Bacaterus / Resep Kue Bolu / Resep Bolu Kukus Pelangi Lembut dan Lezat

Resep Bolu Kukus Pelangi Lembut dan Lezat

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Mendengar kue bolu, pastinya kita akan berfikir sebuah kelembutan dan kelezatan. Memang benar kue bolu memberikan kelembutan dan kelezatan tersendiri, sehingga akan membuat siapa saja menjadi terbayang-bayang camilan lezat tersebut.

Varian kue bolu sekarang ini ada banyak sekali di kalangan masyarakat. Mulai dari bolu coklat, keju, mocca, dan bahkan bolu pelangi. Di antara banyaknya varian kue bolu tersebut, bolu kukus pelangi memiliki penampilan yang paling unik dan menarik.

Sama seperti namanya, kue bolu pelangi memiliki warna-warna yang beraneka ragam seperti pelangi, mulai dari merah, kuning, hijau, biru, dan lain sebagainya. warna-warna inilah yang akan memberikan daya tarik tersendiri untuk mencicipi kue bolu kukus pelangi tersebut.

Sebenarnya cara membuat bolu kukus pelangi hampir sama dengan membuat kue bolu kukus pada umumnya, tetapi Anda harus memperhatikan pada bagian warna ketika membuatnya. Nah langsung saja untuk membuat camilan satu ini, silahkan simak resep bolu kukus pelangi lembut dan lezat berikut ini.

Bahan-Bahan Bolu Kukus Pelangi

cara membuat bolu kukus pelangi

Untuk membuat resep bolu kukus pelangi lembut ini, pertama-tama mari kita siapkan terlebih dahulu bahan-bahan pembuatannya. Bahan-bahan yang dibutuhkan ini tidak berbeda jauh dengan bahan pembuatan bolu kukus pada umumnya, yakni:

  • Telur ayam cukup dengan 4 butir
  • Gula pasir sebanyak 150 gram
  • Cake emulsifer sekitar 1 sendok teh
  • Tepung terigu sebanyak 150 gram, dan diayak
  • Santan kental sekitar 150 ml
  • Pewarna pandan kira-kira 1 sendok teh
  • Pewarna rose sekiranya 1 sendok teh
  • Pewarna kuning sekitar 1 sendok teh

Cara Membuat Bolu Kukus Pelangi

resep bolu kukus pelangi lembut

Setelah semua bahannya terkumpul, kita bisa langsung membuatnya. Langkah pertama siapkan terlebih dahulu sebuah wadah. Kemudian kocok telur bersama dengan gula dan cake emulsifier hingga mengembang. Hal ini ditandai dengan kocokan mengeluarkan semacam buih-buih kecil.

Lanjutkan dengan memasukan tepung terigu dan santan secara bersamaan, tetapi sambil tetap terus dilakukan pengadukan agar semua bahan bisa tercampur secara merata. Diamkan adonan selama kurang lebih 15 menitan agar mengembang.

Apabila sudah mendiamkan selama 15 menitan, ambil adonan tersebut dan bagi menjadi 3 bagian yang sama banyaknya. Ambil pewarna, lalu warnai masing-masing adonan dengan satu warna saja. Contohnya adonan 1 dengan warna rose, adonan 2 dengan warna pandan, dan adonan 3 dengan warna kuning.

Kini kita masuk ke proses pengukusan. Untuk mengukus camilan satu ini, siapkan terlebih dahulu sebuah loyang dan masukan adonan warna pertama. Kukuslah adonan pertama tersebut dengan rentang waktu mencapai 15 menitan.

Setelah itu tuangkan adonan warna kedua di atasnya dan kukus lagi selama kurun waktu 15 menit. Begitu pula untuk adonan warna yang ketiga, tuangkan di atas adonan yang kedua lalu kukus kembali hingga matang.

Amati adonan tersebut, apakah sudah matang dan lembut atau belum. Apabila belum, silahkan mengukus lebih lama lagi. Namun jika sudah, silahkan keluarkan bolu kukus tersebut dari dalam oven. Silahkan ambil dan potong bolu tersebut dengan besar dan bentuk sesuai selera masing-masing.

Sekarang kue bolu kukus pelangi yang lembut siap untuk dinikmati. Kue ini sangat lezat apabila disajikan sebagai camilan saat santai bersama keluarga ataupun kekasih tercinta, terlebih akan semakin nikmat apabila ditemani dengan secangkir teh manis hangat ataupun kopi.

Dalam resep ini kita membuat bolu kukus dengan bentuk balok agar mudah dipotong-potong dan juga warna pelanginya lebih terlihat. Jika Anda ingin mencetaknya di dalam cetakan kecil seperti bolu kukus mekar, maka Anda juga bisa melakukannya.

Untuk kombinasi warnanya sendiri dapat Anda sesuaikan dengan keinginan masing-masing. Anda juga dapat menambah warnanya menjadi 7 jenis agar sama seperti pelangi. Namun ingat, semakin banyak warnanya, maka akan semakin lama proses pembuatannya.

Tips Membuat Bolu Kukue Yang Lembut

Meskipun termasuk ke dalam jenis bolu yang mudah untuk dibuat, namun tetap saja kesalahan-kesalahan kecil dapat membuat hasil dari bolu kukus ini tidak sesuai harapan, seperti bantat, keras, dan tidak lembut. Nah berikut adalah beberapa tips agar bolu kukus yang kita buat menjadi lembut seperti dikutip dari Diah Didi’s Kitchen:

  • Jika Anda masih pemula, ikutilah semua bahan-bahan dan langkah pembuatan dengan seksama, jangan mencoba-coba untuk memodifikasinya terlebih dahulu.
  • Gunakanlah bahan-bahan berkualitas tinggi, mulai dari tepung, telur, hingga santan.
  • Pastikan adonan yang dibuat benar-benar kental sehingga ketika di angkat tidak jatuh lagi ke bawah.
  • Gunakan kukusan berlubang besar, jika kukusannya memiliki lubang kecil, maka kukuslah dengan api yang besar.
  • Gunakan kain untuk membungkus tutup kukusan agar uap air tidak menetas dan membuat adonannya basah.
  • Segera keluarkan bolu kukus yang sudah matang dari dan letakan di cooling wire hingga dingin agar bolu kukusnya tidak lembab.
  • Simpan bolu kukus di wadah kedap udara atau bungkus dengan plastik agar tidak mudah menjadi kering dan keras.

Agar tampilan meja makan atau meja ruang tamu Anda lebih semarak, maka bolu kukus pelangi ini juga bisa disandingkan dengan kue lidah kucing rainbow yang sangat cantik. Untuk membuat lidah kucing rainbow tersebut, silahkan simak tutorialnya di artikel ini.

Nah itulah informasi mengenai resep bolu kukus pelangi lembut dan lezat. Simak dan lakukan langkah diatas secara teliti, agar hasil olahan bolu Anda memiliki rasa lezat dan lembut secara maksimal. Selamat mencoba!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *