Fuyunghai adalah salah satu masakan asal Tiongkok yang cukup banyak digemari di Indonesia. Sayuran beserta daging yang dibalut dalam telur dadar memang sangat cocok di lidah orang Indonesia, apalagi jika dipadukan dengan saus tomatnya yang menyegarkan.

Fuyunghai atau yang dalam bahasa Tiongkoknya disebut sebagai fu yong hai merupakan makanan yang dibuat dari telur dadar dengan campuran sayuran, daging, dan juga makanan laut. Di negara asalnya daging yang biasa digunakan sebagai campurannya adalah daging babi, daging ayam, dan daging sapi.

Sedangkan untuk seafood-nya, fuyunghai biasanya menggunakan campuran udang atau kepiting. Untuk sayurnya sendiri terdapat berbagai macam variasi sayuran yang biasa digunakan, namun yang paling populer adalah kol, wortel, dan juga kacang polong.

Fuyunghai biasanya dimakan dengan saus khusus yang memiliki citra rasa asam manis. Rasa asam manis dari saus tersebut berasal dari tomat yang dijadikan sebagai bahan utamanya. Terkadang saus tersebut juga diberi potongan nanas agar rasa asam dan manisnya semakin terasa.

Nah, dalam ulasan kali ini bacaterus.com akan membahas resep dan cara membuat fuyunghai sederhana dari telur dan sayuran. Resep fuyunghai ini sangat mudah untuk dicoba karena bahan-bahannya mudah untuk didapatkan di sekitar kita.

Bahan-Bahan

Pertama-tama mari siapkan terlebih dahulu-bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat fuyunghai sederhana dengan sausnya ini. Dalam resep kali ini kita menggunakan kol dan wortel sebagai sayuran yang digunakan. Anda dapat menambah atau menggantinya dengan sayuran lain yang Anda sukai.

  • 10 butir telur ayam atau telur bebek
  • 2 helai daun bawang
  • 300 gram wortel
  • Gula pasir secukupnya
  • Garam dapur secukupnya
  • Merica halus secukupnya
  • 4 sdm tepung tapioka
  • Kecap manis secukupnya
  • Minyak secukupnya

Untuk membuat saus asam manisnya, silahkan siapkan bahan-bahan berikut ini:

  • 2 siung bawang bombay
  • 6 siung bawnag putih
  • Saus tomat secukupnya
  • 2 buah cabe merah
  • 4 buah tomat merah
  • Garam dapur secukupnya
  • 4 sdm kecap manis
  • Merica secukupnya
  • 2 sdm tepung maizena
  • 500 ml kaldu ayam
  • Gula pasir secukupnya

Cara Membuat Fuyunghai Sederhana

cara membuat fuyunghai

Jika semua bahan yang dibutuhkan telah tersedia, sekarang mari kita mulai cara membuat fuyunghai dari telur dan sayuran. Pertama-tama siapkan sebuah wadah besar untuk menampung adonan telurnya. Setelah itu pecahkan telur dan masukan ke wadah tersebut.

Selanjutnya masukan garam, merica, kecap, gula pasir, dan tepung tapioka. Aduk-aduk adonan tersebut hingga semua bahannya tercampur dengan merata. Setelah itu potong-potong kol, wortel, dan bawang daun kemudian masukan ke dalam adonan tersebut lalu aduk kembali hingga merata.

Siapkan wajan untuk menggoreng adonan fuyunghai, lalu beri minyak goreng secukupnya dan panaskan. Setelah dirasa cukup panas, silahkan masukan sebagian adonan tersebut ke atas penggorengan lalu goreng dengan api yang sedang.

Jika sudah matang, silahkan angkat lalu masukan kembali sisa adonan tersebut sedikit demi sedikit hingga semuanya habis di masak. Nah, sekarang fuyunghai telah siap untuk disajikan bersama dengan saus asam manisnya.

Cara Membuat Saus Fuyunghai

Untuk membuat saus fuyunghai ini pertama-tama silahkan rebus tomat di dalam air mendidih hingga matang. Setelah itu, haluskan tomat tersebut dengan cara diulek atau diblender dengan air sekitar 400 ml. jika kurang suka dengan ampasnya, maka Anda dapat menyaringnya terlebih dahulu setelah menghaluskannya.

Selanjutnya silahkan potong keci-kecil bawang putih, bawang bombay, dan juga cabe merah. Masukan potongan ke dalam penggorengan, tumis sebentar hingga tercium bau harum. Setelah itu masukan saus tomat dan tomat yang sudah diblender ke dalam penggorengan tersebut.

Campurkan juga kecap, merica, gula pasir, dan garam ke dalam campuran tersebut. Aduk-aduk secara perlahan hingga semua bahannya tercampur dengan merata. Selanjutnya masukan kaldu ayam lalu aduk kembali hingga saus tersebut mendidih.

Selanjutnya masukan tepung maizena hingga saus tersebut mencapai kekentalan yang Anda inginkan. Aduk kembali hingga semua bahan tercampur dengan merata lalu angkat dan sisihkan. Nah, sekarang saus asam manis ini sudah siap dihidangkan bersama dengan adonan telur fuyunghai.

Bahan Alternatif

Resep di atas merupakan resep sederhana untuk membuat fuyunghai. Anda juga bisa menambahkan bahan lainnya seperti daging atau seafood ke dalam fuyunghai tersebut. Daging tersebut dapat dimasak hingga matang kemudian campurkan ke adonan fuyunghai tersebut sebelum menggorengnya.

Sedangkan untuk bahan sausnya Anda juga bisa menambahkan nanas yang dipotong kecil-kecil berbentuk dadu. Rasa asam dan manis yang dimiliki oleh nanas akan membuat saus tersebut semakin segar di lidah.

Nah itulah resep dan cara membuat fuyunghai yang dapat kami sajikan dalam bahasan kali ini. Fuyunghai ini sangat nikmat dimakan bersama capcay dan nasi dalam keadaan hangat. Selain fuyunghai, masakan Cina lainnya yang cukup mudah untuk dibuat adalah cakwe. Silahkan simak resep dan cara membuat cakwe di artikel ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

One Response

  1. Suci lastari khanza syarifa hanum berkata:

    That is agood food and i reaally like it so much couz the taste so delicious and so
    nice
    soooooo….i give you jempol dech

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *