Bacaterus / Resep Masakan Indonesia / Resep Asinan Bogor dari Sayuran yang Lezat & Segar

Resep Asinan Bogor dari Sayuran yang Lezat & Segar

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bogor sangat terkenal dengan berbagai macam kuliner lezatnya. Salah satu kuliner lezat khas kota Bogor adalah asinan. Seperti kita tahu bersama, asinan merupakan olahan makanan yang berasal dari pengacaran yaitu melalui pengasinan dengan garam atau pengasaman dengan cuka.

Istilah “asinan” sendiri merujuk kepada proses pembuatannya yang melibatkan garam. Garam tersebut digunakan untuk mengawetkan buah dan sayur sambil merendamnya di dalam air. Karena proses perendaman tersebut, rasa buah dan sayurannya menjadi agak asin sehingga akhirnya disebut sebagai asinan.

Hal ini berbanding terbalik dengan proses pembuatan manisan, di mana yang digunakan adalah gula untuk membuat rasanya menjadi manis. Selain itu, manisan bisa dibuat kering dan bahan pembuatannya biasanya lebih banyak terdiri dari buah-buahan.

Secara sekilas, asinan juga cukup mirip dengan rujak. Bedanya, rujak biasanya langsung disajikan setelah dibuat sedangkan asinan akan diawetkan terlebih dahulu sehingga menjadi lebih tahan lama. Terdapat banyak ragam asinan di Indonesia, namun yang paling terkenal adalah asinan Bogor dan asinan Betawi.

Asinan khas Bogor ini berbeda dengan asinan lainnya. perbedaan tersebut terletak pada bagian taburan saus kacang dan rasa asam dari cuka yang digunakan. Konon, asinan Bogor ini sudah ada sejak tahun 1968 di mana penjual pertamanya terletak di Jalan Surya Kencana.

Asinan Bogor sendiri terdiri dari dua macam yakni asinan buah dan asinan sayur. Buah-buahan yang sering dijadikan sebagai asinan di antaranya adalah mangga muda, kemang, jambu air, menteng, pepaya, anggur, kedondong, bengkoang, pala dan nanas.

resep asinan bogor

Sedangkan sayur mayur yang biasanya digunakan untuk membuat makanan ini antara lain seperti wortel, kol, mentimun, tauge, dan masih banyak lagi. Dengan rasa sedikit asam dipadu segarnya buah dan sayuran serta nikmatnya saus kacang, asinan Bogor sangat pas apabila disajikan sebagai santapan bersama dengan keluarga.

Selain memberikan rasa lezat dan nikmat, kandungan buah dan sayur mayur yang terdapat pada asinan Bogor juga sangatlah baik untuk kesehatan tubuh kita. Jenis buah dan sayuran seperti inilah yang mengandung serat sangat tinggi dan bermanfaat untuk memperbaiki sistem pencernaan.

Bahkan bagi Anda yang sedang melakukan program diet, konsumsi asinan Bogor juga dapat membantu memaksimalkan program diet tersebut. Pasalnya buah dan sayuran tidak memiliki kandungan lemak jahat yang akan menumpuk di dalam tubuh kita.

Jika kita pergi ke Bogor, tentu sangat mudah sekali untuk menemukan jajanan yang satu ini di pinggir jalan. Namun jika Anda tidak sempat ke Bogor atau tidak ada yang menjualnya di dekat rumah Anda, maka Anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

Untuk membuat asinan bogor, sebenarnya sangatlah mudah sekali. Anda tidak perlu berada berlama-lama di depan kompor untuk membuat makanan satu ini. Penasaran? Nah jika Anda penasaran, silahkan simak resep asinan Bogor praktis berikut ini.

Bahan-Bahan Asinan Bogor

cara membuat asinan bogor

Resep asinan Bogor yang akan kita buat kali ini menggunakan bahan dari sayur-sayuran segar. Namun kita juga akan menambahkan satu buah-buahan segar di dalamnya yakni nanas. Nah, berikut adalah bahan-bahan yang harus Anda persiapkan:

  • Mentimun muda sekiranya 250 gr
  • Kol seberat 200 gr, iris halus
  • Wortel cukup 20 gr, serut kasar
  • Tauge segar sebanyak 200 gr, bersihkan akarnya
  • Daun selada keriting sebanyak 200 gr, iris 2 cm
  • Tahu gepeng kuning cukup 200 gr, kukus dan potong dadu 1 cm
  • Buah nanas cukup dengan 200 gr, potong dadu 1 cm
  • Sawi asin sebanyak 100 gr, iris 1 cm
  • Kerupuk mi sekiranya 5 buah
  • Kacang tanah sebanyak 50 gr, goreng untuk taburan

Bahan bumbu perendam:

  • Gula pasir sebanyak 75 gr
  • Cabai merah giling sekitar 1 sdt
  • Cuka cukup 1 sdt
  • Air matang sebanyak 100 ml

Bahan saus:

  • Kacang tanah goreng 50 gram yang dihaluskan
  • Ebi cukup 25 gram
  • Cabai merah giling sekitar 2 sdm
  • Gula pasir sekitar 50 gr
  • Garam sekiranya 1 sdt
  • Air matang sebanyak 200 ml

Cara Membuat Asinan Bogor

Jika semua bahan di atas sudah siap, mari kita langsung menuju ke cara membuat asinan Bogor ini. Pertama-tama buat terlebih dahulu bumbu perendam. Caranya campurkan semua bahan bumbu perendam dan aduk-aduk hingga tercampur secara merata. Pastikan semua bahan tercampur secara merata pada langkah pertama ini.

Apabila sekiranya sudah merata, masukan semua bahan-bahan yang akan diasinkan seperti buah nanas, sayuran dan tahu, kecuali daun selada. Rendamlan sayuran tersebut dalam bumbu perendam selama kurang lebih 40 menit.

Langkah selanjutnya adalah dengan membuat saus. Untuk membuat saus sangatlah mudah sekali, Anda bisa mencampurkan semua bahan saus dalam sebuah wadah. Lalu aduk-aduk bahan-bahan tersebut hingga halus dan tercampur secara merata.

Apabila semua sudah selesai, siapkan wadah untuk menyajikan olahan ini nantinya. Kemudian susun daun salada diatas piring tersebut dan siram dengan rendaman sayur mayur tadi, susul pula dengan menyiram saus di atasnya. Sajikan.

Nah, kini Anda sudah bisa menikmati asinan khas Bogor yang dibuat oleh sendiri. Makanan ini sangat cocok apabila dijadikan sebagai kudapan sehat bersama dengan keluarga tercinta. Anda bisa memakannya sebagai cemilan di waktu luang.

Agar rasa segarnya semakin terasa, Anda dapat menyimpannya terlebih dahulu di dalam lemari es. Setelah itu silahkan nikmati di waktu siang yang udaranya sangat panas terik bersama dengan es teler. Untuk membuat es teler, silahkan ikuti tutorialnya di artikel ini.

Seperti itulah cara membuat asinan khas Bogor, mudah bukan? Selamat mencoba resep asinan Bogor di atas dan semoga berhasil. Pada artikel selanjutnya kami juga akan mengulas cara membuat asinan Betawi dan juga asinan dengan bahan buah-buahan.

Artikel Terkait

Baca Juga

3 Responses

  1. mantap resepnya bagus banget.makasih ya!.jangan lupa mampir ke website kami.

  2. Kan namanya asinan bukan manisan, Kok bahan perendamnya pake gula pasir bukan garam ya ?

  3. Saya suka banget yang namanya asinan buah, apalagi kalai dimakan pada siang hari panas, namun asinannya dingin dari kulkas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *