Bacaterus / Resep Masakan Indonesia / Resep & Cara Membuat Cah Kangkung Terasi, Seafood, Dll

Resep & Cara Membuat Cah Kangkung Terasi, Seafood, Dll

Ditulis oleh - Diperbaharui 13 Februari 2019

Kangkung merupakan salah satu sayuran yang paling populer di Indonesia. Kangkung dapat tumbuh di mana saja sehingga kita tidak akan kesulitan untuk mendapatkannya. Selain itu, harga kangkung juga tergolong murah jika dibandingkan dengan sayuran lainnya.

Salah satu jenis olahan yang disukai dari kangkung adalah cah kangkung atau tumis kangkung. Cah kangkung sangat nikmat jika dimakan bersama dengan nasi yang hangat. Cah kangkung juga dapat dikombinasikan dengan berbagai bahan lain seperti udang, ayam, terasi, tauco, dan masih banyak lagi.

Nah kali ini bacaterus.com akan mengulas resep dan cara membuat cah kangkung yang sederhana dan enak. Dalam resep kali ini kita akan menkombinasikannya dengan terasi, namun Anda dapat menggantinya dengan bahan lain yang Anda inginkan. Namun sebelumnya, mari kita simak terlebih dahulu manfaat dari kangkung ini.

Manfaat dan Khasiat Kangkung

Meskipun kadang dipandang sebelah mata, namun kangkung sebenarnya memiliki manfaat yang sangat banyak bagi tubuh kita. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari daun dan batang kangkung:

  • Mencegah anemia

Anggapan bahwa kangkung merupakan sayuran yang menyebabkan kantuk adalah salah besar. Pasalnya kangkung memiliki kandungan zat besi yang tinggi sehingga dapat mencegah timbulnya penyakit anemia atau kekurangan sel darah merah.

  • Mencegah diabetes

Kangkung mampu menghambat proses penyerapan gula di dalam tubuh sehingga sangat baik bagi penderita diabetes. Jika dikonsumsi dengan nasi, maka secara otomatis kandungan gula dalam nasi tidak akan terlalu banyak diserap oleh tubuh.

  • Mencerdaskan otak

Kangkung memiliki kandungan omega 3 dan vitamin B kompleks yang cukup banyak. Kedua nutrisi tersebut sangat berguna untuk meningkatkan kerja dan mencerdaskan otak terutama bagi anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan.

  • Mengurangi kolesterol

Kangkung juga dapat mengurangi kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh kita. Seperti kita ketahui, kolesterol merupakan salah satu penyebab dari berbagai penyakit berbahaya seperti stroke, serangan jantung, tekanan darah tinggi, dan lainnya.

  • Memperkuat kekebalan tubuh

Sayuran hijau merupakan salah satu sumber makanan yang dapat meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh manusia. Maka dari itu, mengkonsumsi kangkung juga akan membuat tubuh Anda kuat dan tidak mudah terkena penyakit.

  • Menyehatkan Mata

Kangkung memiliki kandungan vitamin A, karotenoid, dan lutein yang cukup besar sehingga sangat baik untuk kesehatan mata. Ketiga zat tersebut dapat mencegah mata Anda dari berbagai penyakit termasuk katarak.

Bahan-Bahan Cah Kangkung

resep dan cara membuat cah kangkung terasi

Sebelum membuat tumis kangkung terasi yang sedap, mari kita siapkan terlebih dahulu bumbu serta bahan-bahan yang dibutuhkan dalam pembuatannya. Bahan utama yang harus Anda persiapkan tentu saja seikat kangkung yang segar.

Kangkung sendiri terdiri dari 2 jenis yakni kangkung darat dan air. Jika ingin kangkung yang besar dan berdaun tebal, pilihlah kangkung air. Sedangkan jika ingin kangkung yang kecil dan teksturnya lebih halus maka pilihlah kangkung darat yang biasanya dijual beserta dengan akar serabutnya. Selanjutnya, silahkan siapkan bahan-bahan untuk membuat bumbunya:

  • 1 cabe merah berukuran besar yang dptong-potong
  • Cabe rawit secukupnya (disesuaikan dengan tingkat kepedasan yang Anda inginkan)
  • 5 siung bawang merah yang sudah diiris tipis
  • 2 siung bawang putih yang diiris tipis
  • 3 sdm Saus tiram
  • Lengkuas dengan ukuran 1/3 ruas jari
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Terasi secukupnya
  • 1 buah tomat yang dipotong-potong memanjang
  • Mentega atau minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Cah Kangkung

Jika semua bahannya telah siap, mari kita menuju cara membuat resep cah kangkung ini. pertama-tama silahkan bersihkan kangkung lalu potong-potong sesuai dengan keinginan Anda. Pastikan Anda memotong bagian batangnya yang besar untuk memastikan tidak ada ulat di dalamnya. Setelah itu, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Siapkan wajan lalu panaskan minyak goreng atau mentega di atasnya. setelah itu tumis bawang merah dan bawang putih hingga tercium aroma harumnya yang khas.
  2. Selanjutnya masukan cabe, terasi dan lengkuas lalu aduk-aduk hingga merata.
  3. Tambahkan saus tiram dengan cara melingkarkannya di pinggir bumbu-bumbu tadi.
  4. Masukan kangkung yang telah dipotong-potong lalu goreng hingga daunnya mulai tampak layu.
  5. Ketika daunnya sudah mulai layu, silahkan tambahkan gula dan garam secukupnya. Aduk-aduk kembali hingga kangkungnya matang.
  6. Setelah matang, silahkan angkat lalu pindahkan ke piring saji.
  7. Tambahkan tomat di atasnya lalu hidangkan selagi hangat.

Cah kangkung yang sudah Anda buat ini dapat dimakan bersama dengan nasi yang pulen. Uahakan Anda memakannya selagi hangat karena aroma dan rasanya pasti akan berbeda dibandingkan dengan cah kangkung yang sudah dingin.

Jika Anda tidak suka terasi, maka Anda dapat menghilangkannya dari resep tumis kangkung di atas. Anda juga dapat menambahkan bahan-bahan lainnya seperti seafood, belacan, daging sapi, daging aya, tauco, dan lainnya. Langkah-langkah memasaknya tetaplah sama seperti cara membuat cah kangkung di atas. Selamat mencoba!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar