Bacaterus / Resep Masakan Indonesia / Resep Acar Timun Wortel Mentah Pelengkap Masakan

Resep Acar Timun Wortel Mentah Pelengkap Masakan

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 Juni 2019

Acar mentimun merupakan bahan pelengkap sajian kuliner. Biasanya acar timun disajikan sebagai pelengkap kuliner seperti bakso, nasi goreng, martabak, dan masih banyak lagi. Adanya acar timun ini sangatlah bermanfaat untuk memberikan kenikmatan dan kesegaran saat mengonsumsi sajian kuliner utama.

Nah bagi Anda yang ingin membuat cara timun sendiri, kali  ini bacaterus.com akan mengulas resep acar timun wortel mentah yang bisa Anda coba di rumah. Namun sebelumnya, mari kita simak terlebih dahulu asal-usul dari acar ini.

Asal Usul Acar

Meskipun populer sebagai kuliner tradisional di Indonesia, namun acar sebenarnya berasal dari kawasan India. Di sana, acar memiliki sebutan “aachaar” dan biasanya dibuat dari bahan utama berupa mangga dan jeruk limau.

Makanan tersebut kemudian menyebar ke berbagai negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Di sini acar biasanya dibuat dengan berbagai sayuran segar seperti mentimun, wortel, cabe rawit, bawang, dan nanas yang kemudian diasamkan dengan cuka dan sedikit gula.

Acar biasanya dihidangkan bersama dengan olahan makanan yang terbuat dari daging, ikan, atau makanan yang memiliki banyak kandungan minyak. Beberapa hidangan tersebut di antaranya adalah sate, nasi goreng, soto, ikan bakar, dan lainnya.

Resep Acar Timun Wortel

Selain acar timun yang populer tersebut, terdapat juga jenis acar lainnya yang dibuat khusus untuk makanan tertentu seperti acar kuning, acar nanas, acar bawang, acar ikan, dan masih banyak lagi. Biasanya acar tersebut akan langsung digabungkan dengan sajian utamanya dan tidak dipisahkan di wadah yang lain.

Fungsi utama dari acar ini adalah untuk memberikan kesegaran di mulut ketika mengkonsumsi masakan dengan rasa yang kuat. Namun, tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan kenikmatan sajian kuliner saja, acar juga sangat bermanfaat untuk menetralisir efek buruk dari kuliner yang kita santap.

Seperti contohnya pada sate kambing, kuliner satu ini mampu meningkatkan tekanan darah dan menyebabkan hipertensi. Nah acar inilah yang sangat bermanfaat untuk menetralkan tekanan darah tersebut, sehingga acar juga berkhasiat untuk kesehatan.

resep acar timun wortel mentah

Selain di Indonesia, acar juga juga menjadi panganan yang cukup populer di Malaysia. Di sana terdapat satu macam acar yang populer dan sangat unik yakni acar awak atau acar nyonya. Acar awak tersebut dibuat dengan tambahan terong dan rempah-rempah sehingga aromanya sangat kuat.

Sedangkan di Thailand acar biasanya disebut sebagai “achat” dan terbuat dari mentimun, cabe merah, bawang merah, cuka, garam, dan gula. Achat biasanya disajikan dengan sate khas Thailand yang sangat nikmat.

Bahan-Bahan Acar Timun Wortel

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat resep acar timun wortel ini sangatlah mudah karena semuanya sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Nah, berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan untuk membuatnya:

  • Mentimun segar sebanyak 1 kg
  • Wortel cukup 2 buah (bersihkan lalu kupas kulitnya)
  • Bawang merah sebanyak 3 siung
  • Bawang putih 1 siung
  • Garam halus sekitar 1 sdt
  • Cuka makan kira-kira 2 sdm
  • Cabai rawit sebanyak 3 buah
  • Gula pasir sekiranya 3 sdm

Cara membuat acar timun wortel

Setelah semua bahannya siap, sekarang kita bisa langsung membuatnya. Pertama ambil mentimun yang telah kita persiapkan tadi, lalu cuci dengan air hingga bersih. Selanjutnya potong dan buang bagian ujungnya yang gelap karena rasanya pahit.

Potong mentimun tersebut dengan bentuk mirip batang korek api, tetapi agak sedikit lebih besar. Jika tidak mau repot, Anda dapat menggunakan pisau khusus untuk memotong mentimun menjadi potongan acar. Sisihkan terlebih dahulu.

Langkah selanjutnya, ambil wortel lalu cuci bersih dan potong dengan bentuk sama seperti mentimun. Lakukan hingga semua wortel habis. Sisihkan terlebih dahulu.

Sekarang giliran mengiris bawang merah, bawang putih, dan cabai merah. Semakin banyak mengiris bawang merah, maka rasa acar timun ini nantinya akan semakin nikmat dan segar. Akan tetapi jika tidak suka bawang, maka cukup iris secukupnya saja.

Apabila sudah melakukan serangkaian proses di atas, silahkan siapkan sebuah wadah dan campurkan potongan mentimun, wortel, bawang merah, putih, dan cabai merah kedalam wadah tersebut. Aduk-aduk agar semua bahan bisa tercampur secara merata.

Berikutnya silahkan tambahkan cuka, gula, dan garam ke dalam wadah tersebut. Aduk-aduk lagi agar semua bahan tercampur secara merata. Pastikan gula dan garam terlarut secara sempurna bersama dengan mentimun tersebut.

Terakhir, tuang olahan acar tersebut ke dalam sebuah mangkuk kecil dan santap bersama dengan kuliner utama. Silahkan sajikan acar timun ini bersama dengan hidangan nasi goreng, sate, ikan bakar, dan yang lainnya.

Apabila acar timun yang Anda perlukan cukup banyak, maka silahkan untuk menambah takaran bahan yang digunakan di atas baik itu mentimun, wortel, bawang, cuka, ataupun yang lainnya. Pasalnya, takaran di atas hanya cukup untuk porsi kecil saja.

Jika Anda ingin menyimpannya dalam waktu yang lama, pastikan Anda memasukannya ke dalam toples kedap udara lalu letakan di dalam kulkas. Dalam keadaan tersebut, acar mampu bertahan hingga seminggu lamanya.

Memang mengonsumsi acar dapat menurunkan tekanan darah tinggi (sama seperti lalapan), akan tetapi kami sarankan jangan terlalu banyak mengonsumsi acar timun tersebut. Pasalnya, menurut para ahli mentimun mengandung semacam senyawa mineral yang mampu menurunkan tekanan darah secara optimal, sehingga jika kebanyakan Anda bisa jadi terkena hipotensi atau tekanan darah rendah.

Demikian sajian informasi seputar resep acar timun wortel yang segar dan nikmat. Semoga informasi tersebut dapat menjadi sumber referensi dan dapat memperkaya sajian hidangan yang Anda buat sehari-hari. Selamat mencoba!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar