Bacaterus / Food and Recipe / Resep Masakan Asia / Resep Bebek Peking Panggang Asli China yang Lezat

Resep Bebek Peking Panggang Asli China yang Lezat

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 November 2018

Di indonesia, bebek biasanya diolah dengan cara menggoreng ataupun membuatnya menjadi rica-rica. Namun pada kesempatan kali ini bacaterus.com akan mengajak Anda mengolah bebek dengan cara berbeda, yang pasti hasil olahannya akan semakin nikmat di lidah.

Sekarang ini bisa dikatakan resep olahan daging bebek itu ada banyak sekali, mulai dari bebek panggang yang nikmat, bebek kecap manis, bebek goreng, bebek bakar, rica bebek, dan masih banyak lagi. Salah satu olahan bebek yang populer di kalangan pecinta kuliner Nusantara adalah bebek peking. Apa itu bebek peking?

Sekilas Tentang Bebek Peking

cara membuat bebek peking merah china

Bebek peking merupakan olahan daging bebek panggang yang berasal dari China. Nama Peking sendiri diambil dari nama kota Beijing di jaman dahulu. Menurut catatan sejarahnya sendiri, bebek peking berasal dari Dinasty Yuan pada tahun 1200an.

Pada masa tersebut, ada seorang warga negara Eropa yang singgah di China. Dia adalah seorang yang memperkenalkan makanan ini, karena kelezatannya bebek peking menjadi cukup populer. Bahkan tidak perlu waktu yang lama, bebek peking menjadi hidangan favorit di istana.

Seperti yang tertulis dalam buku The complete Recipes for Dishes and Beverages pada tahun 1330, resep bebek peking ternyata telah dicuri oleh seorang yang tidak dikenal. Usut punya usut pencuri tersebut berasal dari dalam istana yang bekerjasama dengan orang luar.

Akibat pencurian tersebut, resep bebek peking kemudian tersebar luas. Akibatnya para rakyat jelata dan masyarakat awam bisa membuat bebek peking ini sehingga membuat makanan lezat ini menjadi populer di kalangan masyarakat China.

Pada awalnya bebek yang digunakan adalah bebek yang berasal dari kota Nanjing. Tetapi karena telah terjadi pembangunan yang cukup pesat di Peking, lambat laun bebek-bebek tersebut mulai banyak diternakan di Peking sehingga akhirnya lebih populer dengan istilah bebek peking.

Bebek peking sendiri merupakan bebek yang khusus diternakan untuk makanan ini. Bebek tersebut memiliki daging yang sangat khas karena selalu diberikan makanan bergizi sebelum dipotong. Bebek tersebut juga sering disebut bebek isi karena sering ‘diisi’ vitamin bebek oleh para peternaknya.

Seiring dengan perkembangannya, munculah restoran khusus yang menyajikan menu bebek peking. Diketahui restoran tersebut telah berdiri di Beijing sejak tahun 1522, tepatnya pada masa dinasti Ming. Kemudian pada abad ke 20, kuliner satu ini dinobatkan sebagai menu makanan nasional di China.

Kepopuleran dari bebek peking tidak hanya di kandang sendiri. Lama kelamaan menu makanan satu ini cukup populer di Amerika Serikat, yakni tepatnya sekitar tahun 1975. Banayk orang Amerika yang sangat menyukai menu bebek peking ini.

Penggemarnya tidak hanya berasal dari kaum bangsawan saja, tetapi masyarakat jelata pun juga bisa mengonsumsi makanan satu ini. Karena popularitasnya tersebut, pada tanggal 18 Januari 2012 masyarakat Amerika Serikat merayakan hari National Peking Duck Day.

Bahan-Bahan Bebek Peking

resep bebek peking panggang

Nah bagi Anda yang penasaran dengan rasa nikmat kuliner satu ini, perkenankanlah kami berbagi informasi seputar resep bebek peking panggang khas China tersebut. Namun sebelum itu, lebih baik Anda persiapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang diperlukan.

Bahan saus bebek peking:

  • Gula pasir sebanyak 6 sendok makan
  • Kecap manis cukup dengan 6 sendok makan
  • Garam sekiranya 1 sendok teh
  • Air sebanyak 125 ml
  • Minyak wijen sekiranya 2 1/2 sendok makan

Cara membuat sausnya: campurkan semua bahan saus (kecuali minyak wijen). Panaskan minyak wijen kemudian campuran bahan saus ke dalam minyak wijen yang mendidih. Goreng sebentar sampai kental sempurna.

Bahan bebek peking:

  • Bebek cukup dengan 1 ekor
  • Madu sebanyak 7 sendok makan
  • Garam sekiranya 1 sendok teh
  • Jahe berukuran 3 cm, kupas lalu parut
  • Air sebanyak 1/4 liter

Cara Membuat Bebek Peking

Sekarang mari kita mulai mengolah bebek peking ini. Pertama kalinya buang bulu bebek sampai benar-benar bersih, usahakan bebek yang belum terpotong-potong. Kemudian biarkan daging bebek tersebut mengering secara sempurna, agar lebih cepat Anda bisa menggunakan bantuan kain bersih untuk mengeringkannya.

Sekarang siapkan wadah besar dan air panas (baru mendidih). Letakan daging bebek tadi ke dalam wadah tersebut, lalu siram dengan air mendidih tadi. Setelah selesai, lap daging tersebut dengan menggunakan kain bersih sampai mengering sempurna. Diamkan sejenak.

Sambil menunggu daging bebek tersebut mengering, campurkan madu, garam, jahe, dan air menjadi satu. Aduk-aduk sampai semua bahan tadi tercampur secara merata. Oleskan campuran madu tersebut secara merata ke seluruh bagian daging bebek, terutama bagian-bagian dalamnya.

Setelah mengoleskan semua campuran madu, masukan daging bebek tersebut ke dalam lemari pendingin (kulkas) kurang lebih selama 2-3 jam.

Apabila sudah selesai mendinginkan bebek dalam kulkas, siapkan sebuah loyang terlebih dahulu. Letakan daging bebek tersebut di atas loyang tadi, kemudian masukan loyang berisi daging bebek kedalam oven kurang lebih selama 50-60 menit dengan suhu sekitar 150 derajat celcius.

Setelah melewati 1 jam dalam oven, balik bebek tersebut lagi agar bagian lain juga bisa matang selama kurang lebih 40 menit. Apabila daging bebek sudah berubah warna menjadi agak kecoklatan, ambil dan sajikan selagi masih hangat-hangatnya.

Silahkan nikmati bebek peking ini bersama dengan saus khas yang sudah kita buat di atas. Anda dapat menikmatinya secara langsung ataupun bersama dengan sepiring nasi putih hangat jika dirasa kurang kenyang. Anda juga bisa menghidangkannya dengan fuyunghai khas Tiongkok yang pernah kami ulas resepnya di sini.

Tips Agar Bebek Peking Lebih Empuk

Biasanya kegagalan memasak bebek peking adalah pada bagian tekstur daging, di mana kebanyakan tekstur daging akan menjadi keras. Untuk mengatasi hal tersebut, pilihlah daging bebek yang berasal dari bebek muda. Sebab bebek yang sudah tua cenderung memiliki daging yang lebih keras.

Itulah sekilas informasi mengenai resep bebek peking yang dapat kami sajikan untuk Anda. Bagi Anda yang penasaran, langsung saja coba masak bebek peking seperti di atas. Dengan mengikuti langkahnya secara baik dan benar, maka masakan yang Anda buat memiliki rasa yang lebih nikmat. Selamat mencoba!

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Bacaterus.com

Leave A Comment