Bacaterus / Resep Makanan Ringan / Resep Arem-Arem Isi Daging Enak Khas Solo

Resep Arem-Arem Isi Daging Enak Khas Solo

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Siapa yang tidak kenal dengan arem-arem? Semua orang pastinya sudah banyak mengenal makanan khas Indonesia yang satu ini. Arem-arem terbuat dari nasi yang telah dikukus dan diberi isian di dalamnya. Arem-arem ini kemudian dibungkus dengan menggunakan daun pisang.

Untuk isian arem-arem sendiri menyesuaikan dengan selera masing-masing. Biasanya isian arem-arem tersebut berupa daging ayam, sambal goreng, mie, oncom, kentang, wortel, sayuran, dan lain sebagainya. Dengan adanya variasi isian tersebut, arem-arem memiliki cita rasa yang lezat, gurih, dan bahkan sedikit pedas.

Arem-arem sendiri cukup populer bagi masyarakat di daerah Kebumen, Solo, Jogja, dan beberapa daerah Jawa lainnya. Mereka biasanya menjadikan arem-arem sebagai makanan untuk sarapan di pagi hari. Mungkin fungsinya mirip dengan onigiri bagi orang-orang Jepang.

Secara sekilas arem-arem ini mirip dengan lemper, terutama dari segi bentuk dan tampilan yang sama-sama lonjong dan dibungkus dengan daun pisang. Perbedaannya mungkin hanya terdapat pada bahan pembuatannya saja di mana lemper menggunakan ketan sedangkan arem-arem menggunakan nasi biasa.

Arem-arem yang ada saat ini biasanya dibedakan dari isi di dalamnya. Ada yang berisi sayuran, daging, oncom, dan lain sebagainya. Selain itu ada juga arem-arem yang digulung terlebih dahulu dengan telur dadar sebelum dibungkus dengan daun pisang.

Camilan khas Indonesia yang satu ini memiliki banyak sekali penggemar, mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa semuanya menyukai arem-arem. Untuk menikmati arem-arem ini, kita bisa membelinya melalui toko atau warung-warung kecil di tepian jalan.

Akan tetapi apabila Anda ingin berkreasi sendiri, sebenarnya cara membuat arem-arem itu sangatlah mudah. Maka dari itu kali ini bacaterus.com akan mengulas resep arem-arem enak khas Solo dengan isian daging di dalamnya.

Bahan Arem-Arem

resep arem arem

Untuk membuat arem-arem, Anda harus menyiapkan bahan-bahan utamanya terlebih dahulu. Karena kali ini kita akan membuat isiannya dari daging, maka kita hanya akan menyiapkan daging sapi saja tanpa sayur tambahan. Berikut bahan-bahan utamanya:

  • Beras kualitas terbaik sebayak 1 liter, cuci bersih dan tiriskan
  • Air matang sekitar 1,5 liter
  • Garam dapur untuk masak secukupnya
  • Lembaran daun pisang seperlunya untuk membungkus arem-arem
  • Potongan lidi secukupnya saja untuk menyemat bungkusan daun pisang

Bahan-bahan isian:

  • Daging sapi sebanyak 350 gram yang dicincang-cincang
  • Santan kelapa sekitar 250 ml
  • Lengkuas cukup sebesar 1 ibu jari yang dimemarkan
  • Daun salam sebanyak 3 lembar

Bahan bumbu halusan:

Cara Membuat Arem-Arem

cara membuat arem-arem

Setelah semua bahan untuk resep arem-arem terkumpul, serang mari kita langsung menuju proses pembuatannya. Pertama-tama masaklah beras dengan menggunakan air dan tambahkan garam seperlunya hingga menjadi nasi setengah matang.

Setelah itu silahkan haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan kemiri. Selanjutnya tumislah bumbu-bumbu yang telah dihaluskan tadi hingga matang dan mengeluarkan wangi atau tercium aroma harum yang khas.

Kemudian masukan daging sapi ke dalamnya dan masak hingga daging tersebut berubah warna. Apabila daging sudah berubah warna, masukan bahan-bahan isian lain seperti santan, daun salam, lengkuas, dan garam secukupnya.

Masak hingga santan menjadi surut dan terlihat meresap dalam daging sapi tersebut. Jika sudah matang silahkan sisihkan bahan isian tersebut. Kini Anda tinggal memasukan isian tersebut ke dalam beras setengah matang yang dimasak tadi.

Untuk memasukannya, silahkan ambil 2 sendok makan beras tersebut dan letakkan di atas lembaran daun pisang. Sebelumnya pastikan Anda telah memotong daun pisang tersebut sesuai dengan ukuran arem-arem yang Anda inginkan.

Selanjutnya masukan bahan isian di atas aronan tersebut dan gulung bersama dengan lembaran daun pisang. Agar tidak lepas, sematkan lidi pada bagian ujung-ujung gulungan daun pisang tersebut. Anda juga bisa menggunakan hekter atau stapless jika kesulitan untuk menemukan lidi.

Terakhir, siapkan wadah untuk mengukus arem-arem tersebut. Kukuslah arem-arem tersebut hingga matang dan daun pisangnya tampak menjadi layu. Setelah matang silahkan sajikan dan makan selagi masih hangat agar terasa nikmat.

Sebagai catatan, ketika melakukan pengukusan, kami sarankan untuk tidak mengukus arem-arem ini terlalu matang. Karena apabila terlalu matang, maka akan menyebabkan nasi pada arem-arem tersebut menjadi keras dan bahkan rasa yang dihasilkan sangat tidak lezat.

Untuk isiannya selain menggunakan daging sapi, Anda juga bisa berkreasi sendiri dengan mengganti isian lain seperti daging ayam, sayuran, sambal goreng, telur, atau dengan tempe seperti video di atas. Dengan begitu varian rasa arem-arem akan semakin nikmat untuk dikonsumsi.

Selain untuk sarapan, arem-arem ini juga dapat dijadikan bekal piknik atau bekal si buah hati untuk ke sekolah. Dengan begitu, sang buah hati tidak akan jajan makanan yang sembarangan di sekolahnya. Arem-arem juga sangat pas dimakan di saat udara dingin bersama dengan wedang jahe. Untuk membuat wedang jahe sendiri, silahkan simak resepnya di sini.

Nah, itulah sajian informasi singkat mengenai resep arem-arem yang enak dan lezat. Selain nikmat, makanan ini juga tentunya mengandung gizi yang sangat banyak. Selamat mencoba cara membuat arem-arem sendiri di rumah.

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *