Bacaterus / Resep Masakan Ikan / Resep Asam Padeh Ikan Tongkol Nikmat Khas Padang

Resep Asam Padeh Ikan Tongkol Nikmat Khas Padang

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Asam padeh merupakan kuliner khas Padang yang digemari oleh banyak orang. Makanan ini kaya akan nutrisi di dalamnya. Nutrisi tersebut berasal dari bahan-bahan yang digunakan mengingat makanan yang satu ini sering disajikan atau dibuat dengan menggunakan bahan ikan tongkol. Daging ikan tongkol sendiri memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan dan pertumbuhan.

Biasanya asam padeh banyak disajikan di rumah-rumah makan Padang. Anda bisa mencicipi kelezatan makanan ini melalui warung makan tersebut. Namun apabila di sekitar Anda tidak ada yang jual asam padeh ini, maka Anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

Cara membuat asam padeh sendiri sebenarnya sangatlah mudah untuk dilakukan. Sudah banyak tips memasak asam padeh di internet yang bisa Anda jadikan sumber referensi untuk membuat makanan ini. Akan tetapi Anda tidak perlu mencarinya lagi, karena pada kesempatan kali ini bacaterus.com akan berbagi informasi mengenai resep asam padeh ikan tongkol nikmat khas Padang ini.

Sekilas Mengenai Asam Padeh

Asam padeh merupakan makanan yang sangat populer di daerah Minangkabau dan Melayu Sumatera seperti Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Aceh, dan Semenanjung Malaya. Asam padeh sendiri merupakan sebutan yang diberikan oleh orang Padang, sedangkan dalam bahasa Melayu makanan ini disebut dengan “asam pedas”.

Dari namanya saja kita sudah bisa menebak bahwa makanan ini memiliki cita rasa asam dan juga pedas. Cita rasa tersebut didapat dari kombinasi bahan yang digunakan seperti cabai, asam jawa, dan berbagai rempah-rempah tradisional lainnya.

Bumbu rempah-rempah tersebut kemudian dikombinasikan dengan ikan dan berbagai hidangan laut. Beberapa di antaranya adalah ikan tongkol, ikan patin, ikan tenggiri, ikan kembung, ikan kakap, ikan tuna, ikan gurami, cumi-cumi, dan masih banyak lagi.

Tidak diketahui secara pasti kapan makanan ini mulai populer dan siapa yang pertama kali membuatnya. Yang jelas, kini asam pedas sudah menjadi makanan tradisional yang sangat mudah ditemukan di daerah Melayu Sumatera.

resep asam padeh ikan tongkol

Meskipun menggunakan bahan dasar yang sama, namun makanan ini memiliki beberapa perbedaan antara daerah yang satu dengan yang lainnya. Sebagai contoh, masyarakat Aceh hanya membuat makanan ini dari ikan tongkol tanpa sayuran dan mereka menyebutnya sebagai Asam Keueng.

Beda halnya dengan di Riau di mana masyarakatnya lebih suka memasak asam pedas dengan aneka macam ikan seperti ikan patin, ikan baung, ikan selais, dan ikan gabus. Sedangkan di Kepulauan Riau, jenis ikan yang paling sering digunakan adalah ikan kakap.

Selain di daerah Sumatera, kini asam pedas atau asam padeh juga sudah mulai menyebar ke berbagai penjuru Indonesia. Penyebaran itu tidak lain karena semakin maraknya warung makan Padang atau Aceh yang hampir bisa ditemukan di setiap sudut kota.

Bahan-Bahan Asam Padeh

Untuk mengolah resep asam padeh ikan tongkol ini, pertama-tama mari kita siapkan bumbu-bumbunya terlebih dahulu. Meskipun berasal dari daerah Minang, Anda yang berada di luar Sumatera tidak perlu repot-repot datang ke sana untuk mencari bahan-bahannya karena semuanya mudah untuk didapatkan. Berikut bahan-bahan yang harus Anda persiapkan:

  • Ikan tongkol sebanyak 500 gram
  • Air jeruk nipis perasan sekitar 3 sendok makan
  • Minyak untuk menumis secukupnya saja
  • Air putih matang seperlunya

Bahan bumbu asem padeh:

  • Asam kandis cukup dengan 3 buah
  • Lengkuas sebanyak 2 ruas jari, memarkan
  • Daun salam sebanyak 3 lembar
  • Daun jeruk cukup 3 lembar
  • Sereh sebanyak 2 batang, keprek dan iris halus pada bagian putihnya
  • Kapulaga sebanyak 2 butir
  • Daun kunyit cukup 1 lembar, lalu sobek-sobek.

cara membuat ikan padeh

Bahan bumbu halusan:

Cara Membuat Asam Padeh

Jika semua bahan di atas sudah dipersiapkan, sekarang mari kita memulai proses pembuatan asam padeh ini. Langkah pertama silahkan bersihkan terlebih dahulu ikan tongkolnya kemudian buang insang dan bagian-bagian yang sekiranya tidak diperlukan. Apabila sudah bersih, berikan perasan air jeruk nipis secara merata agar bau amis tidak menyengat. Sisihkan.

Selanjutnya tumbuk semua bumbu halusan hingga semuanya menjadi halus. Kemudian siapkan kompor dan wajan untuk menumis. Masukan semua bumbu asam padeh dan bubu halusan lalu tumis semuanya bumbu tersebut hingga tercampur merata dan mengeluarkan bau harum.

Sambil tetap terus menumis bumbu-bumbu tersebut, masukan air matang secara perlahan-lahan hingga terbentuk kekentalan yang pas. Semakin pas kekentalan kuah tersebut, maka hasilnya nanti akan semakin nikmat.

Setelah menumis bumbu selesai dan terbentuk kuah kental, kecilkan api kompor tersebut. Selanjutnya masukan daging ikan tongkol yang telah dibersihkan tadi lalu masak daging tersebut bersama dengan tumisan bumbu.

Agar bumbu-bumbu tersebut semakin merasuk atau masuk dalam daging ikan tongkol, maka tunggu hingga air menyusut. Proses ini akan memerlukan waktu sekitar 25 menitan. Terakhir setelah bumbu sudah merasuk ke dalam daging ikan tongkol, tuang olahan tersebut dalam sebuah mangkuk atau piring dan sajikan selagi masih hangat bersama dengan nasi putih.

Selain dengan menggunakan ikan tongkol, Anda juga dapat menggantinya dengan berbagai ikan lain yang Anda suka seperti ikan patin, ikan tenggiri, dan lainnya. Jika Anda kurang suka dengan ikan, maka daging ayam ataupun daging sapi bisa menjadi alternatifnya.

Itulah resep asam padeh ikan tongkol khas Padang yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Asam padeh sangat cocok apabila dijadikan sebagai lauk makanan bersama dengan nasi putih. Agar semakin nikmat, Anda dapat mengonsumsi es jeruk atau es kopyor sebagai minumannya. Demikian informasi resep masakan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *