Bacaterus / Resep Olahan Aci / Resep dan Cara Membuat Cilok Bandung yang Empuk

Resep dan Cara Membuat Cilok Bandung yang Empuk

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Siapa sih yang tidak kenal dengan cilok? Tentunya semua orang pasti sudah mengenal makanan khas Indonesia yang satu ini. Cilok sudah sangat populer sekali di Indonesia, terutama populer di kalangan para anak-anak SD. Karena biasanya para pedagang menjual makanan ini di Sekolah SD.

Sebenarnya cilok sendiri merupakan sebuah singkatan dari ‘aci dicolok’, di mana makanan ini disajikan dengan cara dicolok atau ditusuk dengan semacam lidi. Bandung merupakan kota pertama yang memperkenalkan makanan satu ini, tak ayal sekarang ini banyak pedagang yang menggunakan nama “Cilok Bandung”.

Pada dasarnya cilok hanya dibuat dengan aci ataupun tepung kanji yang dibentuk bulat menyerupai bakso. Cilok yang sederhana dibuat tanpa isi dan dimakan langsung dengan saus sambal ataupun dengan bumbu kacang.

Seiring dengan berjalannya waktu, berbagai variasi cilok mulai bermunculan di tengah masyarakat. Kini Anda dapat dengan mudah menemukan cilok dengan aneka isi seperti daging, abon, telur, kacang, keju, dan masih banyak lagi.

Proses pengolahan makanan khas Bandung ini juga tidak lagi hanya direbus saja, melainkan juga digoreng atau bahkan dipanggang. Namun jika ingin menikmati cita rasa cilok yang asli, maka cukup membeli cilok sederhana yang banyak dijual di pinggir jalan.

Sayangnya, terkadang cilok yang dijual oleh pedagang kebanyakan tidak higienis atau bersih, terutama bahan saus atau bumbu kacang yang digunakan. Sehingga hal ini membuat para orang tua menjadi khawatir anak-anak mereka mengonsumsi jajanan cilok tersebut saat bersekolah.

Nah bagi Anda yang ingin mendapatkan cilok higienis dan terjaga kualitasnya, maka kami sarankan untuk membuatnya sendiri di rumah. Untuk membuat cilok sebenarnya sangatlah mudah, berikut bacaterus.com akan mengulas cara membuat cilok Bandung tersebut.

Bahan-Bahan Cilok Bandung

cara membuat cilok

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat resep cilok Bandung ini sangatlah mudah untuk didapatkan. Bahannya akan kita bagi menjadi dua, yakni bahan utama ciloknya dan bahan untuk saus kacangnya. Berikut adalah bahan utamanya:

  • Tepung tapioka sebanyak 100 gram
  • Daun bawang cukup dengan 1 batang, iris halus
  • Air untuk merebus seperlunya
  • Kaldu bubuk sekiranya ½ sdt
  • Kaldu sebanyak 200 ml
  • Tepung terigu sebanyak 100 gram
  • Merica bubuk sekitar ¼ sdt
  • Bawang putih sebanyak 1 siung, haluskan
  • Garam cukup dengan ½ sdt

Bahan bumbu kacang:

  • Cabai merah besar sebanyak 3 buah
  • Daun jeruk cukup 2 lembar
  • Air asam ½ sdt
  • Air sekiranya 250 ml
  • Garam sekitar ¼ sdt
  • Merica bubuk cukup dengan ¼ sdt
  • Gula pasir sebanyak ½ sdt
  • Kacang tanah sebanyak 100 gram, goreng
  • Bawang putih cukup 1 siung, goreng sebentar

Cara Membuat Bumbu Kacang

resep cilok bandung

Sebelum membuat ciloknya, pertama-tama mari kita membuat bumbunya terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan agar ketika cilok sudah jadi, maka kita bisa langsung menaburkan bumbu kacang di atasnya. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Campurkan bahan-bahan seperti kacang tanah, bawang merah besar, bawang putih, dan air, kemudian haluskan bahan-bahan tersebut hingga tercampur secara merata.
  2. Masukan daun jeruk dalam campuran bahan-bahan tersebut dan masak atau rebus hingga mengental.
  3. Selanjutnya tambahkan bumbu-bumbu lainnya seperti merica bubuk, garam secukupnya, gula pasir, dan air asam. Setelah itu aduk-aduk hingga tercampur secara merata.
  4. Jika bumbunya sudah mengental, silahkan angkat dan sisihkan terlebih dahulu.

Cara Membuat Cilok Bandung

Jika bumbu kacangnya sudah siap, silahkan sisihkan terlebih dahulu karena kini kita akn membuat ciloknya. Cilok yang akan kita buat kali ini merupakan cilok sederhana tanpa isi di dalamnya. Berikut langkah-langkah pembuatannya:

  1. Langkah pertama campurkan antara tepung tapioka, tepung terigu, dan juga daun bawang. Lalu aduk-aduk bahan-bahan tersebut hingga tercampur secara merata, dan sisihkan terlebih dahulu.
  2. Dalam wadah yang berbeda campurkan antara kaldu, merica bubuk, kaldu bubuk, bawang putih, dan garam. Kemudian rebus bahan-bahan tersebut hingga mendidih, lalu angkat.
  3. Tuangkan secara perlahan atau sedikit demi sedikit rebusan kaldu tersebut ke dalam adonan tepung. Aduk-aduk bahan-bahan tersebut dengan menggunakan kayu sampai terbentuk adonan yang kalis dan dapat dipulung.
  4. Apabila sudah terbentuk adonan, maka ambil sedikit adonan tersebut dan bentuk bulatan sebesar kelereng atau sesuai dengan ukuran yang Anda inginkan. Lakukan hal tersebut hingga adonan cilok habis.
  5. Masukan cilok-cilok tersebut ke dalam rebusan air yang sudah mendidih, dan tunggu hingga matang yang ditandai dengan terapungnya cilok-cilok tersebut.

Jika sudah matang, silahkan sajikan cilok tersebut bersama dengan bumbu kacang yang sudah dibuat sebelumnya. Agar lebih terasa nikmatnya, Anda dapat memakan cilok tersebut dengan menusuknya menggunakan lidi yang sudah dibersihkan terlebih dahulu.

Anda juga dapat memasukan beberapa cilok sekaligus ke dalam lidi seperti layaknya sate. Anak-anak biasanya lebih suka memakan cilok yang ditusuk seperti sate ini. Agar tidak pedas, maka Anda dapat mengganti bumbu kacangnya dengan kecap manis.

Jika ingin variasi cilok yang lebih modern, maka Anda bisa menambahkan berbagai isi di dalam cilok tersebut, mulai dari telur hingga daging cincang. Silahkan kreasikan sendiri variasi ciloknya sesuai dengan selera masing-masing.

Itulah pembahasan singkat mengenai resep dan cara membuat cilok Bandung yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga dapat bermanfaat dan selamat mencoba.

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *