Bacaterus / Resep Kue Bolu / Resep Brownies Panggang Amanda yang Enak dan Lembut

Resep Brownies Panggang Amanda yang Enak dan Lembut

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Siapa yang tidak kenal dengan kue brownies? Pastinya semua orang sudah mengenal kue tersebut. Brownies sendiri sebenarnya merupakan camilan yang berasal dari mancanegara. Namun karena rasanya sangat nikmat dan memiliki tekstur empuk, di Indonesia brownies menjadi sangat populer sekali.

Hingga sekarang ini ada banyak sekali varian brownies di kalangan masyarakat Indonesia, mulai dari brownies coklat, keju, kukus, panggang, dan lain sebagainya. masing-masing varian brownies tersebut menawarkan rasa nikmat di lidah yang berbeda-beda.

Untuk bisa merasakan kenikmatan dari brownies tersebut, kita bisa membelinya di toko roti terdekat. Mengingat hampir setiap toko roti atau kue pasti menjual camilan satu ini. Salah satu toko yang cukup populer dengan brownies-nya adalah Amanda.

Akan tetapi apabila tidak ada toko Amanda di sekitar rumah Anda, Anda tidak usah khawatir, karena pada kesempatan kali ini bacaterus.com akan berbagi informasi mengenai cara membuat kue tersebut. Sebelum mengulas resep brownies panggang Amanda, mari kita ceritakan terlebih dahulu sejarahnya.

Sejarah Brownies

resep brownies panggang amanda

Tidak seperti kue lainnya yang dapat diketahui asal mulanya, sejarah brownies hingga saat ini masih banyak menimbulkan perdebatan. Terdapat banyak versi yang beredar di masyarakat mengenai siapa dan bagaimana kue brownies ini ditemukan.

Versi yang pertama mengatakan bahwa brownies ini berasal dari seorang koki yang lupa memasukan baking soda ke dalam kue bolu coklat yang ia buat. Maka dari itu, bolu yang ia buat tidak mengembang seperti biasanya dan menjadi bantat. Namun kue bolu yang bantat dan sedikit basah tersebut justru malah disukai oleh orang-orang yang memakannya.

Versi lainnya mengatakan jika brownies dibuat oleh seorang pemuda penjual kue yang hampir bangkrut. Dengan modal terakhir yang ia miliki, ia membeli berbagai bahan pembuatan kue untuk membuat sebuah bolu coklat yang mirip dengan buku resep masakan yang ia baca.

Setelah semua bahan terkumpul, ia langsung membuat kue tersebut. Namun alangkah kecewanya ia karena bolu coklatnya tidak seperti yang ia harapkan. Namun anehnya orang-orang justru malah menyukai bolu tersebut dan memesannya lagi untuk hari esok.

Orang-orang mengira jika bolu coklat tersebut merupakan hasil racikan resep baru dari si pemuda tersebut. Akhirnya si pemuda berhasil lolos dari kebangkrutan dan usahanya justru semakin berkembang pesat berkat brownies ciptaannya tersebut.

Versi yang terakhir mengatakan bahwa brownies pertama kali dibuat secara tidak sengaja oleh seorang instrukstur kelas memasak. Saat praktek membuat bolu coklat, ia lupa memasukan baking powder ke dalamnya. Untuk menutupi kesalahannya, ia mengatakan kepada anak didiknya kalau bolu tersebut adalah resep baru hasil ciptaannya.

Bahan-Bahan Brownies Panggang Amanda

brownies panggang amanda

Apapun sejarah dan asal-usulnya, yang penting saat ini kita sudah bisa menikmati bolu coklat yang nikmat ini. Nah, untuk membuat resep brownies panggang Amanda di rumah, silahkan siapkan terlebih dahulu bahan-bahan berikut ini:

  • Tepung terigu sebanyak 120 gram
  • Potongan kacang almond sebanyak 60 gram
  • Telur ayam kampung cukup 3 butir
  • Gula pasir sekitar 150 gram, haluskan
  • Margarin sebanyak 200 gram
  • Garam sekitar 1/4 sendok teh
  • Dark cooking chocolate sebanyak 200 gram, potong-potong

Cara Membuat Brownies Panggang Amanda

Apabila bahan-bahan yang dibutuhkannya sudah siap, mari kita langsung memulai proses pembuatannya. Pertama ambil sebuah wadah, kemudian kocok telur dan garam dalam wadah tersebut hingga mengembang dan mengeluarkan semacam buih-buih.

Setelah mengembang, masukan tepung terigu dan gula sedikit demi sedikit agar tercampur secara merata. Anda juga bisa mengayak tepung tersebut ketika dimasukan ke dalam wadah agar nantinya tekstur-nya menjadi lebih lembut dan empuk.

Dalam wadah yang berbeda campurkan antara coklat yang telah dipotong-potong dengan garam hingga meleleh. Kemudian campurkan adonan yang kedua ini dengan adonan yang pertama hingga merata. Jangan lupa selanjutnya masukan kacang almond ke adonan yang telah terbentuk tadi dan aduk-aduk hingga tercampur secara merata.

Kini kita masuk pada proses pemanggangan. Silahkan siapkan terlebih dahulu sebuah loyang dengan ukuran yang Anda inginkan lalu olesi dengan menggunakan margarin cair dan letakan kertas roti di loyang tersebut. Hal ini bertujuan agar nantinya ketika matang adonan tidak lengket di loyang.

Tuang adonan tersebut ke dalam loyang secara perlahan-lahan. Pastikan saat menuangkan adonan ketebalan antara satu sisi dengan sisi yang lainnya seimbang agar hasil brownies-nya terlihat lebih rapi dan menarik.

Kemudian kini saatnya menaburi toping di atasnya. Sebenarnya untuk toping ini bebas mau menggunakan bahan apa saja sesuai dengan selera Anda, namun pada kesempatan kali ini kita akan menggunakan kacang almond. Taburkan kacang tersebut secara merata ke seluruh bagian adonan dalam loyang.

Terakhir, siapkan sebuah oven atau pemanggang. Masukan loyang tersebut dalam oven selama kurang lebih 50 menitan dengan suhu mencapai 170 derajat celcius. Apabila sudah matang, silahkan ambil dan dinginkan. Kini brownies panggang coklat Amanda siap untuk disajikan.

Brownies panggang tersebut dapat disajikan langsung untuk dimakan di waktu luang san santai. Selain itu, bolu tersebut juga dapat dijadikan sebagai kue ulang tahun anak jika Anda bosan dengan kue tart yang lazim digunakan.

Keberhasilan dari cara membuat brownies panggang Amanda ini terletak pada teksturnya. Jika Anda sudah mampu membuatnya dengan tekstur yang lembut dan empuk, berarti Anda sudah berhasil menjadi koki handal dalam hal membuat brownies. Oleh sebab itu perhatikan setiap langkahnya secara teliti dan urut.

Demikianlah ulasan singkat seputar resep brownies panggang Amanda yang lembut dan enak. Selamat mencoba resep tersebut di rumah, dan semoga brownies hasil olahan Anda menjadi primadona di hati keluarga.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

4 Responses

  1. Bang, tolong nulis resep itu perstep ya, jangan kyk paragraf gini. Pusing bacanya.

  2. Itu margarin nya d apain, d cairkan sm coklat aoa d kocok sm gula,, tlng dong yg jelas

  3. Ada yg tertinggal Bang, margarin nya blm terproses… dan mau tanya juga nih. DCC nya dicampur garam pakai dipanasin enggak yaa? atau kalo dicampur garam aja DCC apa sudah bisa meleleh tanpa di steam?

    1. Terima kasih atas koreksinya. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat melihat video yang ada di dalam artikel ya. Semoga membantu. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *