Bacaterus / Resep Kue Bolu / Resep Brownies Kukus Amanda Original Khas Bandung

Resep Brownies Kukus Amanda Original Khas Bandung

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bandung tidak hanya terkenal sebagai kota besar yang memiliki banyak destinasi wisata dan pusat fashion saja, tetapi kota berjuluk “kota Kembang” tersebut juga sangat terkenal dengan sajian kuliner yang sangat lezat. Seperti cimol, cireng, brownies kukus, bolen, dan masih banyak lagi.

Di antara banyaknya jajanan kuliner khas Bandung, ada salah satu yang menarik untuk kota coba yakni brownies kukus ala Amanda. Brownies satu ini sebenarnya memiliki tampilan yang sama dengan brownies pada umumnya, namun untuk masalah rasanya brwonies Amanda terbilang sangatlah lezat di lidah.

Bahkan di Bandung, brownies Amanda juga sering dijadikan sebagai oleh-oleh. Dengan rasa yang nikmat dan tekstur lembut, penggemar kue brownies kukus Amanda tidak hanya datang dari anak-anak dan anak muda saja, tetapi pecinta jajanan satu ini juga datang dari kalangan orang dewasa.

Brownies sendiri merupakan sebuah bolu coklat dengan tekstur yang sangat khas. Berbeda dengan bolu lainnya yang ringan dan mengembang, brownies hadir dengan tekstur yang cenderung padat. Hal tersebut menjadi keunikan tersendiri dari bolu dengan rasa coklat yang sangat legit ini.

Dalam sejarahnya, brownies tercipta karena kesalahan dalam pengolahannya di mana si pembuat kue lupa memasukan baking powder. Namun kesalahan tersebut justru menjadi berkah karena banyak orang yang menyukainya hingga saat ini.

Saat ini terdapat dua cara pengolahan brownies yang paling umum, yakni dikukus dan dipanggang. Variasi dari brownies juga saat ini sudah berkembang dengan pesat, mulai dari brownies keju, pandan, tiramisu, dan masih banyak lagi.

Di kota Bandung terdapat banyak toko yang menjajakan kue brownies ini, namun yang paling terkenal adalah brownies buatan Amanda dan Kartika Sari. Brownies buatan kedua toko tersebut memiliki rasa yang khas dan sangat nikmat.

Nah bagi Anda yang penasaran dengan rasa brownies kukus ala Amanda, pada kesempatan kali ini bacaterus.com akan mencoba berbagi resep brownies kukus Amanda tersebut. Meskipun tidak 100 % sama dengan rasa brownies Amanda di Bandung, tetapi setidaknya Anda bisa mencicipi sedikit kelezatan camilan tersebut.

Bahan-Bahan Brownies Kukus Amanda

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk mengolah resep brownies kukus Amanda ini tidak jauh berbeda dengan bahan untuk membuat kue bolu lainnya, hanya saja kita tidak akan menggunakan baking powder. Nah, berikut adalah bahan-bahan yang harus Anda persiapkan:

  • Susu kental manis sekiranya 75 mili liter
  • Coklat bubuk cukup dengan 50 gram, diayak serta aduk rata dengan terigu
  • Tepung terigu 125 gram (ini yang dicampurkan dengan coklat bubuk)
  • Minyak goreng 175 mili liter (secukupnya)
  • Pasta coklat sesuai selera masing-masing
  • Gula halus cukup sebanyak 225 gram
  • Telur ayam baru sebanyak 6 butir
  • Emulsifier sekiranya 1 sendok teh
  • Garam halus seperlunya saja
  • Dark cooking coklat sekitar 100 gram, lelehkan dan campur dengan minyak.

Cara Membuat Brownies Kukus Amanda

cara membuat brownies kukus amanda original

Setelah semua bahan yang dibutuhkan tersedia, sekarang kita bisa mulai membuatnya. Langkah pertama kocok bahan-bahan seperti telur, garam, gula, emulsifier, dan juga pasta coklat hingga mengembang atau mengental secara sempurna.

Langkah selanjutnya masukan tepung terigu yang telah kita campur dengan bubuk coklat tadi sedikit demi sedikit sambil tetap terus diaduk agar bisa tercampur secara merata. Setelah itu campurkan minyak dan campuran coklat secara merata.

Jika adonan sudah tercampur secara merata, bagi adonan tersebut menjadi 2 bagian yang sama besar. Satu bagian berikan susu kental manis dan satu bagian tidak. Lalu bagian adonan yang diberi susu kental manis tersebut dikukus selama kurang lebih 10 menitan.

Sedangkan untuk adonan yang tidak diberi susu kental manis, kukus selama kurang lebih 25-30 menitan. Apabila kedua adonan tersebut sudah matang, kini brownies spesial ala Amanda siap disajikan untuk keluarga tercinta.

Tips Membuat Brownies

resep brownies kukus amanda bandung

Seperti itulah cara membuat brownies kukus Amanda khas Bandung. Bagaimana mudah atau sulit? sekilas membaca resep tersebut memang terlihat lumayan rumit, tetapi sebenarnya jika dipraktekan secara langsung, resep di atas sangatlah mudah sekali dicoba.

Nah, agar Anda tidak mengalami kegagalan ketika mencoba resep brownies di atas, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda terapkan ketika sedang membuatnya seperti dikutip dari diahdidi.com:

  • Pilihlah coklat berkualitas baik karena rasa brownies sangat dipengaruhi oleh jenis coklat yang digunakan.
  • Jangan terlalu banyak menggunakan tepung agar brownies tidak kering dan seret.
  • Aduk-aduklah campuran adonan brownies dengan perlahan. Jika ingin memakai mixer maka aturlah pada kecepatan yang rendah saja.
  • Lelehkan dark cooking coklat dengan cara ditim atau dipanaskan di dalam microwave.
  • Dinginkan lelehan coklat terlebih dahulu sebelum mencampurkannya dengan adonan yang lainnya.
  • Agar rasanya tidak terlalu kuat, lelehan coklat bisa dicampurkan terlebih dahulu dengan mentega, margarin, atau minyak.

Agar rasa dan tampilannya semakin menarik, Anda juga dapat menambahkan kacang-kacangan seperti kacang mete atau kacang tanah sebagai toping dari brownies yang Anda buat. Kacang-kacangan tersebut dapat disangrai terlebih dahulu sebelum dijadikan toping.

Demikian sajian informasi singkat seputar resep brownies kukus Amanda khas Bandung yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Jika bosan dengan brownies kukus, maka Anda juga dapat mencoba resep brownies panggang yang pernah kami ulas di artikel ini. Selamat mencoba!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *