Bacaterus / Resep Kue Kering / Resep dan Cara Membuat Biji Ketapang yang Renyah

Resep dan Cara Membuat Biji Ketapang yang Renyah

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kue biji ketapang merupakan salah satu hidangan kue kering yang sangat digemari pada saat hari raya Idul Fitri alias lebaran. Cemilan yang satu ini memiliki tekstur yang renyah sehingga membuat orang tidak bisa berhenti ketika sudah memakannya.

Meskipun diberi nama biji ketapang, namun makanan ini sebenarnya tidak menggunakan biji ketapang sama sekali. Ya, penamaan ini mungkin merujuk kepada bentuknya yang bulat dan kecil sehingga mirip dengan biji dari pohon ketapang yang banyak tumbuh di pesisir pantai.

Pemberian nama ini mirip dengan penamaan bubur sumsum yang tidak menggunakan sumsum sama sekali di dalamnya. Padahal biji ketapang yang asli sendiri merupakan salah satu makanan yang nikmat dan sering dijadikan pengganti dari kacang almond.

Tidak usah terlalu lama mengulas namanya, sekarang mari kita langsung saja mengulas resep kue biji ketapang ini. Cara membuat biji ketapang ini tidaklah sulit karena hanya memerlukan bahan yang sederhana dengan langkah yang sederhana pula.

Bahan-Bahan

Sebelum mengulas langkah-langkah pembuatannya, mari kita siapkan terlebih dahulu bahan-bahan untuk membuatnya. Bahan-bahan yang dibutuhkan sangatlah mudah untuk Anda dapatkan di pasar atau warung terdekat, yakni:

  • 150 gram kelapa setengah tua yang sudah diparut. Sangrai kelapa tersebut hingga kering lalu haluskan.
  • 400 gram tepung terigu yang sudah diayak hingga halus.
  • 1 butir telur
  • 150 gram gula pasir berkualitas baik
  • 100 gram margarin yang sudah dilelehkan
  • 1 sdt garam dapur
  • 50 ml susu cair
  • Vanili secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Biji Ketapang Yang Empuk

resep cara membuat biji ketapang

Jika semua bahan di atas sudah terkumpul, sekarang mari kita langsung mengulas cara membuat biji ketapang yang empuk dan juga renyah. Berikut langkah-langkah pembuatannya:

  1. Kocok telur di dalam wadah hingga merata lalu masukan gula pasir, garam, dan vanili. Kocok kembali hingga ketiga bahan tersebut tercampur dengan telur hingga merata.
  2. Siapkan wadah yang lain lalu masukan kelapa parut yang sudah disangrai bersama dengan tepung terigu ke dalamnya. Aduk-aduk hingga kedua bahan tersebut tercampur secara merata.
  3. Masukan campuran kelapa dan terigu tersebut ke dalam wadah adonan telur. Masukan secara bergantian dengan susu cair sambil terus diaduk-aduk hingga merata.
  4. Selanjutnya masukan juga margarin cair ke dalamnya. Aduk-aduk semua adonan tersebut hingga tercampur secara merata.
  5. Sekarang silahkan ambil satu kepal adonan tersebut lalu bentuklah menjadi bulat memanjang seperti sebuah tongkat kecil atau spidol.
  6. Potong-potong adonan tersebut sesuai dengan ukuran yang Anda inginkan, baik itu panjang, bulat, atau pipih. Akan tetapi yang paling baik tentu saja dengan membuatnya serupa dengan biji ketapang.
  7. Selanjutnya masukan minyak goreng ke dalam wajan panaskan dengan api sedang.
  8. Masukan adonan biji ketapang tersebut ke dalamnya lalu goreng hingga matang. Tanda matang dari biji ketapang ini adalah warna kuning kecoklatan pada bagian luarnya.
  9. Setelah matang silahkan angkat dan tiriskan.
  10. Ulangi terus langkah di atas hingga semua adonan selesai dibentuk dan digoreng semuanya.

Nah sekarang kue biji ketapang sudah selesai dimasak dan siap untuk disajikan. Anda dapat langsung memakan biji ketapang ini atau menyimpannya untuk dimakan di kemudian hari. Pastikan Anda menyimpannya di dalam toples kedap udara agar teksturnya tetap renyah ketika disajikan untuk para tamu yang berkunjung di hari lebaran.

Jika Anda pandai dalam membuat variasi masakan, maka Anda juga dapat mencoba untuk menerapkannya pada kue biji ketapang ini. Beberapa bahan yang dapat dijadikan kombinasi biji ketapang ini di antaranya adalah keju, madu, coklat, wijen, kacang tanah, dan lainnya.

Anda juga dapat membuatnya menjadi asin jika kurang suka dengan cemilan yang manis. Caranya hanya tinggal menghilangkan gula pasir dari daftar bahan di atas dan menggantinya dengan keju atau kaldu untuk memberikan rasa asin dan gurih.

Nah itulah ulasan kami mengenai resep dan cara membuat biji ketapang yang renyah dan juga empuk. Selain biji ketapang, kami juga memiliki berbagai macam resep kue kering khas lebaran lainnya yang bisa Anda simak di Resep Kue Kering Lebaran.

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *