Bacaterus / Makanan Jepang / Resep Beef Teriyaki Sederhana ala Hoka Hoka Bento

Resep Beef Teriyaki Sederhana ala Hoka Hoka Bento

Ditulis oleh - Diperbaharui 5 Maret 2019

Sekarang ini masakan yang berasal dari Jepang sudah banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Baik dari kalangan kelas atas ataupun kelas bawah semuanya menyukai makanan khas negeri Sakura tersebut. Salah satu makanan dari Jepang yang sudah sangat populer di Tanah Air adalah Beef Teriyaki.

Beef Teriyaki merupakan olahan makanan khas Jepang yang berasal dari daging. Biasanya daging yang digunakan untuk membuat makanan khas satu ini berasal dari daging sapi. Akan tetapi apabila Anda tidak menyukai daging sapi, Anda dapat mengganti daging sapi tersebut dengan menggunakan daging ayam atau ikan.

Apa Itu Teriyaki?

resep beef teriyaki

Teriyaki merupakan salah satu teknik memasak yang cukup populer di Jepang. Dengan teknik ini, masakan akan diberikan campuran bumbu kecap, mirin, dan gula lalu dipanggang hingga matang. Selama proses memanggang, masakan juga akan terus diolesi dengan bumbu tersebut agar rasanya semakin meresap.

Di Jepang, bahan makanan yang biasa diolah dengan proses teriyaki ini adalah ikan tuna, salmon, mackarel, marlin, yellowtail, dan lainnya. Ikan-ikan tersebut juga biasanya dikombinasikan dengan bahan lainnya seperti gurita, meatball, dan daging steak.

Meskipun di negara asalnya banyak menggunakan bahan-bahan dari laut, namun di Indonesia bumbu teriyaki ini sering digunakan untuk memasak daging ayam dan daging sapi. Bahkan di negara Barat, bumbu ini biasanya digunakan untuk memasak daging kambing dan babi juga.

Bumbu yang digunakan juga biasanya mengalami sedikit perbedaan dengan yang digunakan di jepang. Di Indonesia biasanya pembuatan teriyaki akan melibatkan bawang putih, bawang bombay, dan juga jahe untuk memberikan aroma yang khas.

Jus atau air perasan nanas juga biasanya digunakan untuk mengolah daging sapinya sebelum dimasak. Selain memberikan rasa manis dan asam, air nanas tersebut juga memiliki enzim bromelain yang akan membuat tekstur dagingnya menjadi lebih lembut.

Untuk menikmati Beef Teriyaki sangatlah mudah sekali, karena hampir setiap restoran ala Jepang menyediakan menu makanan satu ini dengan harga yang sangat bervariasi. Salah satu yang cukup populer di Indonesia adalah beef teriyaki buatan Hoka Hoka Bento.

Bagi Anda yang ingin memasak sendiri, sebenarnya cara membuat Beef Teriyaki itu sangatlah praktis dan tidak terlalu sulit. Dengan membuatnya sendiri Anda juga tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk membelinya di restoran yang mahal.

Nah pada kesempatan kali ini, bacaterus.com akan mencoba berbagi resep Beef Teriyaki sederhana khas Jepang tersebut. Jika Anda penasaran, langsung saja simak berbagai bumbu dan langkah-langkah pembuatannya berikut ini.

Bahan-Bahan Beef Teriyaki

cara membuat beef teriyaki

Sebelum memulai proses pembuatan resep beef teriyaki ini, mari kita siapkan terlebih dahulu bahan-bahannya. Bahan pembuatannya ini dibagi menjadi dua jenis, yakni bahan utama dan bahan untuk membuat bumbu atau sausnya. Berikut adalah bahan-bahan utamanya:

  • Paprika merah sebanyak 100 gr, potong bentuk memanjang
  • Daging sapi has dalam sebanyak 700 gr, cuci bersih lalu potong-potong
  • Paprika kuning sekitar 100 gr, potong bentuk memanjang

Bahan-bahan saus rendaman:

  • Kecap asin sebanyak 6 sdm
  • Kecap manis sebanyak 6 sdm
  • Saus tiram cukup 3 sdm
  • Madu alami sebanyak 2 sdm
  • Jahe ukuran 2 cm, parut halus
  • Bawang putih sebanyak 4 siung, haluskan
  • Bawang bombai sekiranya 100 gr, potong bentuk memanjang
  • Lada hitam sekitar ½ sdt
  • Minyak wijen 1 sdm

Cara membuat Beef Teriyaki

Apabila kedua jenis bahan di atas sudah siap, mari kita langsung menuju proses pembuatannya. Pertama Anda bisa membuat sausnya terlebih dahulu. Untuk membuat saus rendaman ini sangatlah mudah sekali, caranya campurkan semua bahan saus rendaman di atas menjadi satu dan aduk-aduk hingga tercampur secara merata. Pastikan tidak ada bahan yang masih utuh atau terlihat kasar.

Setelah suas rendaman selesai dibuat, sekarang ambilah irisan daging sapi yang telah dipersiapkan tadi. Lumuri daging sapi tersebut dengan menggunakan suas rendaman hingga merata, agar meresap tunggulah hingga 15-20 menit.

Kini kita masuk ke langkah pemasakan. Untuk memasak daging tersebut, terlebih dahulu siapkan wajan atau teflon dan olesi dengan menggunakan margarin atau minyak agar tidak lengket. Selanjutnya masukan daging sapi tersebut bersama dengan saus perendamnya.

Masak menggunakan api sedang hingga setengah matang. Saat setengah matang, masukan paprika merah dan kuning ke dalam wajan tersebut. lalu lanjutkan pemasakan hingga daging sapi dan semua bumbu-bumbunya tersebut matang.

Apabila sudah benar-benar matang, baik daging ataupun bumbu paprikannya, tuang olahan tersebut ke sebuah piring dan sajikan selagi masih hangat-hangatnya. Sajian beef teriyaki juga dapat Anda percantik dengan irisan tomat, wortel, brokoli, atau kol di atasnya.

Itulah cara membuat Beef Teriyaki mudah dan praktis khas Jepang. Makanan satu ini akan semakin nikmat rasanya apabila Anda sajikan bersama dengan nasi putih hangat, terlebih jika dinikmati bersama keluarga saat berkumpul atau santai. Maka dari itu segera coba dan terapkan resep praktis di atas di rumah masing-masing.

Jika Anda kurang suka dengan daging sapi, maka Anda juga dapat menggantinya dengan daging ayam (chicken teriyaki) atau daging kambing. Sedangkan jika Anda suka seafood, maka Anda juga bisa menggantinya dengan aneka macam ikan seperti versi originalnya di Jepang.

Demikian sajian informasi singkat mengenai resep Beef Teriyaki lezat ala Hoka Hoka Bento  yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. terus ikuti update informasi seputar resep makanan dari seluruh penjuru dunia yang akan kami sajikan di kesempatan mendatang. Selamat mencoba!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

2 pemikiran pada “Resep Beef Teriyaki Sederhana ala Hoka Hoka Bento”

  1. Makasih buat resep teriyakinya… mau dicoba dulu, semoga seenak mangkok ramen

Tinggalkan komentar