Bacaterus / Resep Kue Bolu / Resep Bolu Ketan Hitam Panggang Enak dan Lembut

Resep Bolu Ketan Hitam Panggang Enak dan Lembut

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Sajian kue bolu memang tidak ada habis-habisnya. Kue satu ini selalu bisa menggoda lidah siapa saja untuk menyantapnya. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa semuanya menyukai kue bolu karena teksturnya yang lembut dan juga rasanya yang enak.

Hingga sekarang ini, telah banyak sekali inovasi-inovasi yang dilakukan dalam hal resep kue bolu tersebut di mana salah satunya adalah kue bolu ketan hitam. Mungkin banyak di antara kita mengenal kue bolu dibuat dari tepung terigu saja, tetapi sebenarnya kita juga bisa membuatnya dari tepung ketan.

Bolu ketan hitam memiliki rasa yang tidak kalah nikmat dengan bolu dari tepung terigu, malahan bolu ketan hitam memiliki rasa yang lebih legit dan lembut. Oleh sebab itu, bolu ketan hitam juga sangat cocok apabila dijadikan sebagai santapan camilan saat bersantai bersama keluarga tercinta.

Sebenarnya bolu jenis ketan, tidak hanya ketan hitam saja tetapi ketan putih pun sebenarnya bisa Anda gunakan untuk membuat camilan ini. Nah pada kesempatan kali ini, bacaterus.com akan berbagi mengenai resep bolu ketan hitam panggang yang enak dan juga lembut tersebut.

Bahan-Bahan Bolu Ketan Hitam

resep bolu ketan hitam panggang

Bahan yang digunakan untuk pembuatan resep bolu ketan hitam panggang ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan bolu yang lainnya, hanya saja kita akan menggunakan tepung ketan hitam sebagai bahan utamanya. Berikut adalah bahan-bahan yang harus Anda siapkan:

  • Tepung ketan hitam sebanyak 250 gram
  • Margarin cukup dengan 200 gram (lelehkan)
  • Telur ayam sebanyak 6 butir
  • Susu kental manis putih cukup 2 sdm
  • Gula pasir halus sekitar 250 gram
  • Emulsifier kira-kira 1 sdt
  • Vanili bubuk sekiranya ½ sdt
  • Baking powder cukup 1 sdt
  • Garam cukup dengan ¼ sdt

Cara Membuat Bolu Ketan Hitam Panggang

Setelah semua bahan yang diperlukan terkumpul, mari kita langsung menuju ke cara pembuatannya. Pertama kalinya siapkan terlebih dahulu sebuah wadah, kemudian masukan telur, gula, dan emulsifier. Kocoklah bahan-bahan tersebut hingga terlarut dan mengembang secara sempurna. Hal ini dapat diketahui dengan keluarnya buih-buih kecil.

Langkah selanjutnya, tambahkan tepung ketan hitam, baking powder, dan vanili bubuk sambil diayak agar hasilnya nanti lebih halus sekaligus lembut. Pastikan pula ketika memasukan bahan tersebut, beri adukan agar semua bahan tercampur secara merata.

Lanjutkan dengan menuang susu kental manis sedikit demi sedikit sambil tetap terus diaduk agar tercampur secara merata. Jangan lupa setelahnya masukan margarin dan aduk lagi agar semua bahan tersebut tercampur merata.

Kini kita tinggal memanggang adonan tersebut. Terlebih dahulu persiapkan sebuah loyang berukuran 24x24x6 cm. Kemudian olesi loyang tersebut dengan menggunakan margarin dan tepung terigu, hal ini bertujuan agar setelah matang nantinya kue tersebut tidak lengket.

Apabila sudah diolesi seluruh bagiannya, tuang atau masukan adonan tersebut ke dalam loyang. Usahakan adonan berada dalam loyang dengan tingkat ketebalan yang sama, terutama pada bagian sudut-sudut loyang tersebut.

Selanjutnya siapkan sebuah oven, dan panggang adonan yang berada dalam loyang tersebut hingga benar-benar matang. Untuk mengetahui matang atau belum, kita bisa mencicipinya sedikit saja. Setelah matang, silahkan keluarkan dari oven.

Terakhir, potong kue bolu tersebut dengan besar dan bentuk sesuai selera masing-masing. Sajikan camilan lezat ini sebagai teman bersantai keluarga, jangan lupa pula siapkan teh manis hangat agar rasanya lebih terasa nikmat di lidah.

Anda juga dapat menambahkan aneka toping di atasnya agar rasanya lebih mantap lagi seperti susu, keju, coklat, atau buah-buahan. Jangan lupa untuk mengoleskan whipped creap terlebih dahulu agar topingnya bisa menempel dengan baik. Jika Anda ingin membuat whipped cream tersebut sendiri, silahkan simak artikel ini.

Tips Membuat Bolu Ketan Hitam Yang Enak

cara membuat bolu ketan hitam panggang

Agar bolu ketan hitam panggang yang kita buat ini memiliki rasa yang nikmat dan tekstur yang lembut, maka terdapat beberapa tips yang dapat Anda ikuti ketika proses pembuatannya. Berikut adalah tips-tips tersebut:

  • Gunakan telur berkualitas baik yang masih segar. Ciri-cirinya adalah ketika telur dipecahkan dan dimasukan ke mangkuk, kuning telurnya masih utuh dan tidak pecah.
  • Kocok adonan telur hingga mengembang dan benar-benar kental. Ciri-cirinya adalah adonan yang menempel di mixer tidak jatuh ketika diangkat.
  • Aduk rata semua adonan dan jangan sampai ada bagian yang menggumpal agar hasil kue bolunya tidak bantat.
  • Ciri-ciri adonan yang baik adalah adonan yang kaku ketika dituangkan ke loyang alias tidak mengalis begitu saja memenuhi loyang.
  • Biarkan adonan yang kaku dan bergelombang tersebut di dalam loyang dan tidak usah diratakan karena akan menjadi rata sendiri ketika dipanggang.

Sajikan bolu ketan hitam selagi hangat agar terasa empuk dan lembut karena setelah dingin biasanya bagian luarnya akan terasa kering. Jika tidak langsung dimakan, simpanlah bolu ini di wadah yang tertutup rapat agar bagian luarnya tidak mudah kering.

Nah, seperti itulah resep bolu ketan hitam panggang yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Silahkan bagi Anda yang ingin menyajikan camilan sehat dan enak, cobalah resep di atas sekarang juga. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

2 Responses

  1. Bun kenapa ya bolu sya selalu retak dibagian atas saat di open

  2. Berapa menit memanggang di dalam oven

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *