Bacaterus / Makanan Jawa / Resep Bumbu Pecel Madiun yang Enak

Resep Bumbu Pecel Madiun yang Enak

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Oktober 2019

Siapa yang tidak kenal dengan pecel? Sebagai seorang warga negara Indonesia, tentunya sudah tidak asing lagi dengan kuliner yang satu ini. Pecel sendiri merupakan makanan yang menggunakan sambal bumbu kacang, dimana sambal tersebut nantinya disajikan bersama dengan sayuran-sayuran segar.

Asal kata dan daerah pecel sendiri belum diketahui secara pasti hingga sekarang, namun dalam bahasa Jawa “pecel” berarti sesuatu yang ditumbuk. Ya, kata tersebut merujuk kepada cara pembuatan sambelnya yang ditumbuk hingga halus.

Meskipun belum diketahui secara pasti asal usulnya, pecel ini diperkirakan berasal dari daerah Ponorogo, Jawa Timur. Anggapan tersebut dibuktikan penggunaan sambal bumbu kacang pecel yang sama dengan bumbu sate Ponorogo.

Selain itu, makanan satu ini juga mirip dengan makanan dari daerah lain, namun yang membedakannya terletak pada bagian bahan sayurnya saja. Sebagai contoh, di Betawi terdapat gado-gado, sedangkan di Sunda terdapat lotek dan juga karedok.

Apa Itu Pecel yang Sebenarnya?

Pecel merupakan makanan yang berasal dari sayur rebus dan dicampur dengan siraman bumbu kacang pada bagian atasnya. Biasanya pecel disajikan di atas sebuah wadah bernama ingke, pincuk, dan tampah sesuai dengan ciri khas kota tempat dia berasal.

resep bumbu pecel madiun

Sayuran yang dihidangkan pun cukup bervariasi, mulai dari rebusan taoge, bayam, mentimun, daun singkong, kacang panjang, daun kemangi, dan masih banyak lagi. Semua sayuran tersebut disatukan dan dicampur di atas sebuah wadah.

Menariknya lagi, setiap daerah di Jawa Timur memiliki ciri khas pecel sendiri-sendiri. Beberapa daerah yang terkenal dengan pecelnya di antaranya adalah Madiun, Blitar, Ponorogo, Kediri, dan juga Nganjuk.

Ciri khas tersebut sebenarnya hanya terdapat pada bumbu sambal yang digunakan. Meskipun hanya sebatas sambal, tetapi inilah yang menjadi titik kelezatan dari kuliner pecel tersebut. Karena tanpa sambal, pecel hanyalah sebuah kumpulan sayur rebus tanpa rasa.

cara membuat bumbu pecel kediri

Untuk menemukan pecel sangatlah mudah sekali, tidak hanya di Jawa Timur saja, karena sekarang ini pecel sudah menyebar ke seluruh wilayah di Indonesia. Biasanya pecel disajikan bersama dengan nasi putih hangat. Jangan lupa, makan juga gorengan dan kerupuk agar pecel tersebut semakin nikmat.

Seperti disinggung di atas, sebenarnya kelezatan pecel terletak pada bagian bumbu sambal kacang yang digunakan. Oleh sebab itu, jika Anda ingin membuat pecel, lebih baik ketahui terlebih dahulu resep bumbu pecel yang enak dan sesuai dengan selera.

Nah pada kesempatan kali ini, bacaterus.com akan mencoba berbagi informasi mengenai cara membuat bumbu pecel yang nikmat. Resep ini kami dapatkan dari warung-warung terkenal di Jatim, sehingga jangan khawatir lagi mengenai rasanya. Di Bawah ini ada 2 resep yang bisa Anda coba di rumah, silahkan pilih mana yang Anda sukai.

Resep Bumbu Pecel 1

Untuk resep yang pertama ini kita akan menggunakan tambahan terasi di dalam bumbunya. Seperti kita ketahui, terasi dapat memberikan aroma sedap yang menggugah selera makan. Sebelumnya, mari kita siapkan terlebih dahulu bahan-bahannya yakni:

  • Air putih matang sebanyak 250 ml, jika kurang silahkan tambahkan
  • Kacang tanah sebanyak 250 gram, goreng dan haluskan

Bahan bumbu halusan:

  • Bawang putih sebanyak 4 siung
  • Cabai merah cukup dengan 4 buah
  • Cabai rawit sekiranya 3 buah, sesuaikan selera pedasnya
  • Kencur cukup berukuran 5 cm 1 buah saja
  • Daun jeruk sebanyak 6 lembar, pilih yang masih bagus
  • Asam Jawa sekiranya 1 sendok teh
  • Terasi goreng cukup dengan 1 sendok teh
  • Gula merah sebanyak 50 gram
  • Garam sekiranya 1 sendok teh

Langkah pertama goreng terlebih dahulu kacang yang telah kita persiapkan tadi. Kemudian tumbuk halus kacang tersebut. Anda bisa menggunakan bantuan blender ataupun ulekan untuk menghaluskannya. Namun agar lebih lezat, saya sarankan menggunakan ulekan cobek saja. sisihkan.

Selanjutnya haluskan semua bahan/bumbu halusan tadi. Anda dapat menggunakan cobek untuk menghaluskannya. Sesuaikan tingkat kepedasan sesuai selera masing-masing. Apabila ingin lebih pedas, Anda dapat menambahkan takaran cabai rawit yang digunakan.

Setelah itu, siapkan sebuah wadah berukuran sedang. Kemudian campurkan antara air, kacang haluskan, dan bumbu yang telah kita haluskan tadi. Aduk-aduk sampai semua bumbu dapat tercampur secara merata. Sekarang bumbu pecel spesial yang lezat siap untuk digunakan.

Resep Bumbu Pecel 2

Jika Anda kurang suka dengan aroma terasi pada resep yang pertama, maka pada resep yang kedua ini kita tidak akan menggunakannya. Sebelum membuatnya, silahkan siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu yaitu:

  • Kacang tanah cukup dengan 1 kg

Bumbu halusan:

  • Cabai rawit sebanyak 1 ons
  • Cabai keriting cukup dengan 0,5 ons
  • Gula merah cukup dengan 1/4 kg
  • Gula putih sekiranya 8 sendok makan
  • Garam cukup dengan 4 sendok makan
  • Bawang putih sebanyak 4 siung
  • Daun jeruk purut sebanyak 5 lembar, buang tulang daunnya
  • Asam Jawa secukupnya saja

Pertama-tama sangrai terlebih dahulu kacang tanah sampai berubah warna. Usahakan ketika menyangrai kacang, sudah keluar asap di atasnya. Setelah matang, angkat dan sisihkan. Selanjutnya sangrai cabai rawit, cabai keriting, dan bawang putih sampai berupa warna juga. Cara menyangrai bahan-bahan ini sama dengan cara menyangrai kacang.

Haluskan bumbu-bumbu yang telah kita persiapkan tadi. Setelah itu letakan di atas cobek bersama dengan kacang tanah sangrai dan cabai sangrai tadi. Haluskan bahan-bahan tersebut sampai menjadi bentuk sambal.

Apabila masih terlalu pekat, Anda dapat menambahkan sedikit air. Nah sekarang sambal tersebut siap untuk disajikan. Apabila Anda ingin rasa kacang lebih terasa nikmat di lidah, jangan tumbuk terlalu halus. Melainkan tumbuk kasar saja.

Untuk penyajiannya sendiri, Anda bisa merebus sayur-sayuran segar seperti bayam, kol (kubis), kemangi, timun, dan masih banyak lagi. Selain cocok untuk pecel, sambal kacang diatas juga cocok untuk gado-gado dan siomay.

Itulah sajian informasi seputar resep bumbu pecel yang dapat kami sajikan pada kesempatan kali ini. Silahkan pilih resep yang sesuai dengan selera dan juga mudah untuk dibuat. Selamat mencoba dan selamat menikmati.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

One Response

  1. A long way, you can finish step by step, and then you can’t reach without a foot

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *